Mengenal Beragam Jenis Cucak Ijo Dan Ciri Khasnya

Banyak berbagai jenis Cucak Ijo yang berada di wilayah Indonesia ini. Mulai dari jenis Cucak Ijo Banyuwangi, Kalimantan, Mini dan Rante. Burung Cucak Ijo ini merupakan jenis burung pintar yang dapat menirukan suara burung lainnya.

Dalam alam yang liar jenis burung ini memiliki sebuah kemampuan dalam hal mengeluarkan kicauan yang indah dan gacor. Namun juga banyak para kicau mania yang berhasil membudidayakan berbagai jenis Cucak Ijo lainnya.

Mengenal Jenis Cucak Ijo Dan Ciri Khasnya
Burungnya.com

Burung Cucak Ijo ini tergolong merupakan burung kicau yang cukup mudah untuk dijinakkan.

Bagus tidaknya burung Cucak Ijo ini tergantung dengan cara perawatannya. Jika perawatan tersebut baik serta teratur, maka akan tampil lebih maksimal dalam perlombaan.

Nah, berikut ini beberapa jenis Cucak Ijo yang harus anda ketahui.

Jenis Cucak Ijo Dan Ciri Khasnya

Mengenal Jenis Cucak Ijo Dan Ciri Khasnya
hargacara.com

Cucak Ijo Banyuwangi

Perlu diketahui jika jenis burung Cucak Ijo ini merupakan jenis burung yang berasal dari Banyuwangi. Ciri khas burung tersebut yaitu pada bagian kepalanya yang lebih besar. Selain itu juga warna tubuhnya hijau dan tajam.

Burung Cucak Ijo Banyuwangi ini memiliki tubuh yang melengkung dengan suara yang lebih merdu. Pada bagian ekor burung ini terlihat melengkung dan oanjang.

Pada saat burung ini sudah berumur serta jinak maka pada kakinya akan lebih besar.

Burung Cucak Ijo Banyuwangi ini juga mempunyai harga yang cukup mahal dibanding dengan jenis lainnya. Namun yang perlu diketahui bahwa burung ini mempunyai kesamaan dengan Kalimantan.

Jadi jika anda akan membelinya harus teliti dalam memilihnya. Burung tersebut berada di sekitar Jawa Timur.

Cucak Ijo Kalimantan

Burung Cucak Ijo Kalimantan ini adalah jenis burung yang mempunyai mental tangguh dan baik. Jenis burung ini mempunyai warna hijau kekuningan di bagian tubuhnya.

Pada saat dewasa bagian wajah burung ini nampak berwarna biru. Cucak Ijo Kalimantan mempunyai ukuran tubuh sedang dan lebih bulat dari Cucak Ijo yang lainnya.

Jenis suara burung Cucak Ijo Kalimantan ini tidak berfariatif. Namun jika kita dapat memaster burung ini maka akan menghasilkan kicauan bervariasi serta cukup keras. Burung ini berada di daerah kepulauan Kalimantan.

Cucak Ijo Sumatera

Cucak Ijo Sumatera ini dikenal dengan Cucak Ijo Kepala Kuning. Hal tersebut karena mempunyai ciri khas terdapat warna kuning bagian kepala burung ini.

Jenis dari burung tersebut mempunyai warna biru yang mengkilap pada bagian pipi burung. Pada bagian postur tubuhnya lebih kecil dibanding dengan beberapa jenis lainnya.

Dengan ukuran tubuh kecil tersebut membuat burung ini lebih murah harganya. Namun ukuran kecil ini, dapat membuat burung berkicau dengan lantang dan indah.

Burung Cucak Ijo yang satu ini berada di sekitar kepulauan Sumatera.

Cucak Ijo Mini

Burung Cucak Ijo Mini ini merupakan burung yang berukuran kecil. Jenis burung ini mempunyai ukuran tubuh lebih kecil dibanding dengan jenis lainnya. Cucak Ijo Mini ini mempunyai warna tubuh yaitu hijau polos tanpa warna biru pada bagian wajahnya.

Meskipun mempunyai ukuran kecil, namun suara dari burung ini sangat variasi. Jenis Cucak Ijo Mini ini berada di daerah Sumatera serta Kalimantan.

Cucak Ijo Rante

Jenis Cucak Ijo Rante ini mempunyai ciri bagian kepala terlihat warna kuning cerah. Selain ini juga memiliki 4 warna kombinasi. Warna tersebut yaitu kuning, biru, hijau dan hitam.

Burung jenis Cucak Ijo Rante ini berukuran kecil dan hampir sama dengan Cucak Ijo Mini. Jenis burung ini berada di daerah Sumatera.

Tinggalkan Komentar