5 Jenis Burung Ekor Pita Beserta Karakteristiknya Lengkap

Di dunia ini ada ribuan jenis burung, mulai dari burung kecil seperti burung madu, burung berekor panjang, paruh bengkok dan burung ukuran besar seperti burung unta di Afrika dan burung gajah yang hidup di zaman prasejarah.

Burung termasuk satu-satunya hewan dengan tulang belakang yang mempunyai bulu. Ada diantaranya yang memiliki bulu ekor yang panjang yang menjadikan terlihat sangat indah. Bahkan ada juga burung yang memiliki ekor cantik. Di bawah ini jenis burung ekor pita yang ada di dunia ini.

Burung Magpie Paruh Kuning (Urocissa flavirostris)

Jenis Burung Ekor Pita
Jenis Burung Ekor Pita

Jenis burung ekor pita ini punya paruh kuning serta kepala hitam dengan bagian belakang leher dengan warna putih. Ekornya juga tampak sangat panjang dengan ujung berwarna putih.

Habitatnya berada di pepohonan hutan serta di semak belukar. Burung jantan serta burung betina penampilannya sama, pada waktu mereka muda warnanya tampak kusam.

Musim kawinya saat bulan April sampai dengan Juli. Dan saat itu mereka akan merangkai sarang yang terbuat dari cabang atau ranting pohon, 5 shingga 6 meter di atas tanah.

Mereka akan bertelur 3-5 butir telur. Makanan burung magpie paruh kuning yaitu hewan-hewan kecil serta buah-buahan misalnya saja berry.

Burung Magpie Taiwan (Urocissa caerulea)

Burung endemik Taiwan ini hidup pada kawasan pegunungan di ketinggian 300 hingga 1200 meter. Warna jantan ataupun betina tampak sama.

Bagian kepala, leher serta bagian dada warnanya hitam. Untuk bagian mata berwarna kuning. Kemudian untuk paruh serta kaki berwarna merah, dan punya tanda putih pada sayap serta ekor.

Burung magpie tak takut jika ada manusia, jejak mereka bisa dijumpai dekat dengan pemukiman yang ada. Jenis burung ini punya suara khusus “kakk-kakk” seperti burung gagak.

Burung magpie Taiwan hidup monogami serta hidup berkelompok. Terdiri atas enam atau lebih, terbang hilir mudik pada pepohonan.

Termasuk burung omnivora sebab memakan ular, tikus, serangga kecil, tanaman, buah-buahan, serta makan biji-bijian. Mereka sering menyimpan sisa makanan di darat lalu menutupinya dengan daun untuk dimakan lagi nantinya.

Burung Ekor Berpita Paruh Merah (Trochilus polytmus)

Burung Ekor Berpita Paruh Merah (Trochilus polytmus)
Burung Ekor Berpita Paruh Merah (Trochilus polytmus)

Jenis burung ekor pita ini dikenal dengan nama burung dokter, burung dewa, serta burung kolibri ekor gunting. Burung ekor berpita ini termasuk spesies endemik Jamaika.

Sarang burung ini dibuat dari material tanaman serta terkadang terkamuflase dengan lumut. Masa kawinnya yaitu dimulai dari Oktober sampai dengan Maret.

Burung yang betina pada umumnya mengeluarkan dua butir telur seukuran kacang dengan warna putih dengan inkubasi 2-3 minggu.

Mereka merupakan burung penghisap nektar juga makan laba-laba serta serangga kecil. Sedangkan yang jantan memiliki ekor berpita, kemudian yang betinanya tidak.

Burung Confuciusornis (Confuciusornis sactus)

Jenis burung ini fosilnya sudah ditemukan mencapai ribuan pada berbagai tempat di situs penggalian fosil China. Beberapa ilmuwan menilai jika burung prasejarah ini usianya 157 juta tahun atau 161 juta tahun.

Burung jantan punya ekor berpita yang panjang lalu yang betina tidak punya. Burung terbang seukuran burung merpati ini punya cakar pada bagian sayapnya, seperti burung hoatzin.

Burung yang hidup dengan berkelompok ini merupakan burung pemakan ikan serta serangga. Dilihat dari penelitian, burung Confuciusornis kira kira memiliki warna yang cukup beragam.

Burung Penangkap Terbang Ekor Gunting (Tyrannus forficatus)

Mereka punya sayap gelap serta ekor hitam yang begitu panjang. Burung yang belum dewasa cirinya memiliki warna kusam kusam se eta kor lebih pendek.

Burung jenis ini hidup di pepohonan dengan semak terbuka. Mereka membangun sarang pada pohon atau semak belukar. Dan terkadang juga diatas tiang telepon.

Mereka begitu agresif untuk menjaga sarang mereka. Mereka akan bermigrasi pada daerah Meksiko selatan dan Amerika Tengah. Jenis ini termasuk burung ekor panjang pemakan serangga yang memiliki kerabat dengan kingbirds. Mereka juga makan beberapa jenis buah.

Tinggalkan Komentar