7 Jenis Burung Potoo, Ghost Bird Unik yang Pandai Menyamar

Burung potoo termasuk jenis burung yang unik dan aneh. Dikarenakan tak biasa, jenis burung potoo ini juga banyak disebut sebagai ghost bird. Penamaan ghost bird pada burung potoo memiliki alasan tersendiri yang penting untuk anda ketahui.

Burung potoo ini memang pandai kamuflase sehingga terkesan bisa hilang dan muncul kapan saja. Hal ini membuat tak sedikit penghobi burung menyebut burung potoo layaknya hantu. Jika anda mulai penasaran dan tertarik ingin lebih mengenal burung potoo, ada baiknya anda simak ulasan berikut.

justbirding.com

Jenis Burung Potoo

Burung potoo memiliki beragam jenis yang penting untuk anda tahu. Setidaknya ada tujuh jenis burung potoo dengan keunikan dan daya tarik tersendiri. Dimana tiap jenis burung potoo memiliki wilayah persebaran yang berbeda-beda.

Dengan anda mengetahui apa saja jenis dan dimana wilayah persebarannya, anda bisa lebih mudah dalam mencarinya. Tak hanya itu, anda juga bisa lebih cepat dalam mengidentifikasi burung potoo yang anda temukan. Adapun ketujuh jenis potoo tersebut yaitu:

Great potoo

Great potoo (Nyctibius grandis) adalah jenis potoo yang memiliki wilayah persebaran di Belize, Nikaragua, Panama, Bolivia, Brazil, French Guiana, Suriname, Costa Rica, Ekuador, Guyana, Honduras, Meksiko, Guatemala, Kolombia, Paraguay, Peru dan Venezuela.

Long-tailed potoo

Jenis potoo lainnya yaitu long-tailed potoo. Burung long-tailed potoo (Nyctibius aethereus) ini mempunyai wilayah persebaran di Paraguay, Peru, Kolombia, Ekuador, Venezuela, Argentina, Bolivia, Brazil dan Guyana.

Grey potoo

Grey potoo juga dikenal dengan sebutan common potoo. Burung grey potoo (Nyctibius griseus) ini tersebar di Argentina, Kolombia, Kosta Rika, Bolivia, Venezuela, Ekuador, Guyana, Nikaragua, French Guiana, Panama, Peru, Suriname, Paraguay, Trinidad and Tobago, Uruguay dan Brazil.

Northern potoo

Northern potoo (Nyctibius jamaicensis) adalah jenis potoo yang memiliki persebaran di El Salvador, Guatemala, Belize, Kuba, Honduras, Jamaika, Republik Dominika, Haiti dan Meksiko.

White-winged potoo

Jenis potoo lainnya yang tak kalah penting untuk anda ketahui yaitu white-winged potoo. Burung white-winged potoo ini (Nyctibius leucopterus) tersebar di wilayah Brazil dan Guyana. Tak hanya itu, anda juga bisa menemukan white-winged potoo di Peru.

Rufous potoo

Rufous potoo (Nyctibius bracteatus) bisa anda jumpai di wilayah Bolivia, Brazil dan Kolombia. Selain itu, wilayah persebaran rufous potoo juga sampai di Ekuador, Guyana, Peru dan French Guiana.

Andean potoo

Jenis burung potoo yang satu ini ada di wilayah Bolivia. Tak hanya itu, burung andean potoo (Nyctibius maculosus) juga bisa anda jumpai di wilayah Kolombia, Peru, Ekuador, dan Venezuela.

Burung potoo bisa ditemukan di seluruh wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Selain itu, beberapa spesies juga bisa dijumpai di Amerika Utara. Hanya saja, terkecuali untuk wilayah Kanada dan Amerika Serikat.

Karakteristik

Burung potoo memiliki postur tubuh yang lucu dan unik. Jika anda perhatikan, maka burung potoo berbentuk bulat. Matanya ini akan tampak mengkilap di malam hari. Dimana kilatan matanya tersebut menandakan bahwa potoo tengah mencari mangsa.

Perlu untuk diketahui, potoo memiliki celah di bagian kelopak matanya. Dengan celah tersebut, burung potoo bisa melihat secara jelas. Bahkan saat matanya sedang tertutup sekalipun, penglihatan burung potoo tetap baik.

Apabila lebih diperhatikan, mata burung potoo ini memiliki warna kuning. Hal ini tentu saja menjadi ciri khas sekaligus keunikan tersendiri bagi burung potoo. Bahkan tak sedikit penghobi burung yang menyebutnya sebagai burung alien.

Dengan bentuk mata yang bulat, potoo mempunyai paruh yang sedikit melebar. Sementara untuk bulunya, tampilan warnanya mirip dengan kulit kayu yaitu burik kecoklatan dan keabu-abuan. Hal inilah yang membuat potoo mudah untuk berkamuflase.

Semakin unik karena suara potoo terdengar begitu khas. Suaranya sekilas mirip dengan suara burung hantu. Bedanya, suara potoo lebih mengalun dan iramanya mendayu-dayu. Suaranya terdengar jelas saat malam hari.

Burung potoo mempunyai hubungan kekerabatan dengan jenis burung nightjar dan frogmouth. Maka anda tak perlu heran jika burung potoo ini juga mempunyai kemampuan untuk kamuflase layaknya burung nightjar.

Tak hanya itu, berkerabat dengan frogmouth membuat tampilan muka burung potoo hampir mirip dengannya. Dikarenakan berkerabat dekat, burung potoo juga dikenal dengan nama Tawny frogmouth.

Kebiasaan Unik

perunature.com

Seperti yang sudah disinggung di atas, burung potoo memiliki kemampuan untuk kamuflase. Hal ini bisa anda buktikan sendiri dengan memperhatikannya di siang hari. Saat siang, potoo akan bertengger di pohon.

Dalam waktu tersebut, burung potoo akan menirukan tunggul pohon yang mati. Bukan hanya itu saja, potoo juga tidak akan bergerak meski didekati manusia dan predator. Potoo hanya akan terbang apabila penyamarannya terbongkar.

Penyamarannya hampir tak pernah terbongkar, terutama di siang hari. Namun jika malam hari, pantulan sinar dari matanya membuat potoo lebih mudah diketahui keberadaannya. Meski demikian, potoo tak pernah sembarangan dalam memilih tempat bersembunyi sehingga tetap aman.

Kamuflase yang dimiliki potoo membuatnya lebih mudah menangkap makanannya. Adapun makanan yang dimangsa potoo diantaranya yaitu serangga. Potoo memakan serangga sambil bertengger di pohon layaknya burung sikatan dan cendet.

Fakta

Jenis burung potoo yang satu ini menyimpan banyak fakta yang perlu anda ungkap. Perlu diketahui bahwa potoo masuk ke dalam burung monogami. Dimana pasangan induk potoo yang setia ini akan mengerami telur sekaligus membesarkan anaknya sampai dewasa.

Tak seperti jenis burung lainnya, burung potoo tak membuat sarang. Telurnya akan diletakkan di atas batang pohon yang sudah lapuk. Selain itu, telur potoo juga biasa ditemukan di celah batang pohon. Untuk diketahui bahwa hal tersebut hanya untuk satu telur.

Telur itu sendiri memiliki warna putih dan ada bintik-bintik ungu kecokelatan. Saat proses mengerami, potoo jantan akan mengerami telur di siang hari. Sementara induk betina akan mengerami telur pada malam harinya.

Setidaknya dibutuhkan waktu selama 30 hari sampai telur menetas. Setelah menginjak usia dua bulan, anakan potoo sudah bisa hidup mandiri. Sama halnya induknya, anakan potoo akan berkamuflase ketika ada predator yang mengincarnya.

Bedanya, kamuflase anakan potoo tak seperti batang kayu, akan tetapi jumpalan jamur. Tak mengherankan karena ukuran tubuhnya yang masih kecil. Selain itu, warna bulunya juga belum tegas layaknya sang induk.

Fakta lainnya mengenai jenis burung potoo yaitu perihal habitatnya. Diketahui bahwa burung potoo sudah menempati lingkungan hutan, tepatnya hutan yang memiliki semak belukar.

Selain itu, burung potoo juga bersifat nocturnal. Hal ini berarti burung potoo sangat aktif saat malam hari. Dengan demikian, apabila anda ingin menemukan burung potoo, anda bisa jelajahi hutan yang ada semak belukarnya saat malam hari.

Bagi anda yang sedang mencari burung unik dan aneh, anda bisa cermati burung potoo. Agar lebih mengenal dan memahami mengapa potoo disebut unik dan aneh, pastikan anda ketahui jenis burung potoo. Tak hanya itu, jangan lewatkan juga info mengenai karakteristik, kebiasaan unik dan fakta menarik tentangnya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar