Fakta Menarik Dari Burung Unta Dibandingkan Jenis Burung Lain

Dari jenis burung yang pernah anda ketahui, pastinya anda mengenal burung yang paling besar yang bernama burung unta.

Burung unta termasuk jenis burung yang sangat suka dengan air, akan tetapi burung ini bisa bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama tanpa menyentuh air.

Diberi nama burung unta disebabkan pada bagian lehernya panjang yang menyerupai unta. Antara besar kepala dan besar tubuhnya memang amat jauh berbeda.

Pada bagian kepalanya kecil kemudian untuk bagian tubuhnya sangat besar. Dan jenis burung ini merupakan burung terbesar yang masih hidup hingga saat ini.

Burung unta yang meemiliki nama latin Struthio camelus termasuk jenis burung yang paling besar yang memiliki tinggi tubuh hingga mencapai 2,5 meter dan berat hingga mencapai 140 kg.

Fakta Menarik Dari Burung Unta
Fakta Menarik Dari Burung Unta

Untuk bagian kepalanya kecil dengan leher sepanjang kurang lebih 1 meter. Kepala dan lehernya tidak ditumbuhi bulu. Akan tetapi pada tubuhnya ditumbuhi bulu yang sangat lebat.

Pada burung unta yang berjenis kelamin jantan punya bulu berwarna hitam. Kemudian untuk burung unta betina punya bulu coklat keabu-abuan.

Bagian lehernya yang panjang ini berfungsi untuk memudahkan burung unta untuk melihat di mana posisi musuh, sehingga saat musuh datang burung unta bisa menghindar dengan cepat.

Habitat Burung Unta

Habitat dari burung unta ini tak mudah dijumpai di Asia Tenggara, pada umumnya burung unta bisa dijumpai dengan mudah di Afrika Tengah serta Afrika Selatan di daerah Savana atau padang rumput.

Fakta Menarik Dari Burung Unta

Fakta menarik dari burung unta yaitu burung unta termasuk burung terbesar di dunia dan burung yang tidak bisa terbang.

Lain halnya dengan hewan yang lainnya, burung unta punya 3 lambung dan juga punya sistem pencernaan yang berbeda dengan burung lainnya. Yang mana burung unta mengeluarkan air kencing yang terpisah dengan kotorannya.

Fakta unik dari burung unta yang lain yaitu dapat berlari hingga kecepatan 70km per jam. Jadi burung unta termasuk burung yang mempunyai kecepatan tercepat diantara species burung lainnya. Dalam sekali melangkah saja bisa menjangkau sampai dengan 5m

Lain halnya dengan kebanyakan burung lainnya yang punya 4 kuku/cakar, kuku pada burung unta hanya ada 2 pada setiap kakinya.

Burung unta juga bisa merentangkan sayapnya sampai dengan 2 meter yang bisa berfungsi antara lain untuk mengubah arah ketika berlari.

Selain itu bisa untuk menarik pasangan pada saat akan kawin dan juga untuk menutupi kulit yang terbuka pada kaki bagian atas. Bahkan bisa mengatur suhu tubuh mereka yang berdarah panas.

Tendangan dari burung unta juga kuat dari kaki mereka yang panjang, akan tetapi jika burung unta merasa terancam, mereka lebih memilih untuk lari.

Perkembangbiakan Burung Unta

Perkembangbiakan Burung Unta
Perkembangbiakan Burung Unta

fakta unik burung unta dari perkembangbiakannya yaitu pada telur burung unta yang memiliki ukuran terbesar. Panjang telur burung unta bisa mencapai panjang kurang lebih 15 cm serta berat sampai dengan 2 lusin lebih berat jika dibandingkan telur ayam biasa.

Burung unta bersarang secara sosial. Jadi beberapa ekor burung unta betina akan bertelur pada satu sarang yang sama dan selanjutnya dierami oleh burung betina pada siang serta burung jantan pada saat malam hari.

Pengeraman telur oleh burung yang berbeda tujuannya untuk melindungi telur. Warna bulu yang betina yang mirip pasir bisa untuk menyamarkan sarang pada waktu siang hari, warna bulu pejantan yang lebih gelap juga tak tampak di malam hari.

Walaupun mereka meletakkan telur mereka bersama-sama dalam satu sarang yang dengan ukuran sekitar 3 meter, akan tetapi induk mereka bisa mengetahui dengan pasti yang mana telur mereka.

Telur burung unta akan menetas sesudah dierami kurang lebih sekitar 35 hingga 45 hari. Burung jantan dan betina akan membesarkan anak mereka dengan bersama sama.

Tinggalkan Komentar