Ciri Khas Burung Nuri Bayan dan Daerah Persebarannya

Burung nuri bayan merupakan jenis burung yang punya ukuran tubuh kurang lebih sekitar 40an cm. Terdapat perbedaan antara burung jantan dan juga betina.

Untuk burung jantan memiliki warna dominannya hijau dengan sedikit bercak merah yang ada pada bagian sayap sebelah dalam.

Kemudian untuk ciri khas burung nuri bayan betina memiliki warna utamanya merah dengan atau tanpa bercak ungu di bagian dada.

Kemudian warna kuning pada bagian ujung ekornya. Burung Nuri Bayan ataupun Eclectus Parrot (Eclectus roratus) memiliki ukuran sedang.

Panjang tubuh kurang lebih 38 cm dengan berat badan 375 – 550 gram. Salah satu keunikan dari ciri khas burung Nuri Bayan yaitu perbedaan mencolok pada warna bulu antara burung jantan dan juga burung betina.

Burung Nuri Bayan jantan juga telah didominasi dengan bulu berwarna tubuh hijau. Kemudian kedua sisi perut serta bagian sayap berwarna merah, warna biru pada bawah sayap.

Kemudian paruh jingga kemerahan dengan ujung paruh kuning, serta bagian kaki abu-abu kehitaman. Kemudian burung Nuri Bayan betina sebagian besar bulu berwarna merah, bulu dada, punggung.

Ciri Khas Burung Nuri Bayan
Ciri Khas Burung Nuri Bayan

Kemudian untuk sayap bagian bawah biru keunguan. Untuk bagian paruh berwarna hitam. Bagian sayap panjang serta membundar sedangkan untuk bagian ekor menyegi.

Suara dari burung Nuri Bayan juga berupa kuakan tunggal yang terdengar keras. Kemudian parau dan meninggi serta suara keras yang terdengar berirama.

Burung yang asli dari Indonesia ini tergolong menjadi paruh bengkok yang pandai saat menirukan suara.

Seperti halnya burung Beo serta burung Kakatua, Nuri Bayan juga sangat pintar menirukan suara-suara yang ada di sekelilingnya.

Habitat dan Persebaran Burung Nuri Bayan

Habitat Burung Nuri Bayan
Habitat Burung Nuri Bayan

Pada umumnya, jenis burung paruh bengkok ini kerap sekali dijumpai di pinggir hutan dan juga di kawasan hutan hujan. Sering kali burung nuri bayan membuat sarang pada lubang-lubang pohon.

Kemudian nuri bayan sering juga terlihat mencari makan yang berupa biji-bijian, kacang dan juga bermacam buah-buahan. Terutama memakan biji-bijian serta jenis buah-buahan yang terdapat di hutan.

Burung Nuri Bayan yang mempunyai 9 sub spesies serta tersebar pada berbagai tempat ini. Misalnya seperti di Sunda Kecil termasuk NTT, Nusa Tenggara Barat, Bali, Papua, Maluku, serta di Kepulauan Solomon.

Ciri khas burung nuri bayan memang unik, selain itu juga memiliki daya tarik yaitu pandai menirukan suara manusia dan suara burung lain.

Akan tetapi, jenis burung ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Seperti halnya burung ini yang sering membunuh anaknya yang masih kecil apabila berjenis kelamin jantan sebab beberapa faktor pemicu.

Pada saat siang juga lebih kerap terlihat sendirian ataupun dengan berpasangan. Akan tetapi pada saat malam hari burung nuri bayan bergabung dalam kelompok yang terdiri sampai dengan belasan individu dalam sarang secara komunal.

Sarang yang digunakan berupa lubang di dalam pohon. Kemudian untuk burung nuri bayan yang betina umumnya bertelur serta akan menetaskan dua butir telur dalam sekali musim perkawinannya.

Kebiasaan Unik Burung Nuri bayan

Selain ciri khas burung nuri bayan dengan perbedaan bulunya yang mencolok, burung Nuri Bayan (Eclectus roratus) juga dikenal memiliki beberapa kebiasaan unik yang lainnya.

Misalnya saja seperti kebiasaan selingkuh ataupun berganti pasangan yang berbeda dari pada biasanya. Sedangkan untuk kebiasaan burung paruh bengkok lainnya yang pada umumnya setia terhadap pasangannya.

Selain itu keunikannya juga kecenderungan induk yang membunuh anak jantan saat merasa terancam.

Tinggalkan Komentar