Mengenal Ciri Ciri Pleci Merapi dan Karakteristiknya

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara dan digemari karena suaranya yang indah. Meskipun ukuran dari burung ini relatif kecil, tapi suara indahnya dapat memikat para pecinta burung.Seperti ciri ciri pleci merapi.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui letak perbedaan mereka satu sama lain. Sebab jenis burung pleci sendiri juga banyak dan sama-sama dicari untuk dipelihara.

Salah satu jenis burung pleci yang banyak dicari adalah pleci merapi. Apakah perbedaan antara pleci merapi dan jenis burung pleci lainnya? Lantas seperti apakah ciri ciri pleci merapi? Kita akan bahas lengkap di sini.

Ciri ciri Pleci Merapi

Mengenal Ciri Ciri Pleci Merapi dan Karakteristiknya
news.detik.com

Ada ungkapan yang menyebutkan bahwa suara dari burung pleci merapi sangat bening dan memikat. Sehingga siapapun yang mendengarnya akan terpukau karena keindahan suaranya.

Pleci sendiri adalah termasuk dalam burung kacamata. Ini merupakan burung yang jarang istirahat. Pergerakannya sangat aktif dan biasanya bergelantungan di puncak-puncak pohon untuk mencari makanan berupa serangga kecil, buah-buahan. Dan kadang juga tampak mengambil madu dari bunga yang berada di sekitarnya.

Berikut ini merupakan ciri dari burung pleci merapi yang bisa anda gunakan untuk membedakan pleci merapi dengan pleci yang lain.

Bentuk tubuh kecil

Ukuran badan burung pleci kecil tidak lebih besar dari kepalan tangan manusia dewasa. Panjang badan secara keseluruhan juga se hanya sekitar 11 cm atau 4 setengah inci. Burung pleci hanya memiliki panjang kurang lebih seperti jari telunjuk atau jari tengah orang dewasa.

Mempunyai bulu yang pendek

Pleci merapi ataupun pleci lainnya memiliki badan yang cenderung kecil. Sehingga bulu-bulu yang ada di badan juga cenderung pendek menyesuaikan ukuran badan mereka. Meski bulunya pendek, namun bukan berarti tidak mempunyai bulu yang tebal. Burung pleci tetap mempunyai bulu bulu yang banyak meski ukurannya pendek.

Lingkaran putih pada mata

Ciri khas burung pleci merapi memiliki lingkaran putih disekitar mata. Ketebalan dari lingkaran putih ini relatif besar sehingga anda bisa dengan jelas melihat nya. Hampir semua burung pleci memiliki lingkaran putih pada bagian mata. Namun beberapa buruh lingkaran putih yang terbentuk kurang sempurna dengan sisi atas atau bawah lebih menonjol jika dibandingkan sisi depan atau belakang.

Bagian ekornya pendek

Karena burung pleci adalah burung kecil, baik pleci merapi atau pleci lainnya memiliki bulu yang kecil. Ukuran ekornya mengikuti ukuran tubuhnya. Secara keseluruhan, ukuran ekor burung pleci merapi hanya beberapa senti saja jika diukur dari pangkal ekor. Ekor yang kecil akan membuat burung pleci tampak lebih indah.

Warna Bulu Pleci Merapi

Burung Pleci Merapi
hargaburung.id

Untuk jenis burung pleci umumnya mempunyai warna badan yang cenderung sama. Baik antara pleci jawa hingga pleci merapi. Warna badannya bisa digolongkan ke dalam warna warna tertentu.

Dalam kasus pleci merapi, salah satu warna yang bisa menghiasi badan mereka adalah warna kuning. Kuning merupakan warna paling dominan jika dibandingkan dengan warna lain yang dapat menghiasi badan dari burung pleci ini. Sekilas burung pleci juga akan tampak berwarna kuning saja dan tidak mempunyai warna lain di dalam tubuhnya.

Saat anda mengetahui ciri ciri pleci merapi, ini bisa anda gunakan dalam membedakan apakah burung yang ingin anda beli adalah burung pleci merapi atau bukan. Semoga ciri-ciri yang kami sampaikan diatas bisa membantu anda dalam memilih burung pleci merapi yang anda cari.

Tinggalkan Komentar