2 Jenis Burung Penghisap Darah dan Perilakunya Di Alam Liar

Sudah kita ketahui bersama jika di dunia ini terdapat banyak sekali jenis burung yang memiliki keunikannya sendiri. Contohnya saja seperti burung cenderawasih yang memiliki keunikan berupa tariannya yang memang tampak indah, juga burung beo atau kakatua yang pandai menirukan beragam suara.

Akan tetapi selain burung yang tampil dengan keindahan dan juga keunikannya, ada juga spesies burung yang populer dengan keanehannya bahkan dinilai mengerikan.

Jenis burung ini dinilai aneh dan mengerikan sebab makanan burung tersebut. Karena pada umumnya makanan burung adalah biji-bijian, buah dan serangga.

Tapi siapa sangka jika ada burung yang makanannya adalah darah. Jenis burung penghisap darah ini ternyata bisa kita jumpai di beberapa wilayah di dunia.

Vampire finch (Geospiza difficilis)

Jenis Burung Penghisap Darah
Jenis Burung Penghisap Darah

Vampire finch merupakan jenis burung penghisap darah asli dari Kepulauan Galapagos yang termasuk endemik di Pulau Darwin. Meskipun jika dilihat tampilannya sama dengan burung finch, akan tetapi spesies ini tidak termasuk keluarga finch melainkan dari keluarga Thraupidae.

Untuk genus Geospiza yang terdiri atas enam spesies di dunia. Sesuai dengan namanya, vampire finch ternyata punya perilaku yang cukup unik dan aneh.

Jenis burung penghisap darah ini memiliki kebiasaan yang jarang ditemukan pada spesies burung lainnya, yaitu meminum darah burung lain. Jenis burung yang kerap menjadi korbannya yaitu Nazca dan blue-footed boobies.

Pada saat menghisap darah, vampire finch akan mematuki kulit burung menggunakan paruhnya yang tajam sampai berdarah, setelah itu meminum darahnya. Burung yang dihisap darahnya akan pasrah saja atau tidak memberikan perlawanan.

Berarti dengan diketahuinya tingkah jenis burung penghisap darah tersebut, perilaku dari burung vampir ini dapat membantu burung lain dalam membersihkan parasit. Oleh sebab itu burung yang dihisab darahnya tidak melawan, bahkan hanya diam saja.

Perilaku buruk yang lain dari jenis burung penghisap darah ini yaitu juga gemar mencuri telur burung lain untuk dijadikan sebagai makanannya.

Dan yang unik, jika telur tersebut berukuran besar dan sulit dipecahkan dengan menggunakan paruhnya maka ia akan menggelindingkan telur tersebut menggunakan bagian paruhnya dan membenturkannya ke bebatuan hingga telur tersebut pecah.

Akan tetapi, burung yang unik ini statusnya sudah dinyatakan terancam punah, terlebih lagi burung ini hidup terbatas di pulau kecil.

Gelatik Batu

Gelatik Batu
Gelatik Batu

Untuk para pecinta burung kicauan, pastinya sudah mengenal burung gelatik batu. Burung gelatik batu termasuk burung yang dikenal sebagai burung ramah dan baik hati. Namun siapa sangka burung ini memiliki sifat yang sangat kejam.

Burung gelatik batu/wingko merupakan jenis burung berukuran kecil yang sangat digemari pecinta burung di seluruh dunia.

Penampilannya yang cukup menarik dan suara kicauannya yang merdu menjadikan banyak orang jatuh cinta pada jenis burung kicau ini. namun, diluar itu burung ini memiliki sifat kejam yang banyak dari mereka tidak mengetahuinya.

Saat dilakukan sebuah penelitian, rupanya burung gelatik tersebut tengah membantai seekor kelelawar dan selanjutnya akan memakan bagian kepalanya.

Kemudian juga diketahui bahwa burung gelatik ini ternyata gemar masuk ke dalam sebuah gua yang berisi hewan kelelawar. Di dalam gua tersebut, burung ini juga akan menangkap kelelawar yang tengah tertidur (hibernasi), dan selanjutnya akan memakan bagian dari kepalanya.

Tak hanya membunuh dan juga memakan kelelawar, jenis burung penghisap darah ini juga tercatat sering membunuh dan juga suka memakan bagian kepala dari burung gereja.

Tinggalkan Komentar