Jenis Burung Madu Berekor Panjang dan Daerah Persebarannya

Banyak sekali jenis burung yang telah tewrsebar di alam ini. Mulai dari burung kicauan merdu, burung yang ukurannya sangat besar, burung kecil, sedang.

Dan jika dilihat dari makanannya ada burung pemakan serangga, ada juga burung pemakan ikan, biji bijian dan ada juga burung pemakan nektar atau madu.

Burung madu atau sun bird merupakan jenis burung yang punya puluhan spesies dan juga punya ekor yang panjang.

Ada bermacam jenis burung madu di Indonesia yang masih termasuk dari family Nectariniidae menjadi burung kicau dengan ukuran tubuh sangat kecil.

Jenis Burung Madu Berekor Panjang

Jenis Burung Madu Berekor Panjang
Jenis Burung Madu Berekor Panjang

Dengan 132 spesies yang ada di dunia, burung tersebar mulai dari Afrika, India, Asia Tenggara hingga pada bagian bagian utara Australia.

Sebagian besar burung ini makan dari madu meski juga memakan buah. Lalu juga makan laba-laba dan serangga terutama burung usia muda. Burung ini cepat terbang meski sayapnya berukuran kecil.

Membicarakan tentang burung pemakan madu, ternyata ada jenis burung madu berekor panjang yang ada di alam ini.

Dan untuk jenis burung tersebut juga memiliki kicauan yang menarik dengan ciri khasnya masing masing.

Fire-tailed Sunbird (Aethopyga ignicauda)

Fire-tailed sunbird merupakan jenis burung madu berekor panjang yang punya habitat pada sebelah utara India, khususnya di Himalaya.

Dan juga beberapa derah yang berbatasan dengan Asia Tenggara. Habitat burung madu ekor api ini terdapat pada hutan beriklim sedang atau daerah pegunungan dengan iklim sub tropis.

Burung ini hanya hidup pada daerah yang punya curah hujan sedikit dan punya 4 musim.

Burung Ekor Api juga dijumpai pada daerah pegunungan dengan ketinggian 4.000 diatas permukaan laut. Ketika musim dingin burung ini pada umumnya turun ke lembah guna mencari daerah yang hangat.

Apabila anda berminat untuk menyaksikan burung ini dengan langsung, maka anda dapat pergi ke negara Bangladesh, Bhutan, India, Nepal, Myanmar, Nepal, Tibet serta thailand. Akan tetapi spesies ini juga dijumpai di pulau-pulau daerah sekitar India serta Himalaya.

Pada alam liar burung ini sering dijumpai sendirian atau dalam kelompok kecil. Burung ini sering hinggap dari satu pohon ke pohon lain dan tampak saling berkejaran satu dengan yang lainnya.

Burung jantan yang memiliki ukuran kurang lebih 15 cm dengan mahkota berwarna biru dengan punggung berwarna merah. Kemudian bagian dada berwarna ungu semburat kemerahan.

Lalu untuk burung betina punya ukuran tubuh kurang lbihe 14 cm dengan bulu berwarna hijau zaitun pada seluruh tubuh.

Malachite Sunbird (Nectarinia famosa)

Malachite sunbird (Nectarinia famosa)
Malachite sunbird (Nectarinia famosa)

Malachite sunbird juga termasuk jenis burung madu berekor panjang. Jenis burung ini memiliki panjang tubuh mencapai kurang lebih 25 cm untuk burung madu yang jantan.

Kemudian untuk burung yang betina memiliki ukuran 15 cm pada betina. Untuk keadaan atau kondisi breeding, bulu-bulu bpada urung jantan sebagian besar memiliki warna hijau metalik.

Pada bagian sayapnya hijau kehitaman, dan juga terdapat bercak-bercak kuning yang ada pada bagian dadanya. Untuk kondisi non-breeding, warna bulunya cenderung lebih cokelat.

Red-tufted sunbird (Nectarinia johnstoni)

Red-tufted sunbird atau yang sering dijuluki dengan nama scarlet-tufted sunbird merupakan burung madu yang tubuhnya lebih panjang dari pada jenis burung madu lainnya yaitu mencapai 27cm.

Akan tetapi hanya burung jantan yang punya ukuran tubuh sepanjang itu. Sebab pada burung betina hanya punya tubuh dengan panjang 14cm saja.

Jenis burung madu dengan ekor panjang ini tersebar di Negara Kenya, Uganda, Malawi, Kongo, Tanzania, Rwanda, serta di Zambia, yang hanya punya spesies pada bagian Afrika.

Tinggalkan Komentar