Mengetahui Jenis Dan Gambar Burung Kacer Terlengkap

Burung Kacer atau yang dikenal dengan sebutan Magpie Robin, merupakan salah satu jenis burung kicauan yang cukup populer di wilayah Indonesia. Selain para pembudidaya atau penjual burung Kacer sendiri jadi semakin ramai.

Jenis burung yang berasal dari keluarga Muscicapidae ini juga sering dijadikan ikon utama. Terutama pada setiap arena perlombaan serta kontes latber yang ada di berbagai kota.

Walaupun banyak yang menilai beraneka jenis kacer di Tanah Air misalnya seperti Kacer Poci, Madagaskar, Lokal dan Blorok yang memiliki karakter suara atau harga yang berbeda-beda. Akan tetapi semua jenis burung kacer itu memiliki sifat alami yang sama.

Apabila bicara tentang banyak yang berpendapat jika karakter suara kacer, harga dan semua yang dipunyai oleh jenis burung Kacer berbeda-beda. Akan tetapi jika dari sisi tingkah lakunya yang unik yang sama yang pada umumnya disebut dengan istilah Mbagong. Keunikan ini sangat terlihat menarik.

Pada umumnya, seluruhnya tergantung perawatan serta setelan harian pada burung Kacer peliharaan anda. Baik perawatan di dalam memandikan, pemberian makanan, penjemuran dan pemasteran harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Maka dari itu, seluruh jenis burung kacer yang sering dikatakan memiliki mental dan juga karakter suara yang sangat berbeda tersebut juga akan dapat menjadi burung yang bisa menjadi andalan.

Gambar Burung Kacer
Gambar Burung Kacer

Ciri Burung Kacer

Sifat atau ciri khas Mbagong yang dimiliki oleh setiap jenis burung Kacer ini termasuk gerakkan yang seolah memperbesar badan pada waktu merasa ketakutan atau waktu mentalnya down pada waktu kalah dalam acara perlombaan.

Walaupun tingkah lakunya itu termasuk gambaran pada waktu ia merasa kalah. Akan tetapi setidaknya gayanya itu tidak dimiliki oleh jenis burung kicauan yang lainnya. Jadi bisa dikatakan, burung kacer digemari tidak hanya memiliki suara kristal atau gacor saja.

Namun juga disukai sebab punya ciri khas yang menjadi sisi daya tarik tersendiri. Lalu tidak sedikit penggemar burung yang berpendapat jika Kacer Mbagong justru tampak begitu lucu.

Jenis burung Kacer yang terdapat di Indonesia sendiri dibagi menjadi beberapa ras atau sub-spesies. Pada para penggemar membedakannya dilihat dari warna bulu dan daerah asalnya. Contohnya Kacer Poci ataupun Sekoci.

Jenis spesies ini terkadang juga dinamakan Kacer Dada Putih serta jenis Kacer Sumatera. Sebutan yang diselipkan pada jenis burung itu memang tidak ada salahnya.

Akan tetapi yang harus diketahui jika jenis kacer yang terdapat di Tanah Air sendiri terdiri atas 8 sub-spesies atau ras. Peta penyebaranya yang paling banyak antara lain meliputi pulau Bali, pulau Sumatera, pulau Kalimantan dan juga pulau Jawa.

Selain burung kacer ini punya tampilan fisik yang sangat terlihat gagah dan juga disertai warna yang jelas, burung ini juga punya karakter suara yang unik, merdu, serta terdengar keras/lantang.

Dalam merawat burung kacer juga dibutuhkan kesabaran dan juga ketelatenan. Maka dari itu, perawatan terbaik harus selalu diberikan, sebab jika salah dalam hal perawatan, maka dapat mengakibatkan ketidakberhasilan dalam memelihara burung kacer.

Jenis Burung Kacer

Di wilayah Indonesia sendiri, untuk jenis burung kacer yang sangat terkenal laris dan juga mudah ditemui ada 2 jenis, antara lain yaitu kacer Poci serta kacer Jawa. walaupun masih terdapat jenis lain yang juga terkenal bagusnya dengan burung kacer tersebut.

Misalnya saja seperti halnya kacer Madagaskar, dan juga burung kacer Blorok. Adapun penjelasan mengenai jenis burung kacer dan gambar burung kacer dapat anda simak selengkapnya seperti berikut ini.

Kacer Poci

Kacer Poci
Kacer Poci

Kacer poci atau juga sering disebut sekoci termasuk salah satu burung penyanyi dari keluarga Muscicapidae yang tidak kalah menarik.

Burung dengan nama latin Copsychus saularis musicus ini populer sebagai burung petarung yang memiliki suara gacor atau ngeroll yang begitu jempolan. Tak hanya kebolehannya, burung itu sering terlihat di berbagai event kejuaraan serta kontes latber.

Burung dengan dada putih  seperti gambar burung kacer diatas itu mempunyai karakter yang juga dianggap cocok untuk memaster atau melatih kicauan dari jenis burung yang lainnay.

Kicauan kacer sekoci dinilai lebih punya kelebihan yang mana kacer dengan warna dada putih ini dianggap lebih punya suara kristal. Mungkin hal ini juga dapat mempengaruhi terhadap harganya di pasaran.

Tak hanya itu saja, wilayah penyebaran paling banyak jenis kacer ini termasuk di negara Thailand bagian selatan, Semenanjung Malaya sampai dengan di Indonesia.

Di negara kita sendiri, jenis burung ini sangat banyak dapat dijumpai di pulau Sumatera, Nias, Belitung, Jawa serta ada di pulau Kalimantan. Tidak hanya terkenal dengan nama kacer poci atau burung sekoci saja.

Pada berbagai daerah burung yang agresif ini juga punya nama lain misalnya di daerah Jawa Barat. Burung ini lebih kerap dipanggil kacer priangan serta di Kalimantan disebut dengan burung kacer bulan.

Ciri Kacer Poci

Untuk ciri fisik yang dapat anda gunakan untuk mengenali burung kacer poci ini begitu mudah. Untuk dada, kepala, sayap, punggung sampai dengan bagian ekor dengan warna hitam mengkilap.

Pada bagian tengah sayap, perut sampai dengan bawah ekor dengan warna putih. Paruhnya punya warna hitam pekat. Kemudian bagian ekorya panjang dan juga sedikit melebar pada bagian ujungnya.

Tak hanya itu saja, hal yang telah menjadi ciri khasnya yaitu tingkah lakunya waktu berkicau hingga mengangat ekornya ke atas. Burung jenis yang satu ini lebih menyukai udara panas berbeda dengan jenis lainnya.

Pada perawatan kacer poci sehari harinya bisa terbilang juga cukup mudah, sama dengan jenis burung lainnya. Pada saat pagi hari kurang lebih jam 7-an, jemur dengan jangka waktu kurang lebih 30 menit.

Sesudah itu siapkan keramba atau tempat baskom pada sangkar agar digunakan untuk mandi. Setelah proses penjemuran, pastikan pada setiap pemelihara juga memberikan makanan vitamin seperti halnya jangkrik, kroto atau ulat sesuai dengan porsinya.

Kemudian setiap pemelihara lebih baik sangkar dikerodong untuk melindunginya dari gigitan nyamuk pada waktu ia tidur. Kerodong juga dipasang agar burung ini tidak kedinginan.

Kacer Jawa

Kacer Hitam
Kacer Hitam

Jenis burung kacer hitam atau kacer jawa merupakan salah satu dari keluarga Muscicapidae yang kualitasnya tidak kalah bagus. Baik dari bentuk fisik atau suara yang dipunyai, burung yang memiliki warna tubuh dominan hitam pekat ini juga dinilai begitu menjanjikan.

Dapat dikatakan hanya bermodalkan warna hitam sudah  tampak begitu gagah serta elegan seperti gambar burung kacer diatas. Burung ini sudah dapat menarik perhatian bagi setiap orang yang menjumpainya.

Dengan penampilan burung kacer yang begitu menarik perhatian, hal ini juga tidak lepas dari suara kicauan yang gacor dan juga ngeroll yang dibawanya.

Walaupun suara kacer hitam kristal-nya kerap dianggap tidak lebih baik dari pada kacer poci, akan tetapi burung ini punya sisi keunggulan.

Kelebihan yang paling mencolok serta cukup diakui oleh sebagian banyak penggemar yaitu mentalnya yang dinilai lebih kuat jika dibandingkan dengan kacer poci atau dada putih.

Tinggalkan Komentar