Inilah 3 Jenis Burung Ibis dan Perilakunya Di Alam Liar

Burung Ibis termasuk jenis burung yang merupakan family threskiornithidae. Ibis memiliki ciri khas yaitu bentuk paruh yang panjang dan bengkok.

Pada umumnya burung Ibis ini akan mencari makanannya dengan cara berkelompok. Untuk sekelompok jenis burung ibis ini akan mencari makanannya di daerah yang berlumpur.

Makanan seperti crustacea termasuk jenis makanan yang menjadi favorit bagi burung ini. Hampir setiap jenisnya memilih untuk membuat sarang mereka di pohon.

Jenis Burung Ibis

Jenis Burung Ibis
Jenis Burung Ibis

Jenis burung ibis ini juga terbilang sangat banyak yang bisa kita jumpai. Berikut ini jenis burung ibis yang memiliki keunikan masing-masing.

Burung Ibis Merah

Burung ibis merah ini memang memiliki warna yang merah, namun warna merah tidak dimiliki dari burung tersebut ditetaskan dari telurnya.

Warna merah tersebut dihasilkan oleh makanan yang dikonsumsinya, yaitu kepiting merah yang termasuk makanan favoritnya.

Dengan memakan kepiting merah tersebut maka pigmen yang dimiliki jenis burung ibis merah akan berubah warnanya menjadi merah pula.

Apabila mereka kekurangan makanan tersebut, maka warnanya bisa berubah menjadi abu – abu serta putih. Burung ibis merah ini dapat dijumpai di pulau Karibia.

Warna yang merah mencolok membuat burung ini tampak menarik. Selain di Karibia burung ini bisa dijumpai di pedalaman daerah tropis Amerika Selatan.

Burung Ibis Sendok

Burung Ibis Sendok
Burung Ibis Sendok

Seperti namanya, Jenis Burung Ibis sendok ini memiliki bentuk paruh yang mirip dengan sendok yang datar. Burung Ibis Sendok ini akan mencari makanannya dengan cara berjelajah di daerah perairan yang dangkal dan akan memakai paruhnya untuk mencari makanannya.

Dan pada umumnya jenis burung ibis ini akan memilih pepohonan atau semak buluh untuk membuat sarangnya. Sedangkan untuk burung ibis sendok betina biasanya akan menelurkan kurang lebih tiga buah telur yang berbentuk oval setiap kali periode berkembang biak.

Burung-burung ini sering mencari makanan dengan cara menjelajahi perairan dangkal. Dengan kebiasaannya sambil menusuk-nusukkan atau menggerakkan paruhnya yang setengah terbuka ke kanan-kiri pada dalam air atau lumpur.

Apabila ada hewan akuatik kecil seperti serangga, krustasea atau ikan kecil menyentuh bagian dalamnya, maka paruh tersebut akan mengatup dengan cepat.

Ibis sendok biasanya lebih suka memilih perairan tawar daripada air asin. Akan tetapi mereka bisa ditemukan di kedua habitat tersebut. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam sehari hanya untuk mencari makan. Bentuknya memang mirip dengan burung rawa.

Ibis sendok memiliki sifat monogami, walaupun hanya untuk satu musim saja. Kebanyakan jenis ini bersarang di pepohonan atau semak buluh, kadang-kadang bersama-sama dengan ibis dan juga burung kuntul.

Ibis sendok yang jantan akan mengumpulkan material untuk sarang. Biasanya bahan sarang berupa ranting kecil atau rerumputan, kadang-kadang diambil dari sarang bekas.

Sedangkan untuk ibis sendok yang betina menganyamnya menjadi berbentuk mangkuk yang dangkal dan lebar, yang bervariasi bentuk serta kekukuhannya menurut jenis burung pembuatnya.

Burung Ibis Rokoroko

Burung Ibis Rokoroko ini bisa dijumpai di daerah pulau jawa . Jenis burung Ibis ini memilih hidup dalam suatu kelompok yang kecil.

Lalu ibis rokoroko juga akan memilih rawa-rawa, pinggiran danau, sawah, sampai dengan padang rumput untuk tempat hunian mereka. Seperti jenis burung ibis yang lainnya,

Jenis Burung Ibis Rokoroko pada saat mencari makanannya juga memakai paruhnya di tempat perairan. Jenis burung ini, yang berjenis kelamin betinanya akan mampu menghasilkan telur sebanyak kurang lebih 2 – 4 telur dalam sekali periode berkembang biak.

Komentar Facebook

Komentar Blog