Inilah 4 Jenis Burung Kicau Petarung dan Ciri-Cirinya

Untuk penghobi jenis burung kicau petarung, pastinya akan merasa senang di dalam memeliharanya. Mulai dari merawatnya yang meliputi memberi pakan, minum, menjemur, memandikan, hingga pada saat pertarungan tiba.

Untuk yang hobby dengan jenis burung kicau petarung, seringkali mereka tidak hanya memelihara satu jenis burung saja. Namun bisa sampai dua, tiga, atau lebih dari jenis burung.

Mereka harus bisa teliti dalam merawatnya. Sebab untuk beberapa jenis burung pastinya apabila perawatannya baik, maka akan menghasilkan kicauan yang merdu.

Kemudian jika perawatan yang tidak tepat akan menjadikan burung lunglai serta suaranya tidak maksimal. Nah, berikut ini jenis burung kicau petarung yang harus anda ketahui.

Murai Batu

Jenis Burung Kicau Petarung
Jenis Burung Kicau Petarung

Burung murai batu ini termasuk burung kicau yang tersebar di pulau Sumatera. Burung murai batu saat ini menjadi primadona di dunia hobi kicau burung.

Sebab murai batu memiliki karakter suara yang merdu, menggema dan menakjubkan. Untuk burung murai batu ini juga sempat memperoleh penghargaan menjadi burung dengan dengan nyanyian yang terbaik.

Bagi setiap pemilik burung murai batu ini pastinya menjadi suatu kebanggaan. Sebab untuk sekarang burung murai batu punya harga yang terus menenteng naik.

Untuk gaya fighter yang ngotot, dengan kicauan atau suara yang merdu dan lantang merupakan modal utama yang dipunyai burung murai batu ini. Selain itu murai batu juga merupakan burung pintar.

Sebab dapat menirukan suara burung lain yang dimasterkan sang pemiliknya. Kepopuleran burung murai batu ini juga merambak luas pada dunia hobi burung, terutama pada penghobi yang tergolong banyak dana.

Akan tetapi saat ini ekosistemnya semakin berkurang bahkan dinyatakan hampir punah. Dan di sumatera daerah asalanya, burung ini teramsuk jenis burung yang dilindungi.

Anis Merah

Burung anis merah yang juga dikenal dengan nama anis cacing ini sebetulnya sudah lama dikenal dan telah lama pula dinikmati kicauannya oleh para penghobi burung kicau. Gaya petarung dari burung anis merah ini sangat unik.

Jenis burung kicau petarung ini bisa mengalahkan suara burung lain dengan suaranya yang has, yaitu gaya teler. Burung anis merah pada tahun ini kembali naik daun dan menjadi primadona di kalangan penghobi burung kicau. Kualitas burung anis merah ini juga berpengaruh besar terhadap harga pasaran untuk jenis burung ini.

Burung Kacer

Burung Kacer
Burung Kacer

Jenis burung kicau petarung ini sering juga dikenal dengan nama kucica kampung. Burung yang agresif ini banyak digemari oleh penghobi burung kicau sebab gaya bertarungnya yang sangat ngotot.

Yaitu dengan buka ekor dan sayap yang sering disebut ngobra. Burung fighter yang satu ini termasuk burung kicau yang mudah beradaptasi dengan manusia, burung kacer menjadi sangat populer terutama pada tahun 2018 ini.

Harganya juga menjadi semakin meningkat sehingga tak menghentikan niat para hobi kicau untuk merawatnya. Dan sekarang ini, keberadaan burung kicau di alam aslinya dapat dikatakan berkurang, entah sebab terlalu banyak perburuan liar atau juga siklus hidup nya memang sudah berkurang.

Burung kacer juga termasuk jenis burung paling mudah dijinakan. Akan tetapi untuk burung burung fighter yang suka dilombakan, sebaiknya tidak dijinakan. Sebab beresiko burung itu mengalami sifat aslinya di alam, yaitu bisa disebut dengan sifat mbagong.

Cucak Ijo

Burung cucak ijo mempunyai warna hijau sesuai dengan sebutannya, dengan bagian paruh berwarna hitam. Warna hijaunya juga terlihat sangat menarik. Jadi burung ini mempunyai dua daya tarik, yaitu dari warnanya dan dari suaranya.

Untuk jenis burung kicau petarung, burung ini dipatok dengan sangat mahal. Dalam hidupnya, burung ini memiliki kebiasaan yaitu berada di pohon-pohon yang tinggi.

Tinggalkan Komentar