Ciri Khas Burung Gagak dan Keistimewaan Yang Dimiliki

Gagak merupakan anggota burung pengicau atau Passeriformes yang ikut dalam marga Corvus, suku Corvidae. Hampir seluruh jenis burung ini ukurannya relatif besar dan ciri khas burung gagak pada warna bulu dominan hitam.

Daerah persebarannya ada di seluruh benua serta kepulauan, kecuali di daerah Amerika Selatan. Di antara dari jenis unggas, burung gagak diketahui punya tingkat kecerdasan tertinggi dari pada burung yang lainnya.

Kualitas ini telah lama diketahui manusia, terutama dalam keterampilannya mencuri bermacam alat bantu manusia.

Hewan ini memiliki kemampuan belajar dan bisa memecahkan permasalahan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang terdapat di sekitarnya.

Ciri Khas Burung Gagak
Ciri Khas Burung Gagak

Pada beberapa kebudayaan serta mitologi, burung gagak sering dihubungkan dengan sesuatu yang bersifat sial. Di Eropa, gagak dipercayai menjadi burung peliharaan penyihir.

Di negara kita, gagak di hutan dianggap bisa menjadi pertanda kesulitan yang akan datang. Ada juga kepercayaan yang mengaitkan sate gagak untuk memanggil makhluk halus.

Ciri khas burung gagak dengan warna gelap, mempunyai suara serak nyaring serta menusuk telinga, menjadikan Gagak kerap dihubung hubungkan dengan hal-hal mitos.

Banyak yang tidak senang dengan munculnya burung gagak yang identik dengan ilmu hitam, dan mistis. Di Indonesia, khususnya di daerah pedalaman, burung gagak identik dengan tanda-tanda bencana untuk yang mendengarkannya.

Keistimewaan Burung Gagak

Keistimewaan Burung Gagak
Keistimewaan Burung Gagak

Burung gagak memang sudah populer menjadi salah satu hewan yang membawa pesan kematian dan misteri. Di balik cerita misteri dan mitos yang tentang keberadaan burung gagak nyatanya ada sebuah fakta.

Yang fakta itu menunjukan jika burung gagak ini termasuk hewan yang punya kecerdasan yang begitu luar biasa. Biasanya kecerdasan ini dimiliki oleh gagak dengan ciri khas burung gagak yang berwarna hitam.

Dengan bagian otak yang diketahui besar apabila dibandingkan dengan bentuk tubuhnya gagak diketahui punya kualitas kecerdasan yang sangat mengejutkan.

Sudah diketahui bahwa burung yang sangat pandai dalam memakai peralatan dan sumber daya di sekitarnya guna memperoleh makanan.

Dapat kita bayangkan betapa menariknya menyaksikan seekor burung memakai ranting kering untuk menjangkau makanan pada lubang, menyusun bebatuan serta berbagai macam sumber daya lainya di sekitar.

Namun, yang lebih mengagumkan dari itu yaitu, gagak bisa menyimpan peralatan penting yang bisa ia gunakan untuk memperoleh makanan untuk kembali dipakai pada saat diperlukan.

Kecerdasan Burung Gagak

Dengan kecerdasan yang dipunyainya, burung gagak termasuk salah satu jenis biantang yang diketahui dapat mengingat apa perlakuan yang pernah diperolehnya.

Seekor burung gagak bisa mempunyai dendam pada orang-orang yang pernah berlaku tidak baik kepada burung tersebut. Dan dengan pengalaman masa lalu burung ini bisa merencanakan apa yang sebaiknya dilakukannya di masa yang akan datang.

Gagak termasuk pembelajar yang sangat baik, sehingga burung ini tidak melakukan kesalahan untuk yang kedua kalinya.

Burung gagak juga saling mengingatkan kepada kawannya jika ada bahaya yang mengancam. Pada umumnya ancaman datang dari burung elang yang hendak memangsanya.

Mereka memakai banyak sekali bahasa isyarat dalammemperingatkan, dan itu termasuk bukti lain jika burung gagak memang punya kecerdasan yang begitu luar biasa.

Dengan kecerdasan yang dipunyainya, hal ini juga membantunya untuk beradaptasi dengan lingkunagn baru.

Ada yang cukup ekstrim lagi, mereka bisa bertahan dengan memanfaatkan intelektualitas yang telah dimilikinya.

Tidak hanya dengan memakai beragam benda yang ada di sekitarnya, burung ini juga bisa memperoleh bantuan dari binatang lainnya untuk memperoleh makanan.

Tinggalkan Komentar