Inilah 2 Jenis Burung Predator Yang Paling Ditakuti Oleh Mangsa

Predator kerap sekali disebut dan dinilai identik dengan hewan darat yang memiliki cakar yang teramat kuat dan fisik yang besar.

Tapi di udara ternyata juga terdapat sejumlah predator yang tidak kalah tangguhnya jika dibandingkan dengan yang ada di darat. Sama-sama dilengkapi dengan cakar dan fisik yang besar.

Hanya saja predator ini memiliki kelebihan berupa sayap untuk bisa terbang mengincar mangsanya di udara ataupun mangsanya yang berada di darat. Bahkan jenis burung tersebut kan membunuh, mencengkeram mangsanya dengan sangat cepat.

Oleh sebab itu, hewan yang diincarnya biasanya sudah tidak bisa menghindar lagi dari predator tersebut. Dan berikut ini 2 jenis burung predator yang paling ditakuti para mangasnya.

Blakiston’s Fish Owl

Jenis Burung Predator
Jenis Burung Predator

Blakiston’s Fish Owl atau yang disebut dengan Bubo blakistoni merupkan burung hantu. Jenis burung predator ini merupakan bagian dari keluarga yang dikenal sebagai burung hantu khas, Strigidae. Yang mana, sebagian besar adalah spesies burung hantu.

Habitat burung ini adalah di area hutan, tepi sungai, pohon-pohon besar tua untuk sarang. Kemudian habitat dari burung predator ini juga berada di area dekat danau, sungai, mata air yang tidak beku di saat musim dingin.

Blakiston’s Fish Owl merupakan burung hantu besar dengan ukuran 60-75cm (24-30 tahun). Dan mungkin juga merupakan spesies terbesar dari burung hantu.

Sebuah studi lapangan terbaru dari spesies ini juga menunjukkan, burung hantu terbesar yang berjenis kelamin jantan dengan berat 3-3,75 kg (6,6-8,3 lbs). Kemudian untuk burung yang betina dengan berat sampai dengan 4,5 kg (10 lbs), menjadi sekitar 25% ukurannya lebih besar.

Burung hantu ini juga terlihat seperti burung hantu elang Eurasia, akan tetapi terlihat pucat. B lakiston Fish mungkin merupakan burung hantu dengan ukuran paling besar yang ada di dunia ini.

Apabila dibandingkan dengan California Condor, bentang sayap dari Blakiston Fish hanyalah berkisar 2 meter dengan berat jauh lebih ringan yakni 4,5 kg. Burung hantu jenis ini lebih banyak ditemukan di wilayah Siberia dan juga di wilayah Jepang.

Dari namanya saja kita semua sudah mengetahui bahwa burung hantu ini memiliki menu utama yang berupa ikan.

Tapi, karena burung hantu ini juga termasuk jenis predator, jadi ikan bukanlah merupakan salah satu pilihan utama dalam menu makannya.

Terkadang burung hantu paling besar di dunia ini akan memakan mamalia lain atau bahkan burung lain yang berukuran lebih kecil.

2. Golden Eagle

Golden Eagle
Golden Eagle

Jenis burung predator yang memilki sayap tangguh ini banyak ditemukan di langit Amerika Utara, Eurasia, dan Afrika Utara. Golden Eagle juga sudah sejak lama diakui oleh banyak orang sebagai predator udara yang tangguh dan juga predator yang sangat berbahaya.

Meskipun untuk target utama dari Golden Eagle adalah hewan berupa kelinci dan burung. Hewan bersayap ini tidaklah ragu untuk memburu hewan darat yang berukuran besar seperti halnya rubah, domba, dan juga kambing.

Beruntungnya bagi kita sebagai manusia adalah meskipun serangan burung predator elang ini bisa mengakibatkan cidera sampai mengakibatkan kematian. Akan tetapi tidak ada catatan elang ini pernah menyerang manusia melainkan menyerang hewan yang akan dimangsanya saja.

Apabila burung predator yang mematikan ini membentangkan sayapnya, burung elang ini sanggup mencapai panjang hingga sampai 2 meter dengan berat 7 kg. Sebagai tambahan, Golden Eagle betina jauh lebih agresif dan juga lebih berbahaya daripada elang yang jantan.

Tinggalkan Komentar