Jenis Burung Paling Mudah Jinak dan Mudah Dipelihara

Memelihara burung memang merupakan kesenangan tersendiri di sela sela waktu kita. Jenis burung apa saja sebenarnya bisa anda jadikan sebagai burung pelihraan. Namun alangkah baiknya jika burung yang anda pelihara mudah dalam merawatnya dan juga mudah dijinakkan.

Setiap orang pasti ingin burung yang dipelihara bisa jinak kepada pemiliknya atau pemeliharanya. Sebab burung yang sudah jinak, tidak mematuk saat diberi makan pada saat menggunakan tangan, dan bisa diajak bermain di luar sangkar.

Dan hal tersebut tentu saja membuat pemelihara merasa senang. Dengan begitu, sebaiknya anda memelihara jenis burung paling mudah jinak.

Jenis Burung Paling Mudah Jinak

Jenis Burung Paling Mudah Jinak
Jenis Burung Paling Mudah Jinak

Jika burung tersebut pada dasarnya sudah mudah jinak maka anda tidak akan merasa kesulitan lagi di dalam memeliharanya di kemudian hari. Untuk mengetahuinya, berikut ini jenis burung paling mudah jinak dan juga mudah untuk dipelihara.

1. Burung Cendet

Salah satu burung paling mudah jinak dan mudah dalam perawatannya adalah burung Pentet, Cendet, Plentet. Burung ini mempunyai bentuk badan sedikit unik dengan kepala agak besar.

Mempunyai variasi warna putih, hitam, coklat kadang sedikit warna abu-abu. Saat liar burung ini memang agresif, tapi setelah jinak, burung ini akan menjadikan anda merasa senang memeliharanya.

Burung Cendet
Burung Cendet

Sebab burung cendet atau pentet mempunyai suara kicau lantang dan indah juga dapat meniru beberapa burung kicau lain. Hal inilah yang menjadi kelebihan Burung Pentet sehingga semakin banyak penggemar kicau mania yang memeliharanya.

Dari segi perawatan juga anda tidak perlu khawatir, karena burung ini termasuk burung mudah dan tidak sulit pola perawatan hariannya. Kelebihan lain adalah burung cendet banyak terdapat keunggulan seperti dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

Sebab burung ini bisa dengan mudah jinak pada penangkar. Burung ini juga bisa dijadikan pilihan untuk yang baru ingin memelihara burung kicau diantara sekian banyak burung kicau lain.

2. Burung Nuri

Burung nuri sudah dikenal sebagai jenis burung paling mudah jinak dan juga mudah di dalam perawatan hariannya. Meskipun burung nuri ini sudah dikenal mudah sekali jinak tapi tetap saja, kita harus mengenal beberapa proses serta langkah-langkahnya.

Karena Burung Nuri yang punya bentuk paruh bengkok, cukup tajam serta kuat akan begitu berbahaya apabila mematuk. Oleh karena itu, burung yang masih galak atau liar harus diperlakukan dengan beberapa cara menjinakkan burung nuri yang sebenarnya.

Membuat kandang yang cocok untuk jenis burung ini adalah cara tepat menjinakkan burung nuri. Lalu, untuk jenis kandang yang cocok untuk dipakai burung ini yaitu jenis kandang terbuka.

Cara menjinakkan burung nuri berikutnya yaitu dengan memandikan burung dengan cara menyemprot burung sampai burung menjadi basah.

Bermain merupakan salah satu dunia Burung Nuri. Beberapa orang bahkan ada yang bisa melatih burung ini melakukan atraksi menarik tertentu.

Anda juga bisa mengajak burung paruh bengkok ini bermain-main dengan menggunakan bola atau menggunakan benda yang lainnya.

Bertambah sering anda berinteraksi dengan burung maka aka semakin mudah pula burung nuri berubah menjadi jinak. Semakin kerap anda berinteraksi dengan Burung Nuri yang anda pelihara, maka akan semakin mudah juga burung tersebut berubah menjadi jinak.

Jadi burung yang mudah jinak juga memerlukan tekhnik khusus untuk menjinakkan agar bisa terbiasa dengan pemelihara ataupun dengan manusia.

Memelihara jenis burung paling mudah jinak memang solusi terbaik untuk anda yang ingin memelihara burung di sela sela kesibukan anda.

Komentar Facebook

Komentar Blog