Jenis-jenis Bangau dari Yang Terunik Hingga Paling Jarang Ditemui

Jenis-jenis Bangau di muka bumi ini memanglah bermacam-macam. Tentunya tiap jenis yang berbeda membawa karakteristik yang berbeda pula.

Secara umum Bangau memanglah salah satu jenis burung yang paling banyak diketahui. Pasalnya, selain mudah ditemukan, Bangau juga kerap dikaitkan dengan cerita mitologi kebudayaan.

Salah satu mitologi kebudayaan yang terkenal tentang Bangau berasa dari kebudayaan Jepang. Dalam kebudayaannya, orang Jepang dahulu menyebutkan bayi dititipkan kepada manusia lewat Bangau.

Dari hal tersebut kemudian muncul mitos lain tentang burung ini. Mitos tersebut adalah burung bangau merupakan burung pembawa keberuntungan.

Jenis-jenis Bangau Dari yang Terunik Hingga Paling Jarang Ditemui

Membahas tentang jenis-jenis Bangau, total terdapat 19 spesies Bangau di dunia ini. Setiap spesies membawa keunikannya masing-masing.

Keunikan yang dibawa masing-masing spesies ini berkaitan erat dengan kenampakan morfologi tubuhnya. Perbedaan yang paling mencolok berasal dari warna burung Bangau itu sendiri.

White Stork

Jenis Bangau ini banyak dijumpai di benua Asia. Bangau ini merupakan jenis Bangau yang paling awam bagi orang-orang.

Ciri khas Bangau jenis ini yaitu warna putih dengan ujung sayap hitam. Paruh dan kaki Bangau ini juga nampak serasi dengan warna oranye.

Terkait ciri fisiknya tersebut, Bangau ini termasuk salah satu jenis-jenis Bangau yang menarik. Selain itu, Bangau ini juga sangatlah menawan.

Yellow-billed Stork

Bangau ini merupakan jenis Bangau yang sangat lucu. Perpaduan warna badannya juga terlihat sangat eksotis.

Titik terlucu dari Bangau ini adalah paruhnya yang besar dan kuning menyala. Belum lagi kakinya yang jenjang juga menambah kesan anggun dari Bangau yang satu ini.

Painted Stork

Bangau ini memiliki variasi warna yang lebih banyak dibanding jenis-jenis Bangau lainnya. Tubuh Bangau ini seolah-olah nampak seperti dicat dengan tiga gradasi warna.

Bangau yang berasal dari Asia ini tampil berwarna dasar putih. Namun ada bagian sayap terdapat gradasi hitam-putih-merah yang cantik.

Wood Stork

Bangau jenis ini dapat dijumpai di wilayah bagian Amerika. Daya tarik Bangau ini dari warna kaki dan kepalanya yang lain dari sejenisnya.

Dengan badan putih polos yang menyeluruh bagian kepala dan kakinya, justru memiliki warna berbeda. Kaki dan kepalanya yang berwarna hijau lembut merupakan alasan nama Bangau ini.

Asian Openbill Stork

Jenis Bangau yang satu ini bisa dikategorikan sebagai jenis-jenis Bangau yang menyeramkan. Pasalnya Bangau yang satu ini lebih tampil garang dibanding Bangau lainnya.

Bangau asal Asia ini tampil sangar dengan paruh yang terlihat kuat. Nyatanya kesan seram memang terlihat dari paruh Bangau jenis ini.

Tipe paruh Bangau ini memang agak terbuka dan melengkung ke atas. Hal itu memberikan kesan pemangsa yang jahat pada Bangau jenis ini.

African Openbill Stork

Aura Bangau ini memang agak berbeda dengan jenis-jenis Bangau lainnya. Hal tersebut karena warna dari Bangau ini terbilang sangat unik.

Bangau ini tampil menyeramkan dengan warna hitam diseluruh tubuhnya. Mulai dari badan, kaki, kepada mata semuanya tampak hitam dan misterius.

Bangau jenis ini banyak ditemukan di Benua Afrika. Meskipun menyeramkan Bangau ini tetap ramah kepada siapa saja.

Black-necked Stork

Jenis Bangau yang satu ini juga termasuk dalam jenis yang menyeramkan. Hal yang mendasari label tersebut adalah warna leher dan kepalanya yang unik.

Leher dan kepala Bangau jenis ini tampil beda dengan warna hitam kebiruan. Warna tersebut memberikan kesan seram dibanding jenis-jenis Bangau lainnya.

Kategori Bangau