Mengenal Ciri Ciri Burung Star Finch Yang Cantik

Jenis burung pipit yang memang banyak sekali jenisnyak. Bahkan sekarang ini mulai ramai diperbincangkan dan juga diburu oleh pecintanya untuk dipelihara.

Untuk anda yang hoby memelihara burung kicauan, merawat burung finch juga bisa dijadikan sebagai peluang usaha,sebab saat ini banyak yang minat memelihara burung dengan paras cantik ini.

Permintaan pasar akan burung finch juga cukup banyak, maka dari itu biasa anda jadikan sebagai bisnis sampingan. Salah satu jenis burung finch yang punya ciri khas yang cantik yaitu star finch.

Burung Star Finch
Burung Star Finch

Jenis burung finch yang cantik ini dikenal dengan nama star finch sebab mempunyai banyak motif bintik-bintik putih seperti halnya penglihatan kita pada bintang yang sedang bertebaran di langit pada saat malam hari yang cukup terang.

Burung finch yang berasal dari spesies estrildid ini dijumpai di Australia. Ciri ciri burung star finch yaitu warna memiliki warna merah yang terang di bagian muka dan juga di bagian paruhnya, warna hijau yang ada pada punggung yang terkesan lembut.

Lalu warna kuning keputihan pada bagian dadanya dan juga corak trotol maupun bintik-bintik yang warnanya putih tersebar dari belakang mata hingga di bagian tubuh khususnya di bagian dada.

Ciri Ciri Burung Star Finch

Ciri Ciri Burung Star Finch
Ciri Ciri Burung Star Finch

Ukuran tubuhnya bisa dikatakan lebih kecil, sebab hanya sekitar 11 cm. Warna yang ada di tubuhnya juga cantik dengan tambahan bintik bintik yang semakin menambah keindahan tubuh burung ini.

Burung star finch ini hidup berkoloni yang lumayan banyak serta habitatnya yang jauh dari pemukiman warga.

Mereka juga dapat dijumpai di padang sabana yang cukup luas, rawa-rawa, tepian sungai dan juga dijumpai di perkebunan tebu.

Apabila burung strawberry finch banyak hiasannya yang berupa warna dominan merah, maka warna yang dominan menghiasi burung star finch ini yaitu warna hijau kalem.

Daya tariknya juga tidak hanya ada di segi warna bulu yang eksotik. Akan tetapi juga dari kualitas dan tipe suaranya yang mirip dengan rol burung edel sanger. Kicauannya yang bagus adalah yang jenis kelaminnya jantan.

Perbedaan Star Finch jantan dan Betina

Burung jantan dan betina dapat dibedakan dari kecerahan warnanya, untuk yang jantan mempunyai warna yang lebih cerah dari pada yang betinanya.

Burung star finch hidup berkelompok yang cukup banyak dan habitatnya jauh dari pemukiman warga.

Makanan Star Finch

Seperti pada jenis burung finch yang lainnya, burung Star finch ini juga menyukai makanan utama yang berupa campuran biji-bijian yang kaya dengan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan burung.

Pada umumnya burung diberi makan dengan pakan kenari yang telah banyak tersedia dipasaran.

Bahan – bahan yand digunakan terdiri atas milet putih, jewawut, kenari seed, biji sawi, niger, haver, biji lobak, biji fumayin, biji selada, linseed dan masih banyak lagi.

Berikan juga jagung muda dan juga sayur oyong muda untuk dijadikan sebagai extra foodingnya.

Serangga yang berupa ulat kandang atau ulat hongkong kecil juga dapat anda berikan sebagai sumber proteinnya.

Sedangkan untuk telur rebus bisa dijadikan sebagai pelengkap kebutuhan kalsiumnya. Terlebih lagi pada burung yang sedang dalam proses breeding.

Burung star finch ini sudah banyak dipelihara sebab memiliki warna dan suara yang unik. Lalu cara merawatnya juga dirasa mudah.

Sama halnya dengan burung finch lainnya, merawat burung star finch sebaiknya juga sepasang, sebab burung yang betina dapat menambah semangat dari burung jantan untuk bisa tetap sehat, tetap hidup dan juga gacor.

Tinggalkan Komentar