Ciri Srigunting Jantan dan Betina yang Bisa Anda Ketahui

Srigunting adalah salah satu jenis burung yang terkenal eksotis dan bisa ditemukan di Indonesia. Burung ini memakan capung, belalang, kumbang, kupu-kupu, rayap dan memiliki habitat di dataran rendah, pesisir, tempat terbuka serta tersebar hingga ketinggian 1600 mdpl. Lantas seperti apa ciri srigunting jantan dan betina?

Srigunting memiliki keunikan tersendiri, baik di alam liar maupun di dalam peliharaan. Tingkah lakunya lebih dikenal teritorial dan lebih agresif. Burung ini sering mengusir burung lain sebab burung Srigunting dapat meniru suara burung lain.

Ciri Srigunting Jantan dan Betina

Ciri Srigunting Jantan dan Betina yang Bisa Anda Ketahui
burungocehan.link

Srigunting mempunyai ekor yang menyerupai gunting. Jenis burung ini tidak terlalu suka dengan makanan voer, tetapi jika burung ini sudah ada di dalam sangkar dan sudah gacor sangat cocok untuk dijadikan sebagai burung masteran. Srigunting biasanya dijadikan masteran pada burung cucak ijo sumatra dan murai batu. Namun kita harus tahu bagaimana cara membedakan dan mengetahui ciri srigunting jantan dan betina.

Dengan kita mengetahuinya, maka kita dapat menjodohkan jenis burung ini. Selain itu dapat menambah populasi burung supaya lebih banyak.

Burung Srigunting Jantan

Untuk ciri dari burung srigunting jantan mempunyai postur serta bentuk badan yang lebih besar dan lebih panjang. Srigunting jantan memiliki ekor lebih panjang bila dibandingkan dengan srigunting betina. Bulunya berwarna hitam dan lebih legam serta sedikit mengkilap dibandingkan yang betina. Memiliki paruh yang lebih tebal dan kokoh.

Srigunting jantan mempunyai sedikit jambul tepatnya berada di bagian pangkal kepala atau ujung kepala. Burung srigunting dengan kelamin jantan lebih dikenal cerewet serta memiliki suara yang lebih keras.

Ciri Srigunting Betina

Berbeda dengan burung srigunting jantan, burung srigunting betina mempunyai postur ataupun bentuk tubuh yang lebih kecil dan lebih pendek jika dibandingkan pejantannya. Srigunting betina mempunyai ekor yang lebih pendek. Bulu yang berwarna hitam dan tidak mengkilap.

Burung betina ini mempunyai paruh yang lebih tipis dibandingkan dengan burung srigunting jantan. Untuk burung srigunting betina tidak mempunyai jambul sedikitpun dikepalanya, tetapi kepala burung srigunting betina berbentuk bulat.

Karakteristik Burung Srigunting

Karakteristik Burung Srigunting
besarburungnya.blogspot.com

Karakteristik dari burung srigunting mempunyai bentuk tubuh berukuran sedang sekitar 29 cm. Warnanya hitam buram dengan paruh yang relatif kecil. Selain itu, tentu burung ini mempunyai ekor yang sangat panjang dengan model menggarpu dalam. Serta sering membentuk sudut yang menakjubkan. Bagi orang awam, mungkin burung srigunting masih terdengar asing.

Burung ini dapat juga disebut sebagai burung eksotis, sebab memiliki keunikan baik saat hidup di alam liar maupun saat dipelihara di dalam sangkar. Ketika berkembang biak di alam liar, burung srigunting jantan dan betina sama-sama memakai suara kicauannya.

Terutama untuk suara kicauan yang dikeluarkan di pagi hari untuk menyambut matahari terbit. Srigunting hitam sering dijuluki sebagai raja gagak. Burung ini termasuk ke dalam anggota keluarga drongo atau Dicruridae dengan wilayah persebaran yang berada khusus di Asia.

Burung srigunting ini mempunyai nyali yang cukup hebat mereka berani menyerang serta mengusir elang atau gagak dan burung pemangsa lain yang berani memasuki wilayah teritorial nya sebab itulah anakan srigunting relatif aman dari serangan predator.

Setelah kita mengetahui seperti apa ciri srigunting jantan dan betina, kita bisa membedakan manakah burung srigunting jantan dan juga betina. Dengan demikian kita bisa berupaya untuk melestarikan dan mengembangkan burung srigunting ini agar terhindar dari kepunahan. Karena seperti yang kita tahu, burung srigunting mempunyai sisi eksotis yang sangat tinggi.

Tinggalkan Komentar