Ciri Khas Burung Tiker yang Bisa Berdiri Tegak Di Atas Air

Di dunia ini banyak sekali jenis burung yang tersebar di berbagai macam wilayah. Ada burung kicauan ada juga burung yang liar hanya hidup di daerah daerah tertentu saja.

Untuk jenis burung kicauan pastinya anda semua sudah sangat mengenalnya, misalnya saja burung kenari, burung beo, love bird, burung murai batu dan masih banyak lagi.

Selain burung kicauan ada juga burung yang liar dan tidak semestinya atau bahkan jarang sekali orang yang memeliharanya. Misalnya saja burung truwok, burung bangau, dan masih banyak lagi jenis burung yang lainnya.

Burung Tiker

Ciri Khas Burung Tiker
Ciri Khas Burung Tiker

Salah satu jenis burung liar yang tidak dipelihara yaitu burung tiker. Burung Tiker yang memiliki nama latin Metopodius indicus merupakan sejenis burung yang hidup di air. Akan tetapi, burung ini tidak mempunyai kemampuan untuk berenang.

Meskpun begitu burung yang memiliki nama lain burung Picisan atau Anjing-anjingan ini punya kelebihan yaitu memiliki kemampuan untuk berlari dan juga berjalan di atas tanaman yang mengapung di atas permukaan air.

Dan pada saat memasuki masa kawin, burung tiker yang jantan ini akan memamerkan bulu ekornya yang panjang dan indah untuk memikat hati burung tiker dengan jenis burung tiker yang betina.

Kebiasaan ini juga sudah sering dilakukan oleh jenis burung yang lainnya. Sebab burung jenis kelamin jantan pastinya mempunyai cara tersendiri untuk menarik hati pasangannya.

Ciri-ciri Burung Tiker

Ciri-Ciri Burung Tiker
Ciri-Ciri Burung Tiker

Burung tiker ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan jenis burung lainnya, akan tetapi hampir mirip dengan jenis burung air yang lainnya. Burung tiker memiliki kaki dengan bentuk yang ramping dan juga panjang.

Selain itu untuk bagian kuku pada jari-jari kaki burung tiker ini juga sangat panjang. Ciri Khas burung tiker pada bagian bentuk kaki yang seperti ini juga begitu berguna sekali untuk menopang berat badannya di atas tanaman yang ada di air.

Kemudian untuk bagian kakinyayang seperti itu juga berfungsi sebagai alat keseimbangan supaya tidak terjatuh saat berada di atas air.

Burun picisan atau burung tiker ini memiliki bulu-bulu yang warnanya terlihat sangat indah yang juga sangat mengagumkan bagi yang memandangnya.

Bulu-bulu yang ada pada bagian badannya ini berwarna hijau tua, biru mengkilat akan tetapi terlihat sangat indah dan juga bersih.

Burung ini memiliki taji yang berwarna kuning pucat pada siku depan sayap yang berguna untuk alat pemegang untuk memindahkan anak-anak yang masih kecil atau telur.

Burung tiker ini terlihat sangat cantik dan menarik dengan perpaduan dan keserasian dari bulu-bulunya. Terlebih lagi bila sedang berada di atas bunga, daun, atau tanaman air.

Ciri Fisik Burung Tiker

Untuk bagian kaki panjang dan terlihat ramping. Warna bulu pada badan didominasi dengan warna hijau tua dan biru. Memiliki ekor yang panjang dengan warna coklat kemerah-merahan.

Selain itu juga punya sayap yang berwarna keputih-putihan dengan warna hitam pada ujungnya. Burung ini juga punya taji yang berwarna kuning pucat pada siku depan sayap. Punya jengger dengan bentuk pipih rata yang berwarna merah keungu-unguan

Jenis burung yang memiliki warna bulu yang sangat indah inibisa ditemukan di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, Indocina, Malaysia Barat, India, dan Cina Selatan. Burung tiker hidup secara berpasangan tetapi tidak bergerombol.

Burung ini suka hidup di daerah yang dekat dengan air seperti kolam, danau, tebat, dan tasik berair yang banyak ditumbuhi tanaman air seperti tanaman teratai. Burung ini membuat sarangnya pada tanaman air yang mengambang di atas permukaan air.

Tinggalkan Komentar