Jenis Burung Cendet Paling Populer dan Banyak Dipelihara

Burung Cendet merupakan jenis burung tipe petarung yang pandai dalam menirukan suara jenis burung lainnya. Jenis burung yang memiliki nama lain Pentet ini masih termasuk pada keluarga besar burung Laniidae.

Tak hanya disebut dengan nama burung Pentet, akan tetapi ternyata nama lain burung Cendet juga cukup bervariasi.

Ada juga beberapa orang yang memanggil burung Cendet dengan julukan burung Betet dan burung Toet seperti bunyi yang dihasilkan.

Jenis burung cendet ini ada bermacam macam. Walaupun jumlahnya cukup banyak, Anda tak perlu dalam penyebutan nama burung itu.

Karena, di negara lain sebutan dari burung Cendet ini juga berbeda-beda. Akan tetapi, dari masing masing jenis burung cendet ini memiliki keistimewaan dan ciri khas.

Burung cendet ini tersebar luas hampir pada seluruh kawasan Asia Tenggara. Di negara Indonesia pun persebaran terbesar dari burung cendet ini. Diantaranya adalah di pulau Jawa, pulau Sumatera, pulau Kalimantan, Maluku, Bali dan juga pulau tersebar Sulawesi.

Burung pemangsa jenis yang satu ini memang banyak jenisnya, yang membedakan mulai dari ukuran, pola warna kemudian juga daerah asal mulanya.

Dan biasanya, jenis cendet yang paling populer adalah burung cendet cokelat, cendet loreng dan cendet Jawa.

Jenis Burung Cendet

Jenis Burung Cendet
Jenis Burung Cendet

Nah, dari semua jenis burung Cendet yang terdapat di Indonesia ini, masyarakat pecinta burung kicauan meyakini bahwa burung Cendet terbaik yaitu burung Cendet kepala blangkon.

Burung yang juga dijuluki dengan burung Cendet Gondrong dan Cendet Ngupluk ini begitu identik dengan Pulau Madura.

Akan tetapi saat ini sudah banyak penghobi burung yang membudidayakan burung Cendet Kepala Blangkon. Khususnya yang ada di luar wilayah Madura.

Sehingga, wajar jika saat ini burung Cendet Kepala Blangkon sudah banyak tersebar hampir di semua kota. Yaitu di Pulau Jawa, termasuk Bondowoso, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Blora, Pati, dan lain-lain sebagainya.

Berikut ini akan diulas mengenai jenis burung cendet di Indonesia yang paling banyak digemari para pecinta burung kicauan.

Cendet Kepala Blangkon

Burung Cendet Kepala Blangkon dinilai sangatlah menarik, sebab mempunyai kepala warna hitam yang mirip dengan blangkon.

Dengan terdapat blangkon yang ada di kepalanya, burung Cendet ini menjadi seakin tampil garang dan juga tampak seram.

Selain itu, sebagian dari pecinta burung kicauan juga menyebut bahwa burung Cendet Kepala Blangkon memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan pastinya tidak mudah terserang penyakit.

Ciri-ciri dari burung Cendet Kepala Blangkon bisa diketahui dari bagian kepalanya yang dipenuhi dengan warna hitam yang gelap.

Akan tetapi, jika burung ini masih anakan, tidak terlihat demikian. Burung Cendet Kepala Blangkon yang masih piyik atau anakan pada umumnya memiliki warna alis yang tebal dan juga hitam pekat, menyambung pada bagian depan mata.

Jadi, banyak orang yang menyebutnya seperti pahlawan yang ada dalam film Zorro.

Terlebih lagi apabila burung cendet kepala hitam full ini dipelihara oleh orang yang memiliki kemampuan dan bakat dalam memelihara dan merawat burung cendet jenis ini.

Pastinya burung cendet kepala hitam full dapat menjadi burung cendet jawara yang mempunyai mental yang kuat dan baik.

Kelebihan ri dburung cendet blangkon ini secara fisik yaitu terlihat lebih gagah serta tampak garang. Dengan warna bulu yang cukup terlihat kontras antara warna hitam, putih, dan juga sedikit cokelat.

Tak hanya itu saja, bodynya yang ramping dan juga proporsional dengan ekor yang tampak panjang. Sehingga terlihat lebih indah serta menyenangkan setiap orang yang memandangnya.

Burung Cendet Macan

Burung Cendet Macan
Burung Cendet Macan

Walaupun asal mulanya dari genus yang sama, cendet macan punya motif bulu yang tampak berbeda dari jenis burung cendet yang lainnya.

Motif bulunya belang-belang mirip seperti macan, namun terlihat sedikit samar. Jadi burung ini dijuluki sebagai tiger shrike.

Untuk daerah persebarannya mulai dari kawasan Siberia yaitu wilayah timurlaut Russia sampai dengan wilayah timur dan tengah China, Korea, dan bahkan di Jepang.

Burung burung ini kerap terlihat di hutan-hutan dengan pepohonan yang rindang, pinggiran hutan, serta areal pertanian yang ada di dataran rendah.

Pada saat musim dingin, sebagian besar burung sepertinya tidak mampu bertahan dengan kondisi cuacanya, sehingga burung itu akan bermigrasi.

Migrasi tidak dilakukan pada saat tiba musim dingin, akan tetapi menjelang datang musim dingin. Kurang lebih sekitar Agustus sampai September.

Burung itu sudah mengetahui sebaiknya kapan mereka akan bermigrasi.

Dan sebagian burung dari kawasan Siberia serta kawasan Asia Timur melakukan migrasi pada saat bulan Oktober sampai dengan November.

Burung Cendet macan akan bermigrasi dengan mengikuti arah tiupan angin yang pada umumnya ke selatan.

Bertepat di Asia Tenggara, mulai dari Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan juga Indonesia.

Ciri Fisik Burung Cendet Macan

Membedakan antara jenis kelamin cendet macan ini dapat diamati dari warna bulu yang ada di tubuhnya.

Burung jantan dewasa pada bagian dada hingga perut dan daerah kloaka yang dengan warna putih. Sedangkan bagian kepala abu-abu dengan topeng hitam.

Lalu untuk burung betina serta burung muda punya penampilan hampir sama. Yakni warna bulu kusam serta cokelat tua, dengan sedikit abu-abu dan juga hitam pada bagian kepalanya.

Seperti yang telah diketahui, burung pentet atau cendet merupakan jenis burung pengicau. Namun, pada saat berburu mangsa, mereka punya perilaku seperti raptor kecil.

Walaupun posturnya mungil, cendet dikenal punya perilaku sangat agresif, termasuk pada mangsanya.

Dalam memperlihatkan kemampuannya dalam menjaga wilayah teritorialnya, burung cendet di alam bebas sering menancapkan mangsanya di duri-duri pada batang pohon ataupun tanaman.

Burung Cendet Kembang

Burung Cendet Kembang
Burung Cendet Kembang

Pentet kembang sering dijuluki dengan nama Cica Matahari. Karena, bentuk fisik kedua jenis burung itu hampir sama.

Tidak hanya diamati dari segi penampilan saja, keindahan cendet kembang juga tampak dari kualitas suara yang dihasilkannya.

Untuk memperoleh suara pentet kembang yang khas serta unik, para pecinta burung harus melakukan perawatan dengan rutin dan tlaten. Dalam perawatan cendel kembang tersebut juga bisa dibilang mudah.

Jenis burung pentet kembang punya sayap dengan warna coklat tua. Pada bagian punggung ce kemndet bang ada motif dengan sedikit garis yang menjadikannya semakin unik.

Lalu jenis burung cendet kembang punya iris mata dengan warna merah menyala.

Di Indonesia, burung cendet kembang merupakan salah satu jenis hewan langka endemik yang jarang dijumpai. Bahkan jenis burung ini sudah terancam punah keberadaannya.

Burung cendet kembang hidup dengan cara berpasang-pasangan. Dan terkadang juga sendirian serta punya habitat di hutan lebat.

Dan makanan burung ini banyak yang mengatakan jika makanan utama pentet kembang yaitu buah pisang. Dengan bulunya yang indah, burung ini banyak disukai kalangan kicau mania.

Tinggalkan Komentar