Mengetahui Habitat Burung Anis Macan dan Karakteristiknya

Berbagai macam jenis burung kicauan saat ini sudah banyak yang dipelihara oleh para penghoby burung kicauan yang ada di berbagai macam Negara.

Salah satu jenis burung kicau yang banyak dipelihara yaitu burung anis. Burung anis memang mempunyai keistimewaan jika dibandingkan dengan burung yang lainnya.

Salah satu jenis burung anis yang juga memiliki keunikan dan penggemar tersendiri yaitu burung anis macan. Burung anis macan adalah burung yang mampu berkicau dengan baik.

Anis Macan juga termasuk dari keluarga dari burung anis atau punglor. Walaupun jenis burung ini tidak sepopuler dengan keluarganya yaitu burung anis merah dan anis kembang. Akan tetapi burung anis macan juga ternyata sangat bagus untuk dipelihara.

Namun sat ini, keberadaan burung anis macan (zoothera dohertyi) di alamnya telah dinyatakan sangat sulit untuk ditemui. Bahkan ada yang sudah menganggap jika burung anis macan tersebut sudah hampir punah.

Habitat Burung Anis Macan

Habitat Burung Anis Macan
Habitat Burung Anis Macan

Habitat burung anis macan yaitu kerap hidup di hutan basah atau hutan lembab khususnya yang lokasinya dekat dengan sumber air. Burung ini juga kerap sekali mencakar tanah untuk mencari makanan seperti cacing dan juga serangga-serangga yang kecil.

Untuk daerah persebaran dari burung anis macan ini meliputi pulau Nusa Tenggara, Sumbawa, Lombok, Plores, Sumba dan juga di Timor. Saat ini di habitat burung anis macan jumlahnya sudah semakin berkurang dan sulit dijumpai.

Penurunan jumlah burung ini tidak hanya disebabkan olrh adanya tangkapan liar secara besar-besaran, sebab masih jarang yang memelihara burung anis macan ini.

Berkurangnya jumlah burung ini di habitat burung anis macan ini dimungkinkan karena perluasan lahan dengan cara pembakaran yang mengakibatkan burung burung ini mati.

Jadi saying sekali apabila burung yang istimewa ini punah, maka sebaiknya untuk anda yang memeliharanya dapat menangkarnya.

Masih jarangnya orang yang memelihara burung punglor yang satu ini, menjadikan burung ini terasa istimewa apabila dipelihara.

Terlebih lagah i jika sugacor atau ngerol. Sebab burung anis macan yang dikatakan sudah jadi, suaranya bisa tak kalah indah dari burung keluarganya yaitu anis kembang dan juga burung anis merah.

Karakter Burung Anis Macan

Karakter Burung Anis Macan
Karakter Burung Anis Macan

Karakter burung ini suaranya pun hampir sama, bahkan dikatakan jika burung anis macan ngerolnya kombinasi antara anis merah dan anis kembang.

Ada yang menilai jika burung anis macan ini tak seseram namanya. Karena sifat fighternya tak seberani dengan burung anis merah dan juga anis kembang.

Oleh sebab itu orang yang memelihara burung anis macan ini tidak mengikutkan jenis burung ini dalam event lomba.

Perawatan Anis Macan

Dalam hal perawatan burung anis macan ini juga tidak begitu sulit. Akan tetapi ada hal yang dikatakan mudah dan sulit untuk dipelihara hingga bisa ngerol atau sampai gacor.

  • Setiap pagi hari sekitar jam 4 atau jam 5 burung diembunkan.
  • Sesudah matahari terbit anda bisa memandiknnya.
  • Bersihkan sangkar, asupaya burung lebih merasa nyaman saat di dalam sangkar.
  • Sediakan pakan, baik voer maupun pakan hewani diantaranya cacing, jangkrik, ulat hongkong dan juga buah-buahan sebagai sumber vitaminnya.
  • Jemur burung paling lama selama 2 jam.
  • Teduhkan, bisa diteras atau dibawah pohon yang rindang.
  • Anda bisa memasternya saat burung diteduhkan. Dapat dimaster dengan memakai mp3 ataupun buurng asli yang sudah gacor.
  • Ketika akan dimasukan ke rumah pada sore hari, burung dikerodong supaya dapat istirahat. Pastikan sangkar tersebut telah dibersihakan dan burung sudah diberi pakan.

Tinggalkan Komentar