Jenis Burung Terkecil Dan Keunikan Yang Dimilikinya

Burung merupakan hewan peliharaan yang banyak disukai oleh para pecinta burung. Dan orang-orang pastinya mempunyai kesenangan tersendiri pada burung yang ia sukai.

Sebagian dari mereka mungkin tertarik dengan suara kicauannya, dan ada juga yang tertarik dengan keindahan bulunya, kegagahannya, kepak sayapnya.

Dan masih banyak lagi hal dari burung yang membuat sebagian orang merasa tertarik dan ingin memilikinya. Jenis burung di dunia ini memang banyak sekali dan ukuran tubuhnya bermacam macam.

Ada yang memiliki ukuran tubuh super besar ada juga yang memiliki tubuh yang sangat kecil. Semuanya memiliki daya tarik tersendiri.

Namun banyak juga yang terpesona dengan kelucuan serta ukuran tubuhnya yang super kecil. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini jenis burung terkecil yang ada di dunia.

Burung Kolibri Lebah

Jenis Burung Terkecil
Jenis Burung Terkecil

Kolibri lebah merupakan species atau jenis burung terkecil yang ada di dunia. Burung Kolibri Lebah sendiri ukurannya tidak lebih besar jika dibandingan dengan ukuran serangga.

Namun untuk lebih besar sedikit dari pada lebah. Maka tidak heran, banyak sekali orang yang memanggil jenis burung terkecil ini dengan sebutan burung Kolibri Lebah.

Burung yang juga punya nama ilmiah Mellisuga helenae ini termasuk burung endemik pada daerah Kuba.

Karakteristik dari burung Kolibri Lebah jantan pada umumnya mempunyai warna hijau pada bagian belakang dengan bagian tenggorokan warna merah yang menyala.

Selain itu, pada bagian atas warnanya biru serta sisanya abu-abu. Yang betina tidak berbeda jauh, Akan tetapi pada bagian atasnya berwarna hijau serta ukuran tubuhnya lebih besar sedikit dari pada burung Kolibri Lebah yang jantan.

Keunikan burung ini yaitu bobot tubuhnya lebih ringan daripada berat sekeping uang koin kecil. Burung ini mampu terbang selama 24 jam tanpa berhenti.

Pada saat musim kawin, kepakan sayapnya meningkat sampai dengan 200 kali / detik dengan kecepatan terbang 40 – 48 km / jam. Burung ini akan makan dan juga minum sebanyak 1/2 dari bobot tubuhnya guna memenuhi keperluan energinya.

Makanan utama dari jenis burung Kolibri Lebah yaitu berupa nektar, akan tetapi terkadang burung ini juga memakan serangga, seperti halnya dengan laba-laba kecil.

Dalam waktu sehari, burung ini bisa mengambil nektar dari 1.500 bunga. Burung Kolibri Lebah juga ikut membantu reproduksi dari pada bunga-bunga tersebut.

Sebab serbuk sari yang diambil dari salah satu bunga yang terbawa ke bunga yang lainnya.

Burung Goldcrest

Burung Goldcrest
Burung Goldcrest

Burung yang dinilai sebagai jenis burung terkecil di dataran Eropa yaitu burung goldcrest. Sedangkan untuk burung yang terkecil di dunia adalah Bee Hummingbird.

Panjangnya hanya 2 inchi sampai dengan 2,4 inci saja. Sementara untuk beratnya hanya 0,056 sampai dengan 0,071 ons saja. Telurnya saja ukurannya sangat kecil, hanya seukuran kacang polong saja.

Kita dapat menemukannya di daerah Cuba. Sayang sekali, jenis burung ini sudah mulai langka sebab habitatnya sudah begitu terancam.

Terdapat fakta menarik mengenai species burung Goldcrest ini. Nama lain dari burung Goldcrest ini yaitu Regulus regulus, yang artinya adalah “raja kecil” atau dapat juga diartikan “pangeran”.

Sehingga, burung yang bertubuh mungil ini membuktikan jika untuk menjadi raja, burung ini tidak mesti mempunyai tubuh dengan ukuran raksasa.

Ukuran panjangnya saja hanya 3,3 hingga mencapai 3,7 inci dengan berat hanya sampai 0,16 sampai dengan 0,25 ons. Goldcrest bahkan disebut sebut sebagai burung paling kecil yang ada di dataran Eropa.

Walaupun demikian, burung ini sangat produktif juga. Jenis burung ini bisa menghasilkan 10 sampai dengan 12 telur untuk diinkubasi.

Tinggalkan Komentar