Ingin Burung Beo yang Pandai Berbicara? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Jika ditelusuri cukup banyak orang, khususnya para kaum adam, yang gemar memelihara burung. Alasannya beragam, mulai dari karakter burung yang ramah dengan manusia, bentuknya yang unik, suaranya yang khas, dan masih banyak lagi. Salah satu burung yang cukup mencuri perhatian dan dicintai banyak orang ialah Burung Beo.

Burung Beo
Burung Beo

Burung pintar yang bisa menirukan suara manusia dan memiliki keunikannya tersendiri. Tanpa latihan khusus, sebenarnya Beo bisa mencontoh suara manusia.  Namun, pemilik tetap perlu memberikan latihan, bila ingin Beo peliharaan tumbuh dengan baik dan pintar berbicara.

Melatih Burung Beo tentu membutuhkan waktu, kesabaran, dan keuletan pemiliknya. Anda perlu tahu panduan tepat memelihara dan melatih Burung Beo ini. Contohnya dari umur Burung Beo. Menurut sebagian besar pecinta burung yang berpengalaman memelihara Beo, burung ini jauh lebih mudah dilatih, ketika usianya masih muda.

Untuk itu, jika Anda berminat atau tertarik memelihara Burung Beo, sebaiknya paham dulu apa saja yang perlu diperhatikan. Misalnya seperti 5 hal penting yang harus diperhatikan berikut ini, bila ingin Beo peliharaan pandai berbicara. Di antaranya :

01. Pilihlah Burung Beo yang usianya masih muda. Kenapa?

Seperti yang sudah disebutkan di atas. Burung Beo akan mudah dilatih, ketika usianya masih muda. Bentangan usianya sekitar umur 4 sampai 6 bulan.

Anda bisa mencoba mengawali latihan Beo peliharaan dengan kata-kata yang mudah atau bahasa sehari-hari. Contohnya seperti “Halo”, “Hai”, “Selamat Pagi”, “Assalamu’alaikum”, dan seterusnya.

Satu hal yang perlu diingat, tiap-tiap Burung Beo memiliki keunikan dan kemampuan yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya tidak terlalu membandingkan dan butuh kesabaran ekstra untuk melatih Beo Peliharaan setiap hari.

02. Melatih Burung Beo untuk bisa berbicara dengan lancar itu butuh teknik-teknik khusus.

Satu di antaranya seperti, Anda harus sering-sering memegang Burung Beo di depan wajah Anda.

Tujuannya, agar Beo melihat langsung bagaimana mimik wajah dan mulut Anda dengan jelas. Cara ini akan mempermudah Anda mengajari Beo untuk bisa berbicara menirukan suara manusia.

03. Setiap memberikan satu pelajaran pada Beo, ulangi terus hingga Beo lancar berbicara apa yang Anda ajarkan.

Berikan pelatihan secara bertahap dengan satu kata dahulu. Jika sudah lancar mengucap satu kata beberapa kali, Anda bisa mencoba melatih dengan dua kata, dan seterusnya.

04. Latih Beo anda untuk berbicara sekitar 10 sampai 15 menit tiap harinya.

Jangan berlebihan karena Beo juga makhluk yang memiliki rasa bosan, bila disuruh berulang-ulang. Anda bisa membiasakan latihan rutin di setiap pagi atau sore hari.

05. Satu hal yang tidak kalah penting dalam memelihara dan melatih Burung Beo ialah Reward.

Berikan penghargaan pada Beo setiap ia mampu menyelesaikan satu kata yang Anda ajarkan. Burung juga butuh apresiasi, ketika ia berhasl melakukan suatu hal.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan sebelum memutuskan memelihara Burung Beo di rumah. Berikan latihan rutin dengan penuh kesabaran. Selain itu, sebaiknya jangan biarkan Beo Anda mendengar kata-kata yang kurang baik untuk didengar, karena ia bisa saja menirukannaya.

Sebagai pemilik Anda perlu paham bahwa manusia juga harus memperlakukan binatang sebagaimana mestinya. Berikan kasih sayang dan perhatian pada Beo peliharaan sesuai porsinya. Semoga Burung Beo peliharaan Anda bisa menambah warna baru dan nuansa keceriaan di rumah, sehingga memberikan hiburan tersendiri bagi Anda dan keluarga.

Tinggalkan Komentar