Karakteristik dan Jenis Burung Sulingan atau Tledekan

Burung sulingan atau ada yang menyebutnya tledekan merupakan burung penyanyi yang bisa dikatakan istimewa. Walaupun kepopulerannya tidak tinggi seperti dulu, tapi saat ini penggemarnya masih banyak.

Di negara Indonesia burung kicauan yang masuk pada keluarga burung sikatan flycatcher terbagi pada berbagai jenis. Antara lain jenis burung sulingan gunung atau sikatan cacing, sulingan bakau, laut atau biru putih dan burung selendang biru.

Selain mempunyai suara kicauan gacor atau bisa ngeroll, semua jenis burung sulingan tersebut memang semua memiliki tubuh dengan warna bulu yang indah. Jadi pantas saja bila semua burung dari genus Niltava ini tetap akan dipelihara oleh penggemarnya.

Karakteristik Burung Sulingan

Apabila bicara tentang burung tldekan atau sulingan, burung ini sangat menarik jika dilihat dari segi warna dan gerakan tubuhnya. Keindahan warna itulah keunggulan yang terlihat mencolok dari burung sulingan ini.

Burung ini punya gaya yang khas, yaitu jenis burung ini bisa ngobra. Jenis burung ini memang diketahui punya kecerdasan, yakni bisa menirukan nada-nada suara yang dikeluarkan oleh jenis burung lain.

Terlebih jika burung ini anda latih sejak burung masih bakalan ataupun dari trotolan. Jika semua jenis burung yang banyak dikenal dengan sebutan tledekan ini dilatih sejak dini maka dimungkinkan akan bisa gacor.

Sulingan sempat populer dan bahkan pernah merajai pada acara perlombaan burung pada saat tahun 2000 an.

Semua jenis burung sulingan ini hampir senuanya mempunyai panjang tubuh kurang lebih 8 sampai dengan 10 cm.

Daerah yang paling disukai saat berada di alam liar sendiri antara lain berada di berbagai tempat tropis. Misalnya seperti hutan lebat serta tempat-tempat pohon bambu yang selalu dekat dengan aliran sungai.

Daerah penyebarannya meliputi India, Nepal, Bhutan, kamboja, Thailand, Cina Barat Daya dan juga di Indonesia. Di negara kita sendiri, burung ini bisa dijumpia di pulau Sumatera, Jawa dan pulau Kalimantan.

Makanan yang disukai burung ini pada saat berada di habitat aslinya antara lain berbagai serangga kecil misalnya capung, ulat dan untuk sesekali burung ini juga akan memakan buah-buahan.

Sulingan Gunung

Jenis Burung Sulingan
Jenis Burung Sulingan

Tak hanya punya suara kicauan khas dan mendayu-dayu, jenis burung sulingan ini juga digemari karena warna tubuhnya. Untuk dapat mengenali jenis burung Tledekan Gunung ini juga tidak terlalu sulit.

Terlebih lagi apabila anda membedakan yang kelamin jantan dan yang betina. Dapat Anda lihat, perbedaanya berada pada bagian punggung yang memiliki warna sudah tidak sama.

Untuk burung tledekan gunung yang Jantan punya ciri kombinasi warna biru gelap serta warna hitam dari kepala sampai dengan ekor.

Burung betina, punggung hingga ekor warnanya kuning sedikit abu abu. Jenis burung yang juga dinamakan Sikatan Cacing ini paling sering ditemui di pulau jawa dan pulau kalimantan.

Sulingan Bakau

Sulingan Bakau
Sulingan Bakau

Jenis burung sulingan bakau atau burung Tledekan Bakau ada juga yang menyebutnya sebagai burung sikatan gunung kalimantan.

Walau burung jenis ini juga dapat dijumpai Sumatra, Sulawesi serta kepulauan Karimunjawa. Untuk dapat mengerti bedanya dari jenis fisik atau jenis kelamin burung ini memang sedikit sulit.

Sebab penampilannya agak mirip dengan jenis sikatan cacing. Tapi tetap terdapat beberapa bagian warna bulu yang dapat diambil untuk dapat tau jenis kelaminya.

Untuk sulingan bakau betina warnanya memang pucat dan paruh atasnya seperti bentuk huruf V serta bagian dagu bewarna kekuningan.

Tledekan Laut

Tledekan Laut
Tledekan Laut

Tldekan Biru Putih atau banyak disebut sebagai sulingan laut juga merupakan salah satu jenis yang terlihat menarik untuk dipelihara. Sebab penggemarnya juga begitu banyak di negara kita.

Walaupun karakter suara yang dipunyai hanya sebatas Ngriwik. Tapi terdengar begitu merdu serta terdengar kencang.

Untuk burung jantan tubuh bagian atasnya memiliki warna biru mengkilap, muka, bagian leher serta dada atas warnanya hitam. Pada bagian bawah dada, perut sampai dengan bagian ekor warnanya putih.

Kemudian, untuk betina punya tubuh bagian atas serta bewarna coklat keabu-abuan. Tenggorokan yang tengah serta perutnya warnanya putih.

Perawatan

Burung sulingan merupakan salah satu burung petarung seperti halnya pada burung Murai Batu dan juga pada burung Kacer.

Sifat petarungnya akan muncul bersamaan dengan bertambahnya umur serta tingkat birahinya. Burung Tledekan juga sama seperti burung-burung jiwa petarung lainnya yang punya daerah teritorial.

Suara kicauannya yang sangat enak didengar menjadikan para penggemarnya tidak gamang berpindah ke lain hati.

Jaga Kebersihan dan Kenyamanan

Agar burung menjadi gacor, pertama kali yang Anda harus menjaga kebersihan dan juga menjaga kenyamanan burung Sulingan Gunung.

Oleh sebab itu, bersihkan kandang pada tiap hari dari kotoran serta voer yang mungkin berjatuhan. Pakan Voer harus selalun diganti tiap harinya.

Demikian juga dengan air minum harus sebaiknya selalu diganti dengan yang baru sesudah burung dijemur. Dalam penempatan burung pun juga harus diperhatikan, jangan menempatkan burung di daerah atau di lingkungan yang membuat burung merasa tidak nyaman.

Contohnya dekat sepeda atau dekat mobil yang menjadikan burung menjadi ketakutan bahkan burung sampai mengalami stres.

Mandikan dan Jemur Secara Teratur

Melakukan penjemuran dan memandikan burung adalah kebutuhan dari seekor burung. Karena dengan hal itu burung bisa menjadi berbunyi dan bisa sampai gacor.

Akan tetapi, pastikan dalam memandikan serta menjemurnya, Anda harus melakukannya dengan baik. Lakukanlah dengan teratur dan sesuai dengan kemauan serta sesuai dengan karakter burung.

Oleh sebab itu, pemahaman pada karakter burung merupakan kunci sukses saat mencari aturan mandi dan menjemur burung Sulingan Gunung ini.

Sediakan Voer Yang Berkualitas

Jika anda memelihara jenis burung sulingan, maka berikanlah makanan yang baik berupa Voer. Untuk voer yang kualitas baik di sini tidak berarti voer dengan merk unggulan.

Akan tetapi, kandungan voer yang memang bisa sesuai dengan kondisi atau keadaan burung. Apabila burung Sulingan Gunung atau yang lainnya punya Anda adalah burung yang suka dengan aturan yang kencang, dianjurkan Anda memberikan pakan voer yang terdapat kandungan protein yang tinggi.

Akan tetapi sebaliknya, apabila burung Sulingan peliharaan Anda suka dengan aturan atau setelan yang rendah, Anda juga harus memberikannya voer yang memiliki kandungan protein yang sedang.

Berikan Pakan Tambahan

Dalam pemeliharaan burung sulingan agar tetap sehat dan bisa berkicau denagn gacor berikanlah pakan tambahan. Pakan tambahan yaitu ekstra fooding seperti halnya jangkrik dan juga kroto atau bahkan diberikan ulat.

Serangga dan juga ulat ini merupakan sebuah keperluan untuk burung Sulingan peliharaan anda. Karena pada waktu di habitat aslinya, burung Sulingan ini biasa makan makanan yang berupa serangga.

Jadi untuk pakan hidup itu begitu dibutuhkan. Hal ini bukan hanya karna untuk memenuhi kebutuhan burung sulingan terhadap kebutuhan vitamin dan juga kebutuhan gizi lainnya.

Akan tetapi dengan burung sulingan ini diberikan pakan tambahan ini burung akan menjadi lebih gacor kicauannya.

Tinggalkan Komentar