10 Jenis Ikan Koi Yang Bisa Dipelihara, Dipercaya Mendatangkan Hoki!

Ikan koi sudah menjadi hewan peliharaan favorit sejak dulu. Hal ini karena memang ikan ini memiliki warna dan corak yang cantik serta dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan. Sebelum mulai untuk memeliharanya, ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis ikan koi.

Ikan koi sendiri berasal dari dataran Tiongkok dan dibawa ke Jepang pada abad ke 17 sebagai bahan makanan. Lalu di Jepang pada mulanya di daerah Niigata, ikan koi yang dalam bahasa Jepang disebut dengan Nishikigoi. Ikan ini dilambangkan sebagai cinta dan persahabatan berarti sesuatu yang indah dan anggun. Oleh karena itu ikan koi selalu menjadi ikan hias yang bisa mempercantik dekorasi taman dan kolam.

10 Jenis Ikan Koi Yang Bisa Dipelihara, Dipercaya Mendatangkan Hoki!
pixabay.com

Deretan Jenis Ikan Koi dengan Harga Hingga Ratusan Juta Rupiah

Di Indonesia sendiri koi menjadi ikan hias favorit untuk mempercantik kolam taman. Namun sebelum mulai memelihara ikan koi, Anda harus memastikan ada pohon-pohon di sekitar kolam karena ikan ini mudah terkena iritasi jika terkena sinar matahari langsung.

Koi Kohaku

Ikan koi dengan warna tubuh putih dengan corak kemerahan di atasnya ini bernama Koi Kohaku yang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Banyak orang memelihara jenis ikan hias ini karena harganya masih tergolong murah, sekitar Rp 200 ribuan.

Koi Tancho

Jenis ikan koi yang satu ini tergolong ikan hias yang unik dan banyak peminat. Biasanya jenis ikan ini tubuhnya mempunyai warna dasar putih dengan corak berwarna jingga.

Koi Tancho Kujaku

Harga ikan ini sekitar Rp 700 ribuan per ekor. Ikan Koi Tancho Kujaku memiliki keunikan yaitu corak titik-titik hitam di bagian tubuhnya.

Koi Taisho Sanke

Ikan koi jenis ini juga masih tergolong murah sekitar Rp 300 ribuan per ekornya. Ikan Koi Taisho Sanke hampir mirip dengan ikan koi kohaku namun memiliki keunikan yaitu corak hitam di bagian atasnya. Ikan jenis ini tidak sulit untuk ditemukan yaitu memiliki warna dasar campuran hitam, merah, putih.

Koi Kin Showa

Ikan koi jenis ini dipasaran dijual sekitar Rp 500 ribuan per ekor. Memiliki ciri khas corak hitam warna putih dan ada selaput warna putih menutupi sekujur badannya.

Koi Chagoi

Sebagian besar tubuh ikan koi yang satu ini berwarna kuning keemasan bahkan hampir seperti kuning kunyit membuat ikan ini sangat khas. Ada corak kehitaman di bagian siripnya dengan kombinasi warna khasnya. Harganya cukup murah berkisar Rp 200 – 400 ribuan.

Kumpay Slayer/ Koi Butterfly

Jenis ikan koi yang satu ini disebut demikian karena memiliki sirip yang panjang dan indah seperti sayap kupu-kupu. Harganya juga cukup mahal sekitar Rp 1,5 – 2 jutaan rupiah karena kecantikan dan keunikannya.

Koi Ogon

Jenis ikan koi ini adalah jenis persilangan antara Koi berpunggung kuning dengan jenis koi Shiro-Fuji yang ditemukan sejak tahun 1946. Ikan ini sangat eksotis karena berwarna emas, harganya juga terbilang cukup mahal yaitu Rp 1,5 juta per ekor.

Koi Ki Utsuri

Ikan koi yang selanjutnya memiliki warna gabungan jingga dan hitam. Ikan koi jenis ini tergolong memiliki ukuran badan yang mungil. Ikan koi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 850 ribuan.

Koi Shusui Asagi

Ciri khas ikan yang satu ini adalah siripnya berwarna oranye dengan tubuh dengan corak warna putih dan ada bercak polkadot sisi hitam yang menjari pada bagian punggungnya. Harganya sekitar Rp 600 ribuan per ekornya.

Itulah sepuluh jenis ikan koi yang bisa dipelihara di rumah. Ikan koi dipercaya bisa mendatangkan hoki atau keberuntungan untuk pemiliknya. Jika memelihara ikan koi pastikan memilih varian yang sehat serta dirawat dengan baik. Tentu cara ini berfungsi agar ikan koi memiliki masa hidup yang panjang.

Komentar