Ciri Ciri Burung Walet Sapi dan Perilaku yang Dimilikinya

Burung wallet adalah jenis burung yang popular dikarenakan manfaat yang dihasilkan oleh sarangnya. Banyaknya manfaat sarang burung wallet ini membuat burung wallet banyak dicari, dipelihara dan juga ditangkarkan.

Di dunia ini, jenis burung wallet ternyata ada berbagai macam. Akan tetapi burung walet ini juga mempunyai berbagai macam jenisnya.

Mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran yang besar. Tentunya sebagian besar orang mengira jika burng walet tersebut itu hanya ada satu jenis saja.

Akan tetapi kenyataannya beberapa jenis burung walet lainnya yang belum banyak diketahui orang-orang terutama di Indinesia sendiri. Salah satu jenis burung walet yang harus anda ketahui yaitu burung walet sapi.

Ciri Ciri Burung Walet Sapi

Ciri Ciri Burung Walet Sapi
Ciri Ciri Burung Walet Sapi

Burung walet sapi sering juga disebut dengan white-bellied swiftlet yang berarti walet yang pada bagian perutnya berwarna putih.

Sebagian besar orang ada yang menyebut burung ini dengan nama sriti. Ukuran tubuhnyakurang lebih hanya sekitar 10 – 12 cm.

Dengan lebar bentangan sayap mencapai 21 cm tubuh bagian atas berwarna hitam kehijau hijauan. Sedangkan untuk bagian bawahnya berwarna abu-abu gelap.

Bagian perut yang berwarna keputihan juga termasuk ciri khusus bagi burung walet sapi. Model ekornya juga sedikit tampak berbeda, belahannya pun juga terlihat dangkal.

Ciri ciri burung walet sapi pada bagian ujung paruh burung ini terlihat melengkung, seperti kuku.

Kemudian untuk bagian paruh ini juga berfungsi sebagai alat menempel di tempat yang akan dibangun sarang. Sebab pada bagian kakinya yang kecil dan juga terlihat lemah.

Karakter Burung Walet Sapi

Karakter Burung Walet Sapi
Karakter Burung Walet Sapi

Burung wallet sapi ini memang memiliki nama yang unik jika dibandingkan dengan burung wallet yang lainnya. Karena untuk bentuk tubuhnya dikatakan mirip seperti sapi.

Ciri ciri burung walet sapi (Collocalia Esculenta) yang lebih menonjol yaitu untuk bentuk bawah tubuhnya dan juga bagian perutnya yang berwarna keputihan.

Sebab bentuk tubuhnya yang terlihat begitu mungiil tersebutlah jenis burung ini termasuk jenis burung walet yang terkecil dari semua jenis burung walet yang pernah ada didunia. Lain halnya dengan bentuk tubuhnya yang terlihat sangat kecil.

Burung ini juga mudah beradaptasi dengan manusia. Dengan demikian tidak takut untuk bersarang di rumah penduduk, bangunan , perkantoran, pasar, masjid, sekolahan, dan juga di bangunan yang lainnya.

Suara kicauannya juga terdengar dengan lengkingan nada tinggi “ciir ciir”.

Dan itu merupakan suara khas dari burung walet sapi. Burung jenis ini juga suka sekali terbang berputar-putar dengan pelan dan juga terlihat secara berkelompok.

Dan biasanya walet ini berada di semua ketinggian daerah Jawa dan juga di wilayah pulau Bali.

Sama halnya seperti burung walet lainnya, burung walet sapi juga merupakan jenis burung walet pemakan serangga.

Dari berbagai jenis-jenis serangga pakannya, serangga tawon kiara ini merupakan serangga yang menjadi menu kesukaannya.

Walet sapi juga akan menyusun sarang dengan hasil yang tidak teratur. Diantaranya terdiri dari lumut, rumput yang direkatkan yang disertai dengan sedikit liur.

Kemudian sarang ini juga bisa dimakan. Namun untuk kandungan rumput dan lumutnya yang banyak sebaiknya juga dibersihkan terlebih dahulu sebelum diolah.

Burung tersebut juga gemar membuat sarang di tempat yang agak terang dekat mulut gua. Terkadang juga berada di celah-celah batu atau sudut-sudut bangunan.

Selama pada musim kawin burung walrt yang memiliki perut putih ini akan menghasilkan dua butir telur. Di alam ia tersebar di kawasan Himalaya, Asia, Papua nugini, dan juga di Australia.

Tinggalkan Komentar