2 Jenis Burung Betet Beserta Karakteristiknya Lengkap

Betet merupakan jenis burung yang memiliki bentuk lidah serta cara makan yang serupa dengan kakatua.

Namun bentuk dan struktur lidah betet tidak sekuat serta sekokoh lidah kakatua, namun jika dibanding nuri masih lebih kuat.

Burung betet tidak punya pita suara dan sebenarnya tidak bisa berbicara atau memahami apa maksud dari kata-kata.

Namun, dengan belajar mengendalikan otot-otot pada tenggorokan untuk mengubah tingkat aliran udara, mereka sesungguhnya hanya mengulang bunyi serta suara-suara yang mereka dengar.

Beberapa spesies termasuk tukang bicara yang lebih baik jika dibandingkan yang lainnya. Untuk burung betet abu-abu dari Afrika yang dinilai sebagai burung betet yang terbaik.

Persebaran Burung Betet

Kemudian yang membedakan kelompok betet dengan burung kakatua yaitu tidak terdapatnya bulu jambul yang bisa ditegakkan pada bagian kepalanya.

Jenis burung betet bisa dijumpai di Afrika, Asia, Amerika Selatan, Australia, serta pada sekitar kawasan Kepulauan Pasifik.

Burung betet pada mulanya tidak termasuk burung terkenal yang tersebar dengan cepat di penjuru dunia. Pada mulanya burung ini justru dijumpai pada kaki Gunung Himalaya Tiongkok Selatan.

Mereka akan menyebar pada tempat-tempat yang sesuai dengan wilayah geografis habitat mereka tinggal. Oleh karena itu di Indonesia burung ini lumayan mudah ditemui sebab tersebar pada banyak wilayah.

Burung bêtet punya bulu yang halus dengan ciri kas utama antara lain paruh bengkok.

Jenis Burung Betet

Jenis Burung Betet
Jenis Burung Betet

Burung betet dibedakan menjadi dua famili yaitu Psittacidae ( Betet sejati) serta Cacatiuidae ( kakatua).

Betet diketahui menjadi burung yang begitu cerdas dan mempunyai kesadaran diri. Seperti halnay dapat mengenali diri dalam cermin.

Dan itu termasuk sifat karakteristik dari hewan yang cerdas. Kekuatan otak dari burung betet jauh lebih berkualitas jika dibandingkan dengan burung lainnya seperti merpati serta ayam.

Jadi mampu membantu mereka untuk menirukan suara yang telah mereka dengar. Ada beberapa jenis burung betet di yang tersebar di alam ini.

Burung Betet Paruh Bengkok

Jenis burung betet paruh bengkok termasuk jenis burung yang telah dilindungi, karena populasinya mulai berkurang dari tahun ke tahunnya.

Populasinya yang semakin menurun ini disebabkan oleh habitatnya yang semakin berkurang bahkan hilang.

Dan juga banyaknya perburuan liar bahkan burung betet yang sebaiknya dilindungi sebagai burung yang diperjual belikan tanpa adanya izin.

Jenis burung betet paruh bengkok juga mempunyai beberapa jenis spesies. Antara lain yaitu, burung Nuri Bayan atau Eclectus roratus, Serindit Sulawesi atau Loriculus stigmata, kemudian Derindit Sangihe atau Psittirichas fulgidus.

Selain itu ada juga serindit paruh merah atau L. exili, dan juga burung Betet berkepala punggung biru atau Tanygnatus Sumateranus. Semua jenisnya memiliki keistimewaan dan ciri khas yang berbeda beda.

Burung Betet Ekor Panjang

Burung Betet Ekor Panjang
Burung Betet Ekor Panjang

Burung betet ekor panjang ini disebut juga dengan betet pipi merah. yang memiliki nama latin Psittacula longicauda.

Dan burung ini termasuk salah satu dari 85 jenis burung paruh bengkok. Betet ekor panjang juga mempunyai ukuran 40 cm, mempunyai warna dada hijau, serta bagian ekor panjang bertahap.

Pada burung jantan punya mahkota berwarna hijau, sisi-sisi kepala merah serta terdapat garis hitam tebal mirip kumis. Untuk bagian ekor berujung kuning dan mempunyai sayap yang berwarna kebiruan.

Sedangkan pada burung yang berjenis kelamin betina punya bulu tubuh yang berwarna lebih buram, dan bagian kumis kehijauan.

Pada waktu burung betina ini terbang akan tampak sayap bawah yang berwarna kuning.

Dan pada tubuh bagian bawah berwarna hijau, serta pada sisi-sisi kepala berwarna merah, kaki berwarna abu-abu, dan untuk bagian paruh identik dengan warna merah.

Tinggalkan Komentar