Mengetahui Habitat Burung Decu dan Perkembangbiakannya

Salah satu jenis burung kicauan yang sering dipelihara oleh para pecinta burung kicau yaitu burung decu. Burung Decu termasuk salah satu jenis dari burung kicau yang ada di Indonesia yang memiliki suara yang cukup merdu.

Dalam bentuk tubuh yang unik dan juga merupakan kedalam jenis burung kicau yang cerdas. Jadi, burung decu ini bisa untuk menirukan suara dari burung kicauan yang lainnya.

Burung decu maupun Pied Buschat ini memiliki nama latin Saxicola Caprata. Burung decu ini juga memiliki ciri khas yang sangat mirip dengan burung kacer.

Ciri Burung Decu

Dari segi bentuk dan warnanya memang terlihat mirip, akan tetapi ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan burung kacer. Maka dari itu, burung ini sering disebut dengan kacer mini.

Meskipun nama tenar burung Decu masih kalah dengan jenis burung kicau yang lainnya. Akan tetapi apabila mengamati dari kuliatas suara burung kicau yang merdu, bagus dan mampu menirukan suara kicauan dari burung kicau lainnya maka burung decu ini bisa anda beli untuk dijadikan burung peliharaan di rumah.

Hal tersebut disebabkan burung decu ini memiliki keunggulan tersendiri yang pastinya berbeda dengan jenis burung kicauan yang lainnya.

Decu merupakan keluarga burung pengicau kecil dari family Muscicapidae dan genus Saxicola. Burung ini adalah milik sebagian besar wilayah Asia sampai ke Asia Tenggara.

Walaupun tubuh yang kecil berukuran sekitar 13 sampai dengan 14 cm burung ini mampu mengeluarkan suara yang keras dan melengking.

Burung Decu jantan berwarna hitam pekat dengan garis putih pada bagian sayap dan pada bagian bawah pantat. Burung Decu betina berwarna coklat. Sedangkan decu muda berwarna coklat totol-totol.

Habitat Burung Decu

Habitat Burung Decu
Habitat Burung Decu

Habitat burung decu berada di dataran rendah yang kering dan panas, namun juga sering ditemukan di daerah perbukitan sampai ketinggian 2400 m dpl.

Burung ini juga lebih menyukai tempat di pinggiran hutan atau daerah yang sedikit pohon, khususnya habitat burung decu yang ada di daerah terbuka dan kering.

Di tempat yang terbuka memudahkan burung Decu untuk mencari makanan berupa serangga kecil, serta untuk mengawasi teritorialnya.

Burung ini akan segera mengusir burung sejenis yang memasuki wilayahnya, dengan diawali suara kicauan yang keras, kadang berbunyi seperti sempritan panjang sampai burung sejenis yang memasuki wilayahnya pergi.

Pada saat cuaca yang cerah, burung decu akan melantunkan kicauannya yang riang, merdu dan keras di ujung cabang kecil atau di puncak pohon.

Dan pada saat musim kawin, pada umumnya antara bulan april hingga desember, burung decu akan membuat sarang pada tebing-tebing tanah atau garukan di bawah tumpukan rumput, biasanya pada tanah yang miring.

Disusun dari potongan rumput berbentuk cawan cekung dilapisi dengan serat-serat akar halus. Untuk burung decu yang betina biasanya akan menghasilkan dua sampai tiga butir telur berwarna agak kebiruan. Untuk ciri telurnya dengan bintik putih dan bercak merah jambu, ungu dan coklat.

Perbedaan Decu Jantan dan Betina

Perbedaan Decu Jantan dan Betina
Perbedaan Decu Jantan dan Betina

Lalu untuk langkah membedakan antara burung jantan dan juga burung betina ini sangatlah mudah sekali. Sebab perbedaan warna tubuh yang ada pada burung decu jantan dan juga burung burung decu betina sangatlah terlihat mencolok.

Dengan warna tubuh dari burung decu jantan memiliki warna hitam legam dan juga warna tubuh dari burung decu betina didominasi dengan warna kecoklatan bukan hitam legam.

Tinggalkan Komentar