Mengenal Lebih Dekat Kehidupan dan Jenis Burung Kutilang

Burung kutilang merupakan burung yang memiliki suara kicauan yang terdengar unik serta beragam. Sebab suaranya yang unik, maka banyak orang yang hendak memelihara burung ini dan akan diikutkan lomba dengan burung kutilang yang lainnya.

Yang mana pada perlombaan tersebut burung akan diadu suara yang paling sering keluar serta paling terdengar nyaring. Pycnonotidae merupakan suku kebangsaan dari burung kutilang ini.

Dan untuk nama lain dari burung kutilang yaitu cucak kutilang atau juga banyak yang menyebutnya dengan nama cankurileung.

 Jenis Burung Kutilang
Jenis Burung Kutilang

Di pulau Jawa burung kutilang biasa disebut dengan sebutan genthilang. Untuk nama ilmiahnya adalah Pycnonotus Aurigaster yang diperoleh dari bulu burung di sekitar pantatnya yang warnanya jingga.

Burung ini punya ukuran yang sedang dan jika diukur rata-rata memiliki panjang 20 cm untuk burung kutilang yang dewasa.

Habitat Burung Kutilang

Habitat dari burung kutilang tersebar dengan sangat luas sampai dengan ketinggian 1.600 m dpl. Burung ini juga kerap dijumpai pada tempat-tempat terbuka.

Misalnya seperti di kebun, tepi jalan, pekarangan, semak belukar, sampai dengan halaman rumah di perkotaan. Burung kutilang cenderung dijumpai berkeliaran dengan berkelompok.

Baik itu berkelompok dengan jenisnya sendiri atau bisa berkelompok dengan jenis yang lainnya. Bahkan burung yang bertubuh sedang ini juga tak jarang terlihat berkelompok dengan spesies burung lain.

Daerah penyebaran burung ini secara luas terdapat di daerah Tiongkon Selatan dan juga Asia Tenggara kecuali di negara Malaysia.

Di Indonesia sendiri burung kutilang menyebar di Jawa dan juga pulau Bali.

Kemudian dilakukan perkembang biakan di pulau Sumatera dan juga Sulawesi. Akhir akhir ini burung kutilang juga dijumpai di Pulau Kalimantan.

Makanan Burung Kutilang

Pada saat memelihara burung kutilang kerap sekali kita tidak mengetahui dengan pasti makanan apa yang sebaiknya kita berikan. Supaya burung kutilang selanjutnya sehat serta bertambah gacor.

Jika kita memberikan makanan burung kutilang yang disukai dan juga bernutrisi, maka tidak diragukan lagi bahwa burung kutilang akan hidup jangka lama dan suaranya bisa gacor.

Makanan utama dari burung kutilang yaitu buah-buahan yang lunak, misalnya buah pepaya.

Selain buah pepaya, buah pisang juga bisa dijadikan sebagai makanan burung kutilang, sebab buah pisang teksturnya yang lembut, akan tetapi pastikan buah pisang yang diberikan juga sudah matang.

Untuk anakan lebih baik diberikan buah pepaya yang telah matang kemudian di haluskan atau di giling terlebih dahulu. Tujuannya agar buah jadi semakin lebut dan mudah di cerna oleh anakan burung kutilang ini.

Selain makan buah buahan, burung ini juga makan serangga seperti belalang, kupu kupu, ulat dan lain sebagainya. maka dari itu, burung ini bersahabat dengan petani karena memakan hama tanaman dari para petani.

Setiap pagi hari, burung kutilang punya kebiasaan mandi embun dan juga berjemur. Burung ini juga punya kebiasaan menaikkan jambulnya pada saat mereka merasa senang atau pada saat mereka akan berkicau.

Jenis Burung Kutilang

Jenis burung Kutilang ini banyak disebut dengan nama burung cucak cucakan atau burung merbah. Kemudian yang termasuk pada jenis burung ini pastinya ada banyak sekali jenisnya.

Burung kutilang ini memiliki jenis yang bermacam macam dengan ciri khas yang berbeda-beda. Nah, berikut ini kan diulas mengenai beberapa jenis burung kutilang yang banyak tersebar di Indonesia ini.

Burung Kutilang Emas

Burung Kutilang Emas
Burung Kutilang Emas

Burung Kutilang Emas adalah burung yang ukuranya sedang dan juga ramping. Panjang tubuh secara menyeluruh adalah sekitar 18 cm.

Sisi bagian atas tubuh burung kutilang emas ini warnanya hijau zaitun. Kemudian sisi bawah kuning terang yang sangat indah.

Dengan bagian kepala serta jambul hitam kelam, lalu warna merah terang ditenggorokan selain ras Kalimantan, yang kuning pada tenggorokannya.

Iris berwarna putih, krem, kuning pucat dan juga kemerahan, paruh serta bagian kaki berwarna hitam.

Karena populasi kutilang emas yang sedikit di Indonesia, maka termasuk hal yang wajar jika kutilang emas tidak begitu populer.

Biasanya, warna dominan pada burung kutilang emas yaitu kuning kehijauan, sedangkan burung kutilang biasa warnanya abu-abu sedikit kecoklatan.

Adapun jika diamati dari segi postur, maka besar fisiknya tidak jauh berbeda.

Pada wilayah tertentu, ada yang menjuluki kutilang emas ini dengan sebutan cucak kuning, kemudian burung ini masih termasuk pada keluarga Pycnonotidae.

Di negara Indonesia, burung kutilang emas penyebarannya sampai di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan juga Bali.

Tak hanya itu, burung ini juga persebarannya luas sampai dengan ke luar negeri, yaitu sampai di Asia Selatan, khususnya paling banyak dijumpai di India.

Ciri Kutilang Emas

Burung kutilang merupakan jenis burung yang suka menetap pada suatu daerah. Khususnya berada pada daerah yang banyak pepohonan.

Burung ini juga akan pindah jika benar-benar terpaksa. Sebab mulai menipisanya stok pepohonan yang tidak rindang. Selain itu juga disebabkan oleh menipisanya stok makanan.

Namun, kutilang tidak termasuk tipe burng yang manja, sehingga makanan kutilang emas mudah sekali didapatkan.

Burung kutilang ini umumnya hidup serta tinggal dengan berkelompok, minimal ada 5 ekor pada suatu tempat.

Umumnya juga dengan bersamaan berkicau dengan merdu, serta banyak yang mengakui jika burung kutilang merupakan burung kicau petarung yang sangat suka berkicau.

Maka, banyak orang yang menggunakan kicauan kutilang emas ini untuk masteran.

Kutilang emas pada bagian kepalanya warnanya hitam, leher bawah sampai dengan perut bagian bawah warnanya kuning.

Kemudian tubuh bagian atas, serta sayapnya warnanya merah sedikit kehijauan. Bagian ekornya sedikit panjang, serta bagian kakinya tampak tebal dan juga kokoh.

Kutilang jantan cukup mudah untuk dikenali. Biasanya burung pejantan paling senang berkicau dengan menggunakan kicauan yang sanagt bervariasi.

Kutilang Sutra

Burung Kutilang Sutra
Burung Kutilang Sutra

Kutilang sutra merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di negeri ini. Walaupun burung ini tak sepopuler burung murai batu dan juga burung lovebird.

Burung ini kadang menjadi bahan pembicaraan untuk sebagian besar dari kicaumania. Sebab beberapa kelebihan yang terdapat pada jenis burung kutilang ini.

Burung kutilang sutra ini merupakan dalam jenis burung kutilang favorit, dan saat ini banyak yang memeliharanya untuk dijadikan burung peliharaan di rumah.

Kutilang sutra sudah tersebar luas sampai dengan ke pulau Sumatra, Kalimantan, dan pulau Jawa.

Pada umumnya, burung ini tinggal pada daerah perbuktian-perbukitan, pegunungan, dataran tinggi yang banyak ditumbuhi pepohonan, hutan, dan yang lain-lain.

Hidupnya dengan cara berkelompok, selalu bersama-sama baik pada saat berada pada suatu daerah atau pindah ke wilayah yang lainnya.

Dan masing masing kelompok pada umumnya memiliki pemimpin, yakni pejantan yang punya suara kicauan yang sangat keras dan lantang dan posturnya paling besar.

Burung Kutilang ini dapat menyerang burung kicau pengganggu yang datang, jadi wajar jika burung ini juga dijuluki burung petarung.

Burung ini tidak hanya bagus saat berkicau, namun juga punya mental yang kuat. Kemudian untuk makanan burung kutilang sutra ini yaitu bermacam jenis buah-buahan dan juga makan serangga-serangga kecil.

Tinggalkan Komentar