Ciri Khas Burung Anis Sulawesi dan Daerah Persebarannya

Di alam ini banyak sekali jenis burung yang bisa ketahui. Dari berbagai macam jenis burung yang tersebar di alam ini ada burung endemik sulawesi yang perlu anda ketahui. Burung tersebut bernama burung Anis Sulawesi.

Burung Anis Sulawesi (Cataponera turdoides) merupakan salah satu burung pengicau yang berasal dari famili Turdidae.

Dan untuk burung Anis Sulawesi yang juga termasuk jenis burung kicauan endemik Indonesia ini hanya bisa ditemukan di pulau Sulawesi saja.

Walaupun banyaks sekali orang yang lebih mengenal Burung Anis Merah (Zoothera citrina) dari pada dengan burung Anis Sulawesi yang merupakan burung endemik ini..

Nama latin dari jenis burung kicau ini adalah Cataponera turdoides Hartert, 1896.

Burung ini juga termasuk satu-satunya burung dari anggota genus Cataponera yang di dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Sulawesi Thrush atau Celebes Mountain Thrush.

Ciri Khas Burung Anis Sulawesi

Ciri Khas Burung Anis Sulawesi
Ciri Khas Burung Anis Sulawesi

Burung Anis Sulawesi atau yang juga dikenal dengan sebutan Sulawesi Thrush ukuran tubuhnya bisa dikatakan sedang. Ciri khas burung anis sulawesi ini juga bisa dilihat dari ukuran tubuhnya.

Sebab untuk panjang tubuh burung Anis Sulawesi ini hanya berkisar kurang lebih antara 20 sampai dengan 25 cm saja.

Bulu yang ada di sekujur tubuhnya secara umum juga terlihat berwarna coklat dan terlihat seperti bertudung. Mahkota yang berwarna coklat tua yang memiliki garis berwarna hitam di bagian atas matanya.

Ciri khas burung anis sulawesi pada bagian paruh dan lingkaran mata burung anis sulawesi ini berwarna jingga. Termasuk juga dengan kulit kakinya yang juga berwarna jingga.

Daerah Persebaran Burung Anis Sulawesi

Burung Anis Sulawesi ini merupakan jenis burung endemik dari pulau Sulawesi.

Oleh sebab itu burung pengicau yang berasal dari famili Turdidae hanya dapat dijumpai di pulau Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulwesi Tengah, dan juga di wilayah Sulawesi Barat saja.

Dan sampai saat ini telah diakui empat subspesies (ras) burung Anis Sulawesi, diantaranya yaitu:

Cataponera turdoides abditiva Riley, 1918
Cataponera turdoides heinrichi Stresemann, 1938
Cataponera turdoides tenebrosa Stresemann, 1938
Cataponera turdoides turdoides Hartert, 1896

Habitat Biurung Anis Sulawesi

Habitat dari burung Anis Sulawesi yaitu berada di hutan pegunungan dataran tinggi pada ketinggian antara 1100 sampai dengan ketinggian 2400 meter dpl.

Burung anis sulawesi ini juga sering ditemukan hidup sendiri atau dalam kelompok kecil yang terdiri kurang dari empat individu.

Terkadang burung ini juga trelihat ercampur dengan burung-burung jenis lainnya. Makanan burung endemik ini yaitu berupa buah-buahan.

Populasi Burung Anis Sulawesi

Populasi Burung Anis Sulawesi
Populasi Burung Anis Sulawesi

Populasi dari burung Anis Sulawesi (Cataponera turdoides) ini jika diamati secara keseluruhan ternyata belum diketahui dengan pasti.

Walaupun burung anis sulawesi ini merupakan burung endemik dengan daerah persebaran yang terbatas, akan tetapi Birdlife International telah meyakini populasi dari jenis burung anis sulawesi ini masih bisa dikatakan aman.

Maka dari itu Daftar Merah IUCN mendaftarkan burung ini dalam kategori spesies Least Concern (Resiko Rendah). Dan di Indonesia ini, burung Anis Sulawesi tidak termasuk burung yang dilindungi.

Akan tetapi, meskipun burung ini populasinya masih aman dan tidak termasuk burung yang dilindungi sebaiknya kita tetap menjaga kelestariannya.

Sebab jika burung burung yang populasinya masih aman terus diburu secara liar dan tidak dilestarikan, kemunginan di masa yang akan datang burung ini bisa menjadi punah.

Maka dari itu, burung anis sulawesi ini harus dijaga kelestariannya dengan cara menghindari pemburuan liar.

Tinggalkan Komentar