Fakta Seputar Burung Hantu Beserta Mitos yang Ada

Fakta seputar burung hantu sangat beragam. Burung Hantu merupakan salah satu jenis Strigformes. Burung ini juga termasuk ke dalam golongan burung buas karena burung ini merupakan pemakan daging.

Burung yang satu ini juga dikenal sebagai hewan yang aktif di malam hari atau nokturnal. Hal ini dikarenakan burung hantu sering dikaitkan oleh hal-hal yang berbau mistis.

Daftar Harga Burung Terbaru. Jalak Bali Anakan 3jt Per Pasang, Update 01 Mei 2021.

Pemesanan Ring Burung. Diskon hingga 500 per biji, harga mulai 1500 per biji.

Akan tetapi, dibalik sifatnya yang misterius dan juga penuh teka-teki, terdapat beberapa fakta unik dan menarik dari burung yang satu ini.

Fakta Seputar Burung Hantu Beserta Mitos yang Ada
made-blog.com

Fakta Seputar Burung Hantu

Di dunia, terdapat setidaknya 220 spesies yang terkenal dan juga menyebar di seluruh dunia, kecuali di Antartika. Fakta seputar burung hantu, diketahui dikenal memiliki mata yang besar dan juga menghadap ke bagian depan.

Tak hanya itu saja, paruhnya juga berbentuk bengkok tajam seperti elang dan susunan bulu kepalanya membentuk lingkaran wajah yang terkadang menyeramkan.

Hewan yang satu ini memiliki keunikan tersendiri karena mempunyai leher yang sangat lentur sehingga wajahnya mampu berputar hingga 270 derajat.

Terlepas mengenai hal itu semua, fakta seputar burung hantu ini juga sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mitos dan juga dunia magis.

Di beberapa tempat, terdapat pula orang yang kerap berpendapat jika muncul sebuah burung hantu sangat erat kaitannya dengan hal kematian ataupun kemalangan.

Berikut merupakan fakta dan juga mitos mengenai burung hantu yang unik dan wajib untuk anda ketahui.

Tidak Memiliki Bola Mata

Struktur mata dari burung ini sangatlah unik jika dibandingkan dari banyaknya jenis burung yang lainnya. Mereka memiliki bentuk mata seperti tabung yang ditahan oleh sclerotic rings.

Maka dari itu, burung hantu ini tidak dapat menggerakkan atau memutar bola mata mereka. Burung ini memiliki penglihatan binokular yang berarti mereka mampu melihat objek dengan kedua mata pada saat yang sama.

Hal itulah yang menjadikan burung ini memiliki kemampuan hebat untuk menilai tinggi, jarak, dan juga berat. Tak hanya itu saja, burung ini memiliki tiga kelopak mata yang berfungsi untuk berkedip, tidur, dan juga menjaga kebersihan mata mereka.

Memiliki Sayap Peredam Suara

Burung hantu dikenal dengan cara terbangnya yang secara diam-diam ketika hendak berburu. Hal ini dikarenakan burung ini mampu meminimalkan kepakan dari sayap mereka yang membuat pergerakan yang mereka lakukan tidak terdengar pada saat meluncur ketika menangkap mangsa.

Selain itu, sayapnya juga memiliki bulu-bulu halus yang mampu meredam suara dari kepakan sayap mereka sehingga mangsa tidak akan mengetahui kehadiran mereka.

Kemampuan Telinga Tajam

Tak hanya mempunyai struktur mata dan juga sayap yang begitu menarik, ternyata spesies burung nokturnal ini juga memiliki keunikan tersendiri.

Kedua telinga yang dimiliki burung ini memiliki ukuran dan juga posisi yang tidak sama. Hal ini tentu membuat burung hantu mampu menerima suara pada selisih waktu yang berbeda.

Akan tetapi, burung ini memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam mencari sebuah lokasi dan juga sumber suara.

Fakta Seputar Burung Hantu
mongabay.co.id

Memiliki Otot Kaki yang Kuat

Struktur dari kaki burung hantu ini sangat kuat. Sering disebut juga dengan zygodactyl atau mirip dengan struktur kaki dari burung pelatuk dan juga burung beo yang memiliki empat jumlah jari.

Pada saat terbang, tiga jari burung hantu ini akan menghadap ke depan dan salah satu jarinya lagi menghadap pada bagian belakang.

Kondisi ini tentu menjadikan posisi kaki pada burung hantu memiliki kekuatan cengkraman dan juga kuncian yang sangat kuat luar biasa pada saat menangkap mangsa ataupun ketika bertengger di pohon.