Inilah Jenis Burung Kolibri Yang Terdapat Di Indonesia

Indonesia memang dikenal sebagai surganya satwa di dunia kerena hampir sebagian besar bisa ditemukan di negara kita.

Tidak terkecuali jenis burung madu yang bisa kita ketahui sangatlah banyak. Jenis burung banyak sekali, diantaranya burung penghisap madu.

Burung yang satu ini termasuk jenis burung kolibri yang lagi buming dan populer di mata kicau mania di negara ini. Jenis burung kolibri bisa dikatakan burung madu yang terkenal sangat unik sekali.

Dengan ciri fisik yang sangat mungil akan tetapi kualitas suara kicauannya sangatlah mengagumkan. Burung kolibri juga mampu terbang dengan kecepatan 14 meter per detik mangagumkan sekali.

Burung Kolibri
Burung Kolibri

Sehingga tidak heran jika burung kolibri ini menjadi primadona burung kicau setalah burung murai batu di mata kicau mania.

Lalu untuk jenis burung kolibri ninja, sepah raja, manggar / kelapa dengan tidak langsung sudah membantu penyerbukan dalam tumbuh-tumbuhan di alam liar.

Burung kolibri ini banyak ditangkap oleh para pecinta burung kicauan di negara ini untuk dijadikan sebagai burung master.

Ada juga yang sekedar hanya untuk memeliharannya juga, patut di sayangkan burung kolibri saat ini hampir mulai punah.

Persebaran Burung Kolibri

Burung kolibri juga termasuk salah satu burung yang dilindungi. Yang mana jumlah dari burung kolibri ini justru semakin tahun semakin berkurang.

Karna dengan seringnya di burung oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, jika para pecinta burung yang ingin memelihara atau hanya untuk membudidayakan anda harus bersiap siap dengan aparat hukum, karena sudah tertera jelas dalam undang-undang.

Untuk wilayah persebaran burung kolibri ini hampir tersebar luas pada seluruh belahan dunia. Paling banyak bisa ditemui di hutan-hutan Amazon, Amerika Selatan.

Menurut penelitian ada lebih dari 300 jenis burung kolibri yang hidup di benua latin tersebut. Ada beberapa jenis burung kolibri yang dilindungi di negara kita ini.

Kolibri Sepah Raja

Salah satunya adalah Kolibri Sepah Raja. Memang pas dengan nama yang dibawanya. Jenis burung kolibri ini sering terlihat bertengger di habitat aslinya yaitu di pepohonan dadap atau cangkring.

Selain itu ia juga kerap terlihat bertengger di pohon-pohon berbunga. Burung madu yang bernama latin Aethopyga Siparaja mempunyai ciri warna ungu pada bagian dahinya.

Sedangkan, untuk bagian punggung, dada dan leher dengan warna merah yang menyala. Ukuran tubuh burung pemakan nektar dan serangga ini bisa tumbuh sampai 13 cm.

Saat masa reproduksi ia akan membentuk sarang menyerupai kantung yang menggantung di atas gundukan tanah yang berada tepi-tepi hutan dan berbagai semak belukar.

Sedangkan di negara indonesia sendiri untuk wilayah penyebaranya meliputi Sumatra, Jawa, Sulawesi dan Kalimantan.

Kolibri Ninja

Jenis burung kolibri ninja sendiri terdapat dalam 3 jenis, 2 diantaranya ialah Kolibri dada hitam dan King Konin.

Selain mempunyai ciri khas dari perilakuknya pada saat berkicau yaitu Ngobra, Kolibri Ninja atau burung konin ini juga populer dengan warna tubuh indah yang dimilikinya.

Jenis burung kolibri yang memakan madu, nektardan berbagai serangga kecil ini juga memiliki ciri khas pada bagian dadanya.

Dapat Anda lihat, terdapat tiga macam kombinasi warna bulu indah mulai dari biru tua, kuning dan merah menyala.

Saat berada pada habitat aslinya, burung kolibri ninja ini kerap sekali terlihat di hutan-hutan bakau dan terkadang juga tampak di tepi pantai untuk mencari makan.

Untuk penyebaranya yang terdapat di Indonesia sendiri meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.

Kolibri Manggar

Burung dengan nama latin Anthreptes Malacensis ini punya ciri khas warna bulu yang juga begitu gampang untuk dikenali. Pada bagian punggung dan dahi bewarna hijau terang.

Sedangkan sayap kecoklatan dan tubuh bagian bawahnya bewarna kuning menyala. Pada habitatnya yang asli Kolibri Kelapa atau kolibri Manggar ini kerap terlihat pada area hutan-hutan mangrove.

Biasanya di kebun kelapa dan pekarangan terbuka untuk mencari makanan berbagai serangga kecil, nektar bunga sepatu dan juga buah-buahan.

Sewaktu dalam proses reproduksi burung biasanya akan membentuk sarang bergantung berbentuk kantung yang terbuat rerumputan.

Saat menginjak usia dewasa ukuran tubuhnya bisa tumbuh sampai 13 cm. Di wilayah indonesia, burung ini paling banyak dijumpai pada ketinggian 1200 meter dpl, sunda besar serta pulau lain yang ada di sekitarnya.

Kolibri Wulung

Kolibri Wulung ini termasuk jenis dari burung pemakan madu atau nektar yang sangat terlihat eksotis. Karena, burung yang juga dikenal dengan nama kolibri kaca dan muncang ini mempunyai ciri khas.

Yaitu warna oranye di leher hingga dada dan warna kuning pada bagian perut sampai pantat. Tak hanya itu saja, bagian dahi dan punggunya memiliki motif warna hijau tua lihat yang temengkilap.

Burung ini sering sekali terlihat di tepi-tepi hutan cemara serta di perkebunan kelapa guna mencari makan seperti serangga, ulat dan bunga nektar.

Sama dengan sejenisnya, di habitat aslinya burung yang juga kerap disebut kolibri belukar ini juga akan membentuk sarang berbentuk kantung yang bergantung di ranting-ranting semak untuk bisa mengeluarkan 1-2 butir telur.

Wilayah penyebaran paling banyak terdapat di pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatra.

Kolibri Jawa atau Jago

Berukuran kecil (12 cm termasuk ekornya yang panjang), berwana merah terang (jantan). Untuk burung jantan punya warna ungu gelap di bagian mahkota, setrip malar, dan ekor yang panjang.

Dan bedanya dengan burung kolibri sepah raja adalah bagian dahi dahi merah, ekor lebih panjang, dan perut putih. Sedangkan yang betina sangat kecil warna abu-abu-zaitun buram.

Ciri khususnya sapuan merah pada sayap dan ekor. Iris coklat tua, paruh dan kaki coklat.

Kolibri Matari

Berukuran kecil (11 cm). Jantan: dahi, bercak-tenggorokan dan bercak-dada hijau biru mengkilap; dada jingga tua. Burung kolibri yang betina serupa dengan burung madu sriganti yang betina.

Namun, untuk warna kuning di bagian tubuh bagian bawah lebih terlihat kusam. Ras exquisita memiliki berkas bulu pada perut jantan berwarna jingga, sedangkan tubuh bagian bawah betina kuning terang dan bukannya kuning-belerang.

Kolibri Ekor Merah

Burung kolibri ekor merah ini berukuran kecil yang jantan 13 cm sedangkan yang betina ukurannya 10 cm dan berekor tajam. Jantan punya warna merah tua, tunggir kuning, ekor merah padam.

Alis, sisi mahkota, tengkuk, dan penutup ekor bawh ungu metalik, tubuh bagia bawah putih keabu-abuan. Burung yang betina ukurannya sangat kecil, tubuh bagian atas colat zaitun, kaki kepala abu-abu.

Untuk ciri khasnya pada tubuh bagian bawah berwarna zaitun kekuningan. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

Kolibri Kelapa Leher Merah

Berukuran sedang (12 cm. Jantan : memiliki mahkota dan punggung hijau metalik mengkilap, Dagu dan penutup sayap atas merah marun, tenggorokan merah lembut, perut kuning zaitun.

Untuk yang betina punggung dengan warna hijau zaitun, tenggorokan berwarna keputih-putihan. Sedangkan bagian perut kuning pucat, dengan lingkar mata kecil kekuningan.

Tinggalkan Komentar