10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020

Burung kicau memang tidak pernah habis penggemarnya. Kian hari terus bertambah, baik jumlah pehobi maupun jenis burung yang dikoleksi. Hal ini merupakan peluang besar bagi bisnis budidaya dan penangkaran burung kicau. beberapa jenis burung yang cocok untuk bisnis maupun lomba, pastinya anda dapat memilih jenis burung yang tepat untuk dipelihara. Apalagi Indonesia memiliki puluhan jenis burung kicau yang tidak hanya bersuara merdu tapi juga berbulu indah.

Dari puluhan jenis tersebut, hampir semuanya adalah burung paling cocok untuk bisnis dan lomba. Namun, tentu Anda tidak mungkin menangkarkan semua jenis burung kicau. Jika ingin berbisnis di ceruk ini, Anda bisa memilih akan menangkarkan burung yang seperti apa. Hal ini penting agar bisnis Anda lebih terarah, dan akan memudahkan dalam membidik pangsa pasar nantinya.

Untuk menjadi pebisnis budidaya burung kicau, sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang terpenting adalah konsistensi dan keuletan. Apalagi jika Anda juga adalah penggemar burung kicau dan hobi mengoleksinya. Bukankah pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar?

Nah, untuk lebih memudahkan Anda memilih jenis burung yang akan dibisniskan, berikut adalah 10 jenis burung paling cocok untuk bisnis dan lomba di tahun 2020.

Keunggulan Bisnis Ternak Burung

Berbisnis ternak burung memiliki keunggulan dibandingkan jenis bisnis peternakan hewan lainnya. Di antaranya minimnya jumlah peternak burung kicau, sementara jumlah penggemarnya sangat banyak. Juga burung cepat berkembang biak, dengan waktu tetas telur yang juga singkat. Sehingga jika dilakukan dengan cermat dan telaten, maka burung ternakan Anda akan meningkat jumlahnya dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Bisnis ternak burung juga merupakan usaha yang cocok dijadikan sampingan. Sambil menekuni hobi dan pekerjaan utama, sambil membudidayakan burung dan mendapat pemasukan yang jumlahnya bisa dikatakan sangat lumayan. Burung kicau yang telah jinak dan gacor, harganya bisa melambung tinggi hingga jutaan rupiah. Apalagi jika burung tersebut telah memenangkan lomba, bisa dipastikan harganya semakin meroket.

Karakteristik Burung Cocok Untuk Lomba

Tidak semua jenis burung cocok ditangkarkan sebagai burung untuk lomba. Beberapa jenis lebih cocok dijadikan burung koleksi. Burung yang cocok dijadikan burung lomba biasanya memiliki beberapa karakteristik atau sifat khas.

Baca Juga : 8 Macam Burung Termedu Untuk Dipelihara

Misalnya jenis burung yang berani, lincah, dan suka bertarung suara dengan burung lain. Ciri lainnya adalah bisa menirukan suara atau kicauan burung lain, sehingga jenis kicaunya menjadi semakin banyak. Banyaknya variasi kicauan ini akan sangat menguntungkan saat mengikuti perlombaan.

Memilih Jenis Burung Kicau

Dari sekian banyak jenis burung kicau di Indonesia, paling tidak ada sepuluh jenis burung paling cocok untuk bisnis dan lomba. Burung-burung kicau tersebut adalah yang  memiliki suara kicauan paling merdu, gacor dan cerewet. Beberapa di antaranya sangat mudah ditangkarkan dan cepat jinak.

Daya habitnya juga tinggi, sehingga sesuai dijadikan burung paling cocok untuk bisnis dan lomba. Anda juga dapat memilih burung kicau yang banyak dicari dan berharga tinggi, seperti lovebird, murai batu dan jalak. Sehingga penghasilan dari usaha Anda juga semakin besar. Berikut ulasannya.

  • Burung Kenari
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 1

Burung ini aslinya berasal dari Kepulauan Canary. Selain suaranya yang merdu dan indah, Kenari juga relatif mudah ditangkarkan. Makanan burung ini beragam, mulai dari biji-bijian hingga buah-buahan segar. Bisa juga dipadukan dengan fur agar gizinya lebih terpenuhi, dan jangkrik sebagai makanan selingan.

  • Burung Cucak Ijo
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 2

Burung cucak ijo merupakan varian lain dari burung cucak rowo yang terkenal itu. Sesuai namanya, bulunya didominasi oleh warna hijau. Burung mungil yang cantik ini memiliki paruh panjang berwarna gelap cenderung hitam, dan suaranya sangat merdu. Selain dilombakan, cucak ijo juga sering dijadikan masteran bagi siulan burung pesiul lainnya.

  • Burung Murai Batu
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 3

Murai Batu adalah Salah satu burung dengan kicauan paling merdu dan gacor. Uniknya, burung ini juga pintar menirukan kicauan burung lain, sehingga jenis kicauannya pun jadi makin beragam. Murai Batu juga merupakan burung yang paling banyak dipelihara dan dijadikan burung lomba.

  • Lovebird
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 4

Lovebird memiliki tubuh kecil dengan bulu aneka warna yang terang mentereng dan cantik. Burung yang aslinya berasal dari Afrika dan Madagascar ini sangat populer di kalangan pecinta burung hias dan burung kicau.

Lovebird yang memiliki suara melengking tinggi dan unik biasa disebut ‘ngekek’ oleh para pecinta burung kicau. Untuk perawatannya sendiriu, pastikan untuk konsumsi vitamin lovebird yang berguna meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Sangkar Burung Yang Membuat Lebih Nyaman

Pembawaannya yang lincah menjadikan jenis burung cocok untuk bisnis ini memiliki banyak penggemar dan harganya cukup mahal, dari kisaran ratusan ribu hingga puluhan juta. Ada puluhan jenis lovebird di Indonesia, dan keseluruhannya memiliki suara dan bulu yang indah.

  • Burung Pleci
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 5

Burung pleci, tubuhnya kecil dengan mata berpinggiran putih yang menyorot tajam. Sekilas burung ini terlihat seperti memakai sedang kaca mata. Kicauannya nyaring dan khas, bulunya juga indah. Postur tubuhnya yang kecil membuat pleci terlihat  menggemaskan.

  • Burung Kacer
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 6

Burung kacer sekilas terlihat biasa saja, dengan bulu dominan hitam dan putih. Namun jika sudah menyanyi, barulah terlihat keunggulannya. Suaranya keras, tinggi dan indah. Burung ini sangat menyukai jangkrik dan pakan pabrik. Burung yang dikenal juga dengan naman Kucica Kampung ini cukup populer di kalangan pecinta burung kicau.

  • Burung Ciblek
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 7

Nama lain burung ciblek adalah burung prenjak. Ciblek banyak ditemukan di Pulau  Sumatera, Bali, dan Jawa. Suara siulannya unik sekali, karena itu burung ini juga sering dijadikan burung lomba. Ciblek atau prenjak juga sangat mudah jinak dan mudah ditangkarkan.

  • Burung Jalak
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 8

Jalak merupakan salah satu burung kicau dan jenis burung cocok untuk bisnis dengan varian jenis yang sangat banyak. Kita tentu mengenal beberapa yang populer di antaranya, seperti Jalak Sureng, Jalak Nias, Jalak Hitam, dan Jalak Bali. Burung dengan warna dominan hitam putih ini berperawakan sedang hingga besar, dan termasuk burung dengan harga yang mahal. Seekor jalak bisa dihargai hingga dua juta rupiah per ekor, apalagi jika sudah pintar bersiul dan gacor.

  • Burung Kolibri
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 9

Kolibri adalah burung mungil pemakan nektar yang memiliki suara indah. Burung ini juga satu-satunya jenis burung yang dapat terbang mundur. Selain bersuara merdu, kolibri juga memiliki warna bulu yang menawan. Warna-warna mencolok seperti merah, oranye, kuning, hijau cerah dan biru membuat kolibri sangat cantik. Selain sebagai burung kicau, kolibri juga cocok dijadikan burung hias.

  • Burung Cendet
10 Jenis Burung Paling Cocok Untuk Bisnis dan Lomba 2020 10

Burung cendet atau yang dikenal juga dengan nama burung pendet, berasal dari Jawa Timur. Tepatnya Madura. Warnanya didominasi warna monokrom, yaitu hitam, abu-abu dan putih. Cendet dikenal sebagai burung yang cerdas, karena mampu meniru suara burung kicau lainnya. Karenanya jenis kicauannya pun semakin variatif dan sangat indah saat dilombakan. Karena itu, untuk tujuan lomba, cendet biasa dimaster dengan suara burung lain seperti pelatuk, lovebird, atau cicilan.