Ciri Khas Burung Manyar Dan Perilakunya Di Alam Liar

Burung Manyar termasuk salah satu jenis burung yang berukuran kecil dan juga unik. Habitat asli nya berada di hutan, rawa, sampai dengan padang rumput.

Terdapat beberapa jenis burung Manyar yang populer di Asia Tenggara. Burung Manyar Tempur, Manyar Jambul serta Manyar Emas termasuk jenis burung yang ada di Indonesia.

Uniknya, burung ini membangun sarang bisa sampai mencapai berat 1 ton. Sarang ini dipakai oleh burung Manyar jantan dalam menarik perhatian burung betina pada waktu akan kawin.

Sarang manyar bentuknya tampak sangat unik.. Beberapa dari jenis sarang juga terdapat “pintu tipuan” guna mengelabui pemangsa. Pintu tersebut tampak jelas terbuka atau menganga, Kemudian untuk pintu yang sebenarnya tersembunyi.

Pemangsa yang mencoba masuk pintu tipuan akan bertemu dengan jalan buntu, tidak terhubung pada rongga tempat telur atau anak burung berada.

Ciri Khas Burung Manyar

Ciri Khas Burung Manyar
Ciri Khas Burung Manyar

Ciri khas burung Manyar muda bisa dibedakan dari warna paruh yang cokelat sampai dengan warna kehitaman. Untuk bagian kepala, warna bulu burung Manyar ini nampak semburat warna kekuningan.

Bulu yang ada di bagian punggung didominasi dengan warna hitam. Untuk bagian dada bulunya akan terlihat berwarna kekuningan. Bentuk tubuh jantan biasanya lebih besar apabila dibandingkan dengan tubuh dari burung betina.

Lalu untuk suara yang dikeluarkan pun punya ciri khas dibandingkan dengan burung lain.

Perilaku Burung Manyar

Burung Manyar hidup dengan berkelompok serta mempunyai sifat gotong-royong yang tinggi. Terutama untuk membangun sarang pada cabang pohon.

Terdapat kurang lebih 300 pasangan yang dapat tinggal di satu koloni. Makanan utama dari burung Manyar yaitu berupa biji-bijian dan serangga kecil.

Mereka pada umumnya berburu makanan di antara semak-semak serta pada pohon akasia bersuri. Burung ini juga begitu protektif pada keluarga serta kawanannya.

Manyar juga disebut sebagai burung yang pekerja keras.Sebab burung ini akan menjalin rumput kecil untuk dijadikan sarang yang aman agar bisa ditempati keluarganya.

Biasanya burung Manyar hanya istirahat sebentar kurang lebih selama 1 jam sehari. Kemudian mereka akan terus merangkai sarangnya sampai bisa siap untuk ditinggali.

Burung Manyar juga disebut sebagai burung penenun yang bisa menjadikan sarang dengan indah. Dalam sarang tersebut ada pintu jebakan supaya para predator tertipu.

Makanan Burung Manyar

Makanan dari burung Manyar terdiri dari biji-bijian yang dapat dijumpai pada wilayah pedesaan yang masih punya lahan pertanian yang luas serta di hutan-hutan.

Manyar juga sering terlihat memakan serangga-serangga kecil yang dapat mereka jumpai sebagai pengganti biji-bijian.

Apabila Anda hendak memelihara burung Manyar, sebaiknya anda menambahkan extra food dijadikan sebagai tambahan. Tujuannya supaya burung Manyar bisa tumbuh sehat serta berkicau dengan suara yang merdu.

Kicauan Burung Manyar

Kicauan Burung Manyar
Kicauan Burung Manyar

Di balik ciri khas burung manyaran yang unik dan kepandaiannya ini, burung manyar masih diremehkan oleh sebagian orang. Tapi siapa sangka, burung ini apabila dilatih dan diberikan nutrisi yang tepat, kicauan atau suaranya bisa sangat merdu dan lantang.

Tak akan kalah dengan suara burung sekelas kenari, kacer, gelatik, Mozambik, ataupun Blackthroat. Burung ini juga populer dengan keahliannya menyanyikan nada dengan begitu merdu.

Inilah yang menjadikan banyak orang mulai tertarik untuk menjadikannya sebagai burung peliharaan.

Suara burung Manyar ini begitu nyaring dan juga indah didengar. Akan tetapi harus dilakukan perawatan yang tepat supaya burung Manyar bisa berbunyi dengan baik.

Pemasteran burung Manyar ini harus sesuai dengan burung yang cocok supaya kicauan yang dikeluarkan juga indah.

Misalnya memakai suara burung Gelatik, Ciblek, Kenari maupun burung Prenjak. Bisa juga burung unik ini diikutkan acara lomba burung kicauan.

Tinggalkan Komentar