Ciri Merpati Kolongan Super Juara yang Berkualitas

Merpati adalah salah satu jenis burung yang saat ini sedang banyak di perlombaan. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang senang untuk memainkan burung ini. Sebab di dalam permainan burung merpati, maka burung yang mempunyai kemampuan terbang dan mendarat dengan tepat di tempat yang disediakan pantas menjadi juara. Lalu seperti apa ciri merpati kolongan yang biasa digunakan untuk perlombaan ini?

Untuk bisa menghasilkan burung merpati dengan kualitas yang super, anda harus mempunyai calon burung yang bagus. Untuk lebih semakin memperbagus burung, maka anda bisa melakukan cara melatih merpati kolongan supaya kemampuan terbangnya semakin bagus

Ciri Merpati Kolongan

Ciri Merpati Kolongan Super Juara yang Berkualitas
aanclever.blogspot.com

Bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa ciri merpati kolongan yang bagus, maka anda harus menyimak pembahasan di bawah ini. Dengan mengetahui burung merpati dengan ciri-ciri yang bagus, maka anda bisa memiliki burung merpati yang punya kemampuan terbang yang hebat.

Dimulai dari ukuran kepala. Burung merpati yang bagus memiliki ukuran kepala besar. Dengan bagian batok kepala yang depan lebih tinggi daripada bagian batok kepala belakang. Atau kondisi seperti ini sering disebut dengan nama nonong.

Burung merpati dengan kepala seperti itu mempunyai kemampuan turun dengan sangat bagus. Jarak kemiringan nya mencapai 90 derajat ketika turun.

Burung merpati yang bagus mempunyai bentuk paruh yang runcing dengan ukuran yang tidak terlalu panjang dan besar. Selain itu, memiliki mata yang kering dan jernih seperti ada kaca di dalamnya. Pupilnya berwarna hitam pekat dan responsif terhadap cahaya. Dengan mata yang seperti itu, burung ini mempunyai kemampuan melihat yang sangat bagus.

Merpati kolongan yang bagus mempunyai bentuk leher yang panjang dan tegak. Selain itu tulangnya juga kuat. Bentuk badannya tampak seperti jantung pisang atau lebih mirip huruf V.

Bagian bahu sayap merpati lentur tetapi kuat. Selain itu, mempunyai bahu yang tebal dan seimbang antara bagian kiri dan kanan. Burung merpati yang memiliki ekor rapat, biasanya punya kemampuan berhenti yang sangat bagus. Sebab fungsi dari ekor untuk pengereman ketika terbang.

Ciri selanjutnya untuk merpati kolongan yang bagus mempunyai kaki yang tampak bersisik dan panjang. Ketika burung tersebut dipegang, secara otomatis kaki akan mendorong ke belakang sejajar dengan arah ekor.

Cara Memilih Merpati Kolongan

Cara Memilih Merpati Kolongan
agroentepreneurship.blogspot.com

Dalam memilih burung merpati kolongan yang bagus menjadi salah satu tahap yang perlu dilakukan agar memperoleh burung merpati kolongan yang berkualitas dan sesuai dengan yang diinginkan. Pastinya semua orang berharap agar bisa punya burung merpati yang dapat berprestasi dan juara saat lomba.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan saat memilih merpati kolongan. Mulai dari mengamati bentuk fisik dengan meraba dan melihat langsung. Atau bisa juga secara genotif dari keturunan dan trahnya. Bahkan bisa langsung membeli yang sudah berprestasi atau sudah terbukti bagus tentunya ini harganya tidak murah.

Tentu saja dalam memilih merpati kolongan yang bagus, kita tidak boleh mengabaikan ciri merpati kolongan yang sudah disampaikan seperti di atas. Dengan berpatokan pada ciri merpati yang bagus, maka tentunya saat memilih kita juga akan bisa mengamati seperti apa burung yang bagus dan tidak.

Untuk itu, pelajari bagaimana mengenali ciri merpati kolongan yang bagus. Supaya saat memilih, anda tidak akan tertipu dan tidak akan menyesal setelah mendapatkan burung merpati pilihan anda sendiri.

Tinggalkan Komentar