Ciri Khas Burung Cililin, Habitat, dan Daerah Persebarannya

Burung Cililin atau sering disebut Tangkar Ongklet merupakan jenis burung dalam Family Corvidae atau termasuk keluarga dari gagak-gagakan.

Burung ini juga sudah terkenal mempunyai tingkat kecerdasan tinggi. Walaupun burung Cililin merupakan dalam keluarga yang mempunyai kecerdasan tinggi ternyata burung ini juga mempunyai tingkat kerawanan stress yang cukup tinggi pula.

Sehingga apabila anda memiliki Burung Cililin akan tetapi anda kurang memperhatikan perawatanya, maka cukup beresiko terjadi setres atau macet bunyi bahkan bisa sampai terjadi kematian.

Selain ciri khas burung cililin yang mempunyai karakter cerdas namun mudah setres. Burung Cililin juga mempunyai karakter Fighter Sejati dan cukup mudah untuk terpancing emosinya.

Seperti halnya pada saat ada burung lain berkicau, maka akan berbunyi dengan sekeras-kerasnya. Kemudian dari segi kicauanya burung ini juga mempunyai sedkiti variasi lagu atau kicauan.

Ciri Khas Burung Cililin

Ciri Khas Burung Cililin
Ciri Khas Burung Cililin

Ciri khas Burung Cililin yaitu mempunyai jambul yang cukup panjang pada bagian kepalanya, ukuran tubuhnya kurang lebih 28 cm.

Burung ini juga memiliki warna bulu kehitaman atau coklat gelap. Kemudian pada bagian leher terdapat bercak yang berwarna putih.

Sedangkan untuk perbedaan Burung Cililin menurut daerah asalnya yaitu ada Burung Cililin Jawa dengan nama latin Platylophus galericulatus yang memiliki warna abu-abu kehitaman.

Dan Cililin Kalimantan dan Sumatera dengan nama latinPlatylophus coronatus. Yang memiliki warna coklat gelap, paruh hitam, iris mata berwarna merah kecoklatan dan warna kaki biru kehitaman.

Jika dinilai dari kicaunya cenderung lebih bagus jenis Cililin Coklat yang rajin berkicau serta durasi panjang.

Namun dengan tidak mengesampingkan Jenis Cililin Hitam dari Sumatera yang juga memiliki kicauan yang memiliki durasi panjang.

Habitat Alami dan Penyebaran Burung Cililin

Habitat dan Persebaran Burung Cililin
Habitat dan Persebaran Burung Cililin

Untuk habitat alami dari burung ini yaitu terdapat pada hutan-hutan dataran rendah hingga pada ketinggian 1.200 Mdpl.

Penyebaran Burung Cililin dengan global terdapat di Semenanjung Malaysia dan Sunda Besar. Penyebaran Burung Cililin jika secara lokal terdapat di Sumatra, Kalimantan, sertaJawa.

Burung Cililin sudah sering terdapat di hutan daerah rendah hingga ketinggian 1.200 m.

Makanan kegemarannya di alam bebas berupa serangga, misalnya saja seperti jangkrik, ulat, belalang dan lain sebagainya.

Semakin seringnya diadakan acara perlombaan burung-burung kicauan hingga menjadiakn burung ini banyak dicari untuk dijadikan Master bagi burung-burung lomba.

Misalnya seperti Murai Batu, Kacer, Pentet, Cucak Ijo,lovebird serta burung lain-lain.

Adapun postur atau bentuk yang unik dan juga suara rapat dan panjang yang menjadikan burung cililin banyak dicari oleh para penghobi burung tanah air.

Perbedaan Cililin Jantan dan Betina

Dalam membedakan antara burung cililin jantan dan juga burung cililin betina kita bisa melihat dari ciri fisiknya.

Adapun untuk ciri khas burung Cililin jantan mempunyai bintik putih pada bagian alis mata lebih kecil.

Kemudian pada bagian bulu putih yang ada pada leher tampak semakin tebal dan warna hitam sebagai pemisah juga tampak jelas.

Pada bagian badan dan kepala tampak semakin besar, warna juga terlihat lebih pekat atau tua.

Untuk posisi badan juga lebih tegak, lebih sering bunyi dari pada Celilin betina dan memiliki karakter suara yang rapat, panjang dan kasar dan dinilai agresif dibanding betina.

Kemudian untuk ciri-ciri burung Celilin betina memiliki bintik putih pada bagian alis mata lebih besar.

Lalu, bulu yang putih ada pada bagian leher lebih tipis dan tampak kurang jelas pada warna hitam pemisahnya, badan serta bagian kepala tampak cenderung lebih kecil dari pada burung yang jantan.

Untuk warna lebih terlihat lebih muda, posisi badan lebih membungkuk atau tampak lebih bulat.

Dan untuk suaranya kalah gacor dengan yang jantan, suara lebih pendek dan juga lebih halus.

Tinggalkan Komentar