Ciri Khas Burung Kamade dan Kehidupannya Di Alam Liar

Burung jenis cabe cabean atau banyak orang yang menyebutnya dengan burung kamade termasuk jenis burung yang memiliki ukuran tubuh yang terbilang kecil. Dan jenis makanan yang disukai oleh burung cabe cabean yaitu berupa biji bijian pada tanaman miladeh.

Burung cabe atau burung kemade ini sering kita jumpai pada area pedesaan yang banyak terdapat pohon mangga. Dan biasanya pada bagian batang pohonnya ditumbuhi semacam tumbuhan parasit berupa tanaman kemladeh.

Ciri Khas Burung Kamade
Ciri Khas Burung Kamade

Tanaman kemladean juga tidak hanya tumbuh di pohon mangga saja. Akan tetapi, burung cabe cabean juga dapat kita jumpai pada pohon pohon yang tinggi dan ditumbuhi dengan pohon mladeh kemladean.

Ciri khas burung Kamade atu burung cabe ini yaitu memiliki ukuran tubuh yang sama persis dengan jenis burung pleci atau sebesar burung Kolibri.

Kemudian juga mirip dengan prenjak lumut yang termasuk prenjak yang punya warna bulu merah pada bagian atas kepalanya.

Ciri Khas Burung Kamade

Kebiasaan hidup burung cabe cabean atau burung kamade ini suka berkelompok jika burung tersebut sedang mencari makanan.

Oleh sebab itu, kita dapat menjumpai burung cabe tersebut dengan jumlah 6 sampai dengan 10 ekor dalam satu kelompok. Ciri khas burung Kamade bisa dilihat dari suara kicauan yang dihasilkan.

Sebab suara yang di hasilkan burung cabe tidak bervariasi. Dan menjadikan burung cabe harganya murah. Namun burung cabe cabean juga cocok untuk menghiasi taman kita, sebab corak bulu pada bagian kepala hingga bagian leher merah.

Serta pada ekornya tampak merah muda yang menjadikan burung cabe begitu indah untuk kita pandang.

Pada alam sekitar burung cabe atau burung kamade merupakan burung yang begitu agresive dan sangat liar. Terlebih lagi jika burung tersebut sedang mencari makanan dan kita mencoba untuk mendekati.

Pastinya burung cabe akan kabur terbang dan langsung menjauhi kita. Bagi para penggemar burung kicauan yang hendak mencoba memelihara burung cabe cabean, pastinya harus mempertimbangkan niat merawat burung cabe atau burung kamade tersebut.

Sebab, burung tersebut memang cukup terasa susah untuk kita jinakkan. Jadi jika kita memeliharanya harus selalu memperhatikan makanannya dan bisa dalam perawatannya.

Sebab kalau hanya dibiarkan begitu saja, pastinya akan stres dan beujung burung tersebut akan mati.

Kelebihan Burung Kamade

Kelebihan Burung Kamade
Kelebihan Burung Kamade

Selain ciri khas burung kamade ini yang memiliki warna dan bentuk yang unik dan juga pastinya menarik, burung ini juga memiliki kicauan yang khas yang terdengar keras dan ngerol, meskipun suaranya hanya monoton saja.

Kelebihan dari burung yang juga disebut dengan burung cabe ini juga punya gaya tarung yang tak kalah indah dengan burung-burung jenis yuang lainnya. Burung yang juga disebut burung talokan satu ini makanannya cukup dengan pisang kepok.

Kemudian untuk makanan pokoknya bisa juga anda memberikan ulat atau kroto jika burung tersebut mau.

Burung yang satu ini akan bisa bertarung pada saat usiannya sudah dewasa atau sudah memiliki birahi atau memiliki rasa tertarik dengan lawan jenisnya.

Perbedaan Kamade Jantan dan Betina

Burung kemade punya warna yang berbeda antara jantan dan juga betinanya pada waktu telah berusia dewasa. Akan tetapi, pada waktu masih muda atau anakan burung ini memang sulit dibedakan jenis kelaminnya.

Jika burung masih berusia muda kemudian bagian paruhnya berwarna hitam, itu kebanyakan para kicau mania berpendapat jika burung tersebut adalah betina.

Akan tetapi, bila burung masih berusia muda dan bagian paruhnya berwarna orange maka bisa dikatakan burung jantan.

Tinggalkan Komentar