Home » Kabar Burung » Inilah Cara Pemasteran Burung Kicauan Yang Wajib Anda Coba

Inilah Cara Pemasteran Burung Kicauan Yang Wajib Anda Coba

Dalam memelihara burung kicauaan, hal yang diinginkan pastinya burung kicauan yang anda pelihara bisa memiliki kicauan yang merdu, berkualitas dan juga bervariasi.

Pemasteran ini memang menjadi seni tersendiri untuk para pecinta burung kicauan. Entah itu untuk yang senang berlomba atau untuk penggemar burung rumahan. Pemasteran memang sebaiknya dilakukan, sebab sebagian besar burung kicauan tersebut bisa meniru suara burung lain yang sering didengarnya.

Cara Pemasteran Burung Kicauan

caraputu.com

Sebagian besar dari jenis burung kicauan memang mempunyai kemampuan dalam meniru suara atau mimikri. Jadi Untuk para pecinta burung kicauan yang ingin memiliki burung peliharaan dengan suara merdu dan bervariasi, anda harus mencoba cara pemasteran burung kicauan berikut ini.

Cara Pemasteran Burung Kicauan Dengan Burung Asli

Pemasteran secara langsung dengan menggunakan burung masteran masih paling popular di kalangan kicaumania. Akan tetapi, untuk langkah ini memerlukan dana tidak sedikit. Hal ini disebabkan burung masteran sebaiknya berada pada kondisi gacor alias rajin bunyi.

Berbagai macam jenis burung yang sering dijadikan sebagai masteran diantaranya yaitu Lovebird, Cucak jenggot, Kapas tembak, Ciblek gunung, dan juga burung Cililin. Burung-burung itu juga mempunyai suara kicauan seperti halnya tembakan yang rapat dengan irama yang cepat.

Pemasteran dengan langsung memakai burung asli / burung masteran dapat dinilai lebih efektif apabila dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

Anda bisa menempatkan jenis burung kicauan yang akan dimaster pada suatu ruangan yang berisi satu atau beberapa jenis burung masteran. Burung yang akan dimaster sebaiknya dikerodong, kemudian digantang tak jauh dari burung masterannya.

Sesudah dikerodong, burung yang nantinya akan dimaster tersebut tidak melihat langsung jenis burung masterannya. Hal ini memang dinilai sangat membantu untuk mempersingkat waktu pemasteran.

Lebih baik pemasteran ini dilakukan dengan 1-2 jenis burung masteran yang berbeda, dan ini dapat anda lakukan dengan cara rutin selama waktu 1 bulan.
Sesudah suara masterannya masuk, anda dapat memakai burung master yang lainnya.

Cara Pemasteran Burung Kicauan Menggunakan Suara Mp3


news.detik.com

Pemasteran dengan memakai suara mp3 sekarang ini menjadi semakin digemari, sebab dinilai lebih murah.

Akan tetapi pemasteran menggunakan suara mp3 ini juga memerlukan beberapa persyaratan supaya hasilnya efektif.

Sebaiknya suara mp3 ini juga harus berkualitas yaitu bersih dari noise atau suara lain yang mengganggu.

Anda juga bisa mengatur volume perangkat yang digunakan pada pemasteran, supaya suara tidak pecah atau kencang, yang justru bisa menjadikan burung menjadi merasa tidak nyaman.

Jarak darinperangkat pemutar audio dan burung yang dimaster tidak terlalu jauh. Untuk posisi yang paling baik yaitu dengan cara meletakkan perangkat audio yaitu tepat di bawah sangkar burung.

Supaya cara pemasteran burung kicauan ini hasilnya maksimal sebaiknya anda tidak menggabungkan lebih dari 3 suara burung dalam satu sesi pemasteran. Anda juga bisa memberikan jeda waktu selama 3 sampai dengan 5 menit dari masing-masing suara masterannya.

Proses pemasteran ini bisa dilakukan setiap hari, yakni pada saat siang dan sore hari, sekitar 90 menit. Pemasteran ini juga bisa dilakukan selama 1-2 bulan, supaya semua suara masteran dapat dikuasai sepenuhnya oleh burung.

Tak hanya memakai cara tersebut, pemasteran juga bisa dilakukan dengan memakai perangkat elektronik yang bisa mengeluarkan suara kicauan yang terdengar lebih jelas serta terdengar lebih jernih.

Di pasaran juga ada beberapa jenis perangkat elektronik terutama untuk pemasteran, diantaranya yaitu sonic master. Perangkat ini multifungsi, sebab juga bisa digunakan untuk mendengarkan radio atau lagu-lagu favorit dari flash disk

Tinggalkan Komentar