Cara Pilih Jalak Suren Berkualitas di Kandang Ombyokan

Para pencinta burung kicau pasti telah mengenai burung jalak suren. Ya, burung yang cenderung memiliki ocehan cerewet ini banyak diburu oleh pencinta burung kicau untuk dilombakan atau sekadar untuk klangenan di rumah.

Untuk mendapatkan burung ini, Anda bisa membelinya di pasar burung, peternak, atau bahkan membeli di kandang ombyokan. Membeli jalak di kandang ombyokan biasanya tak memerlukan biaya yang begitu besar seperti ketika Anda membeli dari peternak. Namun, Anda harus pandai memilih jalak suren yang berkualitas.

Nah, jika Anda berniat untuk membeli jalak suren berkualitas dari kandang ombyokan, sebaiknya simak tips berikut ini:

1. Lihat Bentuk Tubuhnya

Jalak Suren – pixabay.com

Dalam memilih jalak suren di kandang ombyokan, hal pertama yang harus Anda lihat adalah bentuk tubuh burung tersebut. Burung jalak suren yang berkualitas baik biasanya bertubuh bulat memanjang atau ramping memanjang.

Kemudian, jika Anda ingin membeli jalak suren jantan, pilihlah yang bentuk tubuhnya bulat memanjang. Jalak suren betina biasanya bertubuh bulat dan pendek.

Selain itu, pilih yang postur tubuhnya tegap. Amati burung ketika berdiri di kandang. Pastikan jalak suren berdiri tegap dan kaki-kakinya mencengkeram tenggeran burung dengan kuat.

Pastikan juga burung tersebut aktif. Lakukan tes sederhana dengan memberinya pakan. Burung jalak suren yang baik biasanya akan langsung menyambar pakan agar tidak keduluan burung yang lain.

2. Dengarkan Kicauannya

Jika hendak membeli jalak suren di kandang ombyokan, luangkan waktu sejenak untuk mendengarkan kicauannya. Pilih jalak suren yang aktif berkicau. Selain itu, suaranya juga cenderung tebal.

Ciri jalak suren berkualitas lainnya adalah burung sering berkicau ketika akan dipegang dan saat sedang dipegang. Ini menandakan burung tersebut aktif dan tidak mudah grogi.

3. Lihat Paruhnya

Jalak Suren – kumayangjati.blogspot.co.id

Selain melihat bentuk tubuh, melihat paruh jalak suren juga penting untuk dilakukan oleh Anda yang akan membeli burung ini di kandang ombyokan. Amati bagian paruhnya dan pilih jalak suren yang sesuai dengan kemauan Anda:

    • Jalak suren berparuh bengkok dan tipis: tipe jalak suren yang sering berkicau dan bersuara nyaring.
    • Jalak suren berparuh tebal dan pendek: tipe jalak suren yang pintar mengoceh.
    • Jalak suren berparuh panjang: tipe jalak suren yang cerewet atau rajin berkicau dengan gaya memompa

4. Perhatikan Bagian Mata

Amati juga bagian mata burung jalak suren di kandang ombyokan. Pilihlah jalak suren yang matanya besar. Selain itu, pilih yang bermata melotot tetapi memiliki pandangan yang tajam. Burung jalak suren dengan ciri-ciri mata ini biasanya lebih sigap dan aktif.

5. Lihat Bulu Sayapnya

Jalak Suren – id.wikipedia.org

Ketika membeli jalak suren di kandang ombyokan, pastikan Anda memegangnya dan melihat bagian sayap. Pilih jalak suren yang sayapnya mengapit atau terjepit. Selain itu, pilih juga jalak suren yang bulu sayapnya tidak jatuh.

Bulu sayap yang terkesan jatuh atau terjulur ke bawah merupakan suatu tanda bahwa jalak suren tersebut sakit.

6. Lihat Kebersihan Tubuhnya

Saat memilih jalak suren di kandang ombyokan, lihat juga kebersihan tubuhnya. Pilihlah jalak suren yang berbulu bersih dan mengilap. Selain itu, bulu jalak suren yang cederung rapi juga menjadi poin penting, lo. Ciri ini menunjukkan bahwa jalak suren tersebut dalam keadaan sehat.

7. Perhatikan Ekornya

Jalak Suren – burungmaster.com

Burung jalak suren yang bagus biasanya memiliki ekor yang panjang. Selain itu, bentuk ekor akan lebih melebar ketika dia mengembangkan ekornya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda coba ketika memilih jalak suren di kandang ombyokan. Semoga bermanfaat, ya.

Tinggalkan Komentar