Gambar Burung Kakak Tua dan Berbagai Macam Jenisnya

Burung kakak tua termasuk golongan dari jenis burung hias. Yang mana burung ini punya bulu yang terlihat begitu indah dan punya kicauan yang terdengar sangat nyaring.

Tak hanya itu saja, burung ini juga merupakan salah satu spesies burung yang punya tingkat kecerdasan yang cukup tinggi. Sehingga burung ini kerap dipakai dalam berbagai macam acara hiburan di kebun binatang ataupun di tempat-tempat yang lainnya.

Jika anda termasuk penggemar dari burung kakak tua ini, pastinya anda mengeahui jenis jenis dari burung kakak tua yang begitu bervariasi. Semuanya juga sama sama memiliki keindahan yang berbeda beda.

Kakatua termasuk jenis burung yang eksotis, yaitu dengan kecerdasan yang tinggi, jadi bisa dilatih melakukan berbagai macam atraksi serta berinteraksi dengan pemelihara atau anggota keluarganya.

Pastinya tidak heran jika burung kakatua sering dijadikan teman setia pada kalangan penggemar burung di Eropa dan juga di Amerika, sama dengan jenis burung nuri.

Indonesia punya tujuh spesies burung kakatua yang sebagian besar di antaranya memiliki sifat endemik, dan untuk sebagian besar merupakan burung dilindungi oleh pemerintah.

Habitat Burung Kakak Tua

Habitat dan juga kebiasaan burung Kakaktua menghuni hutan primer dan juga hutan sekunder yang tinggi dan berada di tepi hutan.

Jenis burung ini juga menempati hutan monsun yang berada di Nusa Tenggara. Senang berada di hutan yang tinggi bersemak, semak yang jarang ditumbuhi pohon dan lahan budidaya yang juga jarang ditumbuhi pohon.

Meskipun tampak terbang di atas kanopi namun kebanyakan terbang pada bagian bawah batas kanopi. Burung ini mencari makanan dengan tenang di kanopi serta lapisan tengah kanopi.

Kemudian punya sebaran lokasi pada daerah Seram, Ambon, Haraku serta daerah Saparua. Burung Kakatua menghuni hutan primer dan juga hutan sekunder yang tinggi, dan menghuni hutan yang telah rusak. Kemudian hidup diatas permukaan laut hingga ketinggian 1000m.

Gambar Burung Kakak Tua
Gambar Burung Kakak Tua

Ciri Ciri Burung Kakak Tua

Burung kakatua punya ciri paruh yang berbentuk khas yakni bentuknya membengkok. SBurung ini termasuk dalam famili psittacidae sesuai dengan bentuk paruhnya.

Tak hanya bentuk paruh yang terlihat sangat khas, akan tetapi burung kakatua juga punya bentuk kaki yang cukup khas. Antara lain yaitu punya susunan jari kaki yang tampak bersilangan.

Dua jari arahnya kedepan kemudian dua jari mengarah pada arah belakang. Dengan begitu jari-jari kaki kakatua bisa untuk memanjat dan memegang secara kuat.

Ciri yang lainnya antara lain dengan warna bulunya. Yakni terdapat 3 warna burung kakatua antara lain berwarna putih, merah muda dan juga hitam.

Paling uniknya lagi burung kakatua ini punya jambul serta lidah yang berbeda dengan jenis burung yang lainnya. Kelakuan atau kebiasaan dari jenis burung kakatua ini begitu istimewa.

Bahwa burung kakatua ini dapat brsosialisasi pada manusia. Burung kakak tua pun dapt mengucapkan beberapa kata yang sering didengarkan di setiap harinya.

Jenis Burung Kakak Tua

Burung Kakatua termasuk salah satu jenis burung sangat banyak disukai oleh para pencinta burung paruh bengkok di seluruh dunia.

Kebiasaan atau perilaku yang khas,lucu, riang serta pandai menirukan suara manusia membuat jenis burung ini jadi salah satu primadona klangenan.

Namun disebabkan perburuan liar yang tak ada hentinya di habitatnya, maka menjadikan burung ini keberadaannya terancam punah. Khususnya di kawasan Indonesia yang memang merupakan penyumbang jenis kakatua yang paling banyak di dunia. Berikut ini gambar burung kakak tua dan jenisnya.

Burung Kakak Tua Putih

Burung kakak tua putih, untuk bulu dari burung ini juga punya warna putih. Akan tetapi pada bagian paruhnya punya warna hitam, serta ada sedikit warna kuning di bagian ekornya.

Dalam ukuran berat dari jenis burung ini yaitu 400 gram pada jenis kakak tua betina. Kemudian untuk kakak tua jantan pada umumnya punya berat 800 gram.

Serta mempunyai ukuran paruh yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan burung yang berjenis kelamin betina. Sedangkan untuk daerah yang banyak dihuni burung ini yaitu di maluku bagian utara serta banyak tinggal di hutan tropis.

Burung ini punya usian yang panjang kurang lebih mampu bertahan hidup selama 80 tahunan. Lebih jelasnya dibawah ini gambar burung kakak tua putih.

Burung Kakak Tua Putih
Burung Kakak Tua Putih

Burung Kakak Tua Rawa

Untuk jenis kakatua rawa merupakan burung yang asalnya dari daerah papua. Dan biasanya, burung ini punya tinggi badan antara 35 sampai dengan 41 cm dan punya berat antara 270 sampai dengan 630 gram.

Lalu untuk jenis yang betina pada umumnya akan punya ukuran tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan burung yang jantan. Pada habitat yang kerap dihuni oleh burung ini yaitu pada daerah rawa.

Daerah ini membuat burung lebih mudah pada saat mencari minum. Kemudian dekat juga dalam mencari tempat makan yang pada umumnya ialah biji liar atau bisa juga jagung dan juga gandum. Dibawah ini gambar burung kakak tua Rawa.

Burung Kakak Tua Rawa
Burung Kakak Tua Rawa

Burung Kakak Tua Maluku

Jenis burung kakak tua Maluku termasuk burung asli yang berasal dari daerah maluku. Yang mana burung ini bisa punya tinggi mencapai 45 hingga 52 cm.

Dan juga memiliki berat lebih dari 850 gram. Sehingga burung ini lebih populer jadi salah satu jenis kakak tua yang punya ukuran tubuh begitu besar.

Kemudian untuk jenis kakak tua yang satu ini, burung yang jantan punya ukuran tubuh yang relatif kecil jika dibandingkan dengan jenis yang betina.

Pada usia rata-rata dari jenis burung ini bisa sampai 70 tahun. Untuk gambar burung kakak tua Maluku bisa nada lihat di bawah ini.

Kakak Tua Maluku
Kakak Tua Maluku

Burung Kakak Tua Galah

Kakatua galah sering dikenal dengan Kakatua dada mawar, Kakatua Merah muda serta ungu. Yang merupakan satu jenis kakatua yang sering dijumpai dan tersebar luas.

Mereka bisa ditemukan pada daerah terbuka di hampir setiap bagian daratan Australia.

Jenis burung kakatua ini begitu dilarang keluar dari wilayah Australia. karena memang sangat ketat peraturannya pada arus keluar masuk hewan ke Australia dan dari Australia.

Oleh sebab itu breeder diluar Australia, khususnya di Jerman, Afrika Selatan, dan Belanda mereka mengatasinya dengan cara jalan konservasi pada penangkaran.

Buktinya mereka sukses menangkarkan hewan ini. Jadi anakannya sudah di ekspor pada beberapa negara dunia, termasuk juga di negara Indonesia. Berikut gambar burung kakak tua Galah.

Kakak Tua Galah
Kakak Tua Galah

Burung Kakak Tua Tungging

Jenis Kakatua ini paling langka di dunia bahkan sudah terancam kepunahan. Sebab kerap dibunuh alasannya dianggap sebagai hama pertanian. Kemudian penangkapan ilegal pada alamnya juga untuk diperjual-belikan.

Saat tahun 2008 tercatat kurang lebih dari 1000 ekor pada habitatnya. Karakteristik dari jenis ini yaitu punya bulu sekujur tubuh putih dengan bulu pada bagian bawah ekor warnanya jingga kemerahan.

Kemudian berujung putih kekuningan, lalu di bagian sayap bawah berwarna kuning agak pucat. Burung kaaktua yang telah dewasa bisa mencapai ukuran 30cm. Punya warna suara serupa dengan kakatua yang lainnya. Akan tetapi karakteristik jenis burung ini bisa jauh lebih tenang.

Tinggalkan Komentar