5 Jenis Hamster Lucu ini Cocok Untuk Dijadikan Hewan Peliharaan

Untuk Anda pecinta hewan, tentu sudah tidak asing lagi dengan hewan kecil dan imut yang bernama hamster. Jenis hamster ini cukup banyak dan semuanya memiliki karakteristik yang unik dan menggemaskan.

Salah satu ciri khas hamster yang paling banyak diketahui yaitu badannya yang kecil dengan bulu yang halus. Sebelum memutuskan untuk memeliharanya, ketahui dulu jenis-jenis hamster dan ciri khas yang dimilikinya.

pexels.com

Jenis-jenis Hamster Paling Lucu Untuk Dipelihara

Ada beberapa jenis hamster menggemaskan yang bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan kesayangan di rumah, antara lain sebagai berikut.

Chinese Hamster

Chinese hamster atau hamster Cina merupakan jenis hamster yang lucu, namun sayangnya saat ini sudah agak susah dijumpai. Ciri fisik hamster ini yaitu memiliki tinggi sekitar 10 cm saja, sehingga banyak yang menyebutnya dengan hamster kerdil sebab ukurannya yang mini.

Hamster ini berasal dari gurun Cina dan Mongolia. Bagian ekor hamster ini lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis hamster lainnya. Hewan lucu dari Cina ini memang memiliki karakter yang jinak dan mudah dijinakkan. Akan tetapi, Chinese hamster dapat mudah gelisah dan biasanya akan menggigit pada saat merasa terkejut.

Hamster Campbell

Hamster ini jumlahnya banyak dan mudah dijumpai. Karakteristiknya yaitu memiliki warna yang cerah seperti jenis panda, satin, juga argente campbell dll. Jenis ini dinilai merupakan hamster yang paling agresif daripada dengan jenis yang lainnya.

Hamster Winter White

Bentuk hamster ini hampir sama dengan campbell. Ada perbedaan yang tampak yaitu pada bulu winter yang tak terlalu wool. Lalu, bentuk kepalanya juga terlihat lebih bulat dibandingkan dengan jenis campbell.

Keunikan dari hamster winter white ini yaitu pada bagian bulunya yang dapat berubah warna di setiap musim. Adanya warna yang berubah-ubah ini karena dipengaruhi oleh perubahan pigmen rambut yang akibat dari hormon prolaktin dan genetik.

Selanjutnya, pada saat musim panas, bulu hamster winter white akan terjadi perubahan dari abu-abu menjadi coklat tua, bahkan terkadang juga bisa berwarna coklat pucat. Karakter jenis hamster ini juga lebih tenang daripada yang lainnya.

Hamster Syrian

Hamster Syrian merupakan hamster bertubuh menggemaskan yang dijumpai di gurun Timur Tengah tepatnya di daerah Syria/Suriah. Ukuran hamster ini lebih besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya, bahkan ukurannya hampir sebesar tikus. Tak hanya besar, hamster ini juga memiliki gerakkan yang lambat namun karakternya lebih jinak.

Corak warna dari hamster syrian juga cukuplah beragam, diantaranya seperti panda (Black Mottled), cinnamon, golden dan masih banyak lagi yang lainnya.  Paling unik, jenis ini satu-satunya yang hamster yang mempunyai varian bulu longhair, seperti bulu kucing Himalaya atau kucing anggora.

Hamster Roborovski

Jenis hamster ini terkenal dengan karakter yang bisa lari dengan cepat dan gesit, tak heran jika hamster ini dijadikan sebagai ajang balap hamster. Tentunya bisa sangat menghibur, terutama para pecinta hamster.

Robo atau hamster roborovski hanya mempunyai 2 varian warna saja, diantaranya brown face juga white face. Meskipun memiliki ukuran yang paling kecil dan hanya mempunyai dua warna saja, hamster robo ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan hewan peliharaan.

Memelihara berbagai jenis hamster ini tentunya harus disertai dengan perawatan yang benar. Mulai dari pemilihan kandang, kebersihan, hingga jenis makanan yang diberikan setiap harinya. Tujuannya tak lain supaya hamster yang Anda pelihara bisa tetap sehat dan lincah.

Komentar