Jenis Ikan Cupang Paling Cantik Untuk Dipelihara

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang sudah sangat familiar dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Daya tarik ikan ini yaitu memiliki warna mencolok, sisik yang warna-warni, dan memiliki sirip yang panjang dan indah. Jenis ikan cupang memang beragam, mulai dari kecantikan warna, ukuran, dan perawatannya.

Memiliki ikan cupang hias di rumah memang bisa menjadi kegiatan menarik sebagai penghilang stres. Merawat ikan cupang atau betta fish ini juga tidaklah rumit. Justru bagi sebagian orang, merawat ikan cupang memiliki kesenangan tersendiri.

Jenis Ikan Cupang
pexels.com

Jenis Ikan Cupang Cantik Ini Bisa Anda Pilih Untuk Peliharaan Di Rumah

Buat Anda yang hobi memelihara ikan hias, maka tidak ada salahnya jika Anda memilih jenis ikan cupang berikut ini untuk dipelihara di rumah.

1. Cupang Veiltail

Cupang veiltail bentuknya memang sangat cantik. Diantaranya memiliki sirip panjang dengan ekor yang menukik ke atas dan selanjutnya turun ke bawah. Ikan cupang ini memang banyak diperjual belikan dan dibudidayakan.

Ikan cupang Veiltail juga hadir dengan kombinasi warna yang lengkap. Karakter ikan ini tidak terlalu agresif

2. Cupang Double Tail

Ikan cupang Double Tail juga memiliki ciri fisik yang sangat unik. Sebab, ikan ini memiliki dua ekor yang berbeda. Setiap sirip ekor juga punya dasar yang berbeda, satu bagian di atas dan satunya lagi di bawah garis tengah ikan.

Cupang yang cantik ini ternyata hasil dari mutasi genetik. Maka dari itu bisa menghasilkan ikan cupang dengan dua sirip ekor yang tampak berbeda.

3. Cupang Serit

Ikan cupang crowntail atau serit bisa diartikan sebagai ekor mahkota. Jika ikan ini dibalik, maka karakteristiknya akan terlihat menyerupai bentuk mahkota.

Adanya sobekan di bagian sirip dan ekor juga menjadikan jenis ikan cupang ini terlihat semakin menarik. Banyak pecinta ikan cupang yang mengantarkan cupang jenis ini di ajang lomba internasional betta.

4. Ikan Cupang Halfmoon

Nah, jika Anda ingin memelihara jenis ikan cupang yang indah dan mempesona, maka cupang halfmoon ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Seperti namanya, ikan ini bentuknya seperti bulan setengah atau bulan sabit. Sebab, bentuk ekor dan sirip cupang ini seolah-olah menyatu kemudian terlihat bentuknya yang menyerupai bulan.

Cupang halfmoon ini juga banyak dijuluki dengan sebutan big ear. Jika dilihat dari bentuknya, keanggunan dan kecantikan ikan cupang ini akan terpancar.

Perlu Anda ketahui, jika cupang yang cantik ini adalah hasil perkawinan yang dilakukan oleh breeder yang asalnya dari Amerika Serikat, yaitu Peter Goettner.

5. Cupang Slayer

Nah, cupang slayer ini merupakan ikan cupang dari hasil perkawinan antara cupang halfmoon dengan cupang serit. Ikan cupang slayer ini banyak disukai orang di berbagai kalangan karena warna ekornya yang sangat memesona.

Cupang ini juga mudah dijumpai di pasaran. Jadi, Anda tidak akan kesulitan mencari ketika ingin memelihara jenis ikan cupang ini. Perawatannya pun juga mudah dilakukan.

6. Cupang Plakat

Ikan cupang plakat adalah ikan cupang yang termasuk dalam kategori ikan dengan ekor pendek. Untuk membedakan antara ikan jantan dan ikan betina, maka Anda bisa melihatnya melalui sirip yang ada di bagian perut.

Cupang plakat yang jantan akan memiliki sirip di bagian perut dan ukurannya juga lebih panjang jika dibandingkan dengan yang betina. Tak hanya itu, ikan cupang ini juga memiliki ciri khas dengan ekor yang bentuknya sedikit bulat pendek.

Lakukan perawatan dengan baik agar jenis ikan cupang ini bisa bertahan lama di akuarium Anda. Jauhkan juga dari hewan pemangsa ikan ini, seperti kucing peliharaan Anda. Sebab, seringkali kucing memakan ikan ikan cupang peliharaan.

Update Info Terbaru