Ciri Fisik Burung Madi Injap dan Daerah Persebarannya

Burung madi injap termasuk jenis burung yang berukuran kecil dan memiliki warna yang cantik. Madi injap saat ini merupakan salah satu jenis burung kicauan yang banyak dicari oleh pecinta burung di Thailand.

Tak hanya itu saja, madi injab termasuk pada kategori burung lomba. Madi injap memang banyak dijumpai di area hutan-hutan yang ada di Thailand.

Penamaan madi injap itu sendiri juga telah menunjukkan spesies ini juga ada di Indonesia, terutama di Pulau Sumatera dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Burung yang juga disebut long-tailed broadbill hidup pada kawasan hutan Pegunungan Himalaya (terutama Tibet dan India), Asia Tenggara, dan juga ada di Indonesia.

Cri Fisik Burung Madi Injap

Ciri Fisik Burung Madi Injap
Ciri Fisik Burung Madi Injap

Ciri fisik burung Madi Injap memang dinilai unik di bagian kepalanya yang seolah olah burung ini sedang mengenakan helm. Padahal keunikan yang ada di bagian kepala itu bukanlah helm sungguhan akan tetapi bentuk kepala yang besar.

Selain itu jug terdapat warna hitam pekat yang menutupi di bagian atas kepala hingga pada bagian pipi serta tengkuknya. Tak hanya itu saja, warna tubuh burung Madi Injap terdiri atas berbagai macam warna seperti hijau tua, biru, putih dan juga kuning.

Ciri fisik burung madi injap dengan warna hijau menutupi di hampir seluruh bagian tubuhnya mulai dari sayap, dada, perut, tunggir, dan punggungnya. Pada bagian arena wajahnya sampai dengan tenggorokan tampak berwarna kuning cerah.

Warna putih terlihat di bagian tengkuk dan di sekitar area belakang kepalanya berupa bintik yang berukuran agak besar. Kemudian warna biru terlihat di bagian sisi samping sayap dan atas ekornya yang berukuran cukup panjang.

Ukuran fisik burung Madi Injap terbilang sedang dengan panjang tubuh hanya sekitar 15 cm saja.

Untuk bagian pangkal ekor mengikuti warna bulu dominan, yaitu hijau menyala, tetapi bulu-bulu ekornya hijau tua, bahkan lebih gelap dari warna sayapnya.

Sedangkan bentuk kepalanya sangat unik dan tidak terbayang kalau burung yang indah ini ada di negara kita, pasti akan jadi buruan semua orang untuk memilikinya karena keunikannya tersebut.

Persebaran Burung Madi Injap

Persebaran burung Madi Injap yang berada di Indonesia hanya terdapat di hutan Sumatera dan Kalimantan saja. Selain itu burung cantik yang sebagian tubuhnya berwarna hijau ini pun juga tersebar di berbagai negara lainnya.

Misalnya saja seperti Nepal, India, Tiongkok, Myanmar, Laos, Vietnam, Thailand, dan juga Malaysia. Kehidupan dari burung Madi Injap di alam liar lebih menyukai area pegunungan dengan ketinggian sampai 1500 meter di atas permukaan laut.

Begitu juga dengan jenis hutan yang ditempatinya haruslah lebat dan jauh dari pemukiman masyarakat seperti di hutan primer.

Perilaku Burung Madi Injap

Perilaku Burung Madi Injap
Perilaku Burung Madi Injap

Pada waktu mencari makanan di hutan pada umumnya burung madi injap ini akan menyantap serangga yang dilakukan sewaktu terbang ataupun mencari dibalik dedaunan yang gugur di tanah.

Dan pada saat musim berbiak tiba, burung unik ini akan hidup sendiri-sendiri dengan sibuk membangun sarang yang berbahan kulit kayu, berbahan serat, rumput kering, dan bahkan juga terbuat dari akar.

Sarang yang dibentuknya pada umumnya akan tampak seperti buah pir yang peletakkannya digantung pada cabang pohon tinggi. Dalam sekali menjalani musim kawin terkadang burung madi injap betina mampu mengerami telur sebanyak 8 butir.

Di luar negeri tepatnya di Thailand, burung yang bernama latin Psarisomus dalhousiae ini banyak digemari untuk dijadikan sebagai burung kicauan dan sering diikutkan dalam berbagai lomba burung ocehan.

Selain ciri fisik burung madi injap yang cantik ini, burung ini juga memiliki ciri dari suaranya. Suara kicauan burung Madi Injap terdengar agak melengking yang volumenya tidak terlalu tinggi.

Sewaktu mengeluarkan kicauannya biasanya bertempo cukup lambat dengan melakukan pengulangan nada yang dibunyikannya. Walaupun terdengar agak monoton tapi kicauan dari burung Madi Injap tergolong enak didengar dan tidak sampai memekikkan telinga.

Tinggalkan Komentar