Ciri Ciri Burung Owl Finch dan Perbedaan Jantan dan Betina

Dari banyaknya jenis burung finch di alam ini, yang banyak dicari ini yaitu bicheno finch dan double barred finch, akan tetapi burung itu lebih dikenal dengan nama owl finch.

Burung ini sebenarnya asal mulanya dari Australia, dan juga sudah banyak diimport oleh para pecinta burung kicauan yang ada di Indonesia dengan jenis burung finch lainnya.

Entah itu untuk dipelihara dan dijadikan sebagai burung hias, atau untuk dijadikan burung kicauan yang diternakkan.

Owl Finch atau Bicheno Finch (Taeniopygia bichenovii) ternyata punya bentuk dan pola warna muka yang sangat mirip dengan burung hantu.

Maka dari itu, sebagian orang yang mengetahuinya menyebutnya burung finch bertopeng burung hantu atau yang lebih sering disebut dengan julukan burung owl finch.

Jenis burung finch satu ini memang sangat unik, maka tak heran apabila owl finch ini menjadi salah satu dari banyak jenis burung finch yang paling banyak dicari selain burung star finch.

Ciri Ciri Burung Owl Finch

Ciri Ciri Burung Owl Finch
Ciri Ciri Burung Owl Finch

Daya tarik yang dimiliki burung ini yang paling menarik perhatian yaitu dari bentuk dan pola wajah yang menyerupai burung hantu (owl) tersebut dan juga memiliki suaranya yang terbilang cukup unik.

Ciri-ciri husus dari owl finch ini yaitu berparuh putih, bermuka putih yang dilingkari dengan garis hitam hingga pada bagian leher. Selanjutnya warna putih lagi dan dibatasi kembali oleh garis hitam pada dada bagian bawahnya.

Ciri ciri burung owl finch lainnya yaitu warna perut sampai dengan pangkal ekor berwarna coklat muda dengan ekor berwarna hitam.

Bagian atasnya yang berwarna coklat keputihan dengan sayap yang ada bintiknya putih dengan ukuran kecil-kecil.

Perbedaan Owl Finch Jantan dan Betina

Perbedaan Owl Finch Jantan dan Betina
Perbedaan Owl Finch Jantan dan Betina

Untuk membedakan burung owl finch ini sedikit susah sebab sifatnya monomorfik. Jadi burung ini mempunyai banyak kesamaan atau hampir sama persis kediuanya.

Akan tetapi jika dilihat lebih seksama, burung jantan punya warna yang lebih cerah dari pada betina yang warnanya tampak pudar.

Ciri ciri burung owl finch jantan yaitu punya suara yang unik dan lebih panjang dan juga lebih variatif dari pada betinanya yang mempunyai suara lirih. Yang jenis kelaminnya betina juga punya keunikan yaitu pada saat akan merayu jantannya. Tubuhnya kan dinaik turunkan sembari mengeluarkan suara lirih rayuannya. Apabila yang jantan tertarik, owl finch antan akan segera menyambarnya.

Keunikan Owl Finch

Keunikan dari burung owl finch ini yaitu memikat hari para breeder terutama untuk pecinta semua jenis burung finch yang sekanjutnya ungin menangkarnya.

Memang sudah bnayak diketahui jika menangkar burung jenis finch ini merupakan peluang usaha yang prosfek. Kedepannya pasti juga lebih banyak peminat burung-burung finch, khususnya owl finch ini.

Burung finch jenis ini sifatnya cukup agresif, lincah dan juga cukup sangat energik. Akan tetapi burung ini juga kerap dipelihara dengan berkoloni dengan burung finch jenis lainnya pada kandang ukurannya besar.

Akan tetapi banyak juga yang merawat beberapa pasang jenis owl finch saja pada kandang besar itu. Biarkan burung owl finch jantan memilih pasangannya masing-masing.

Apabila telah terpantau burung saling berpasangan, dianjurkan untuk setiap pasangan owl finch ini dipisah supaya mereka mau kawin.

Burung owl finch ini kerap berebut pasangan dengan jantan lainnya, bahkan sering terlihat berkelahi dan saling menyerang.

Sikap burung jantan yang sudah tertarik pada burung betinanya yakni dia bernyanyi sembari membungkukan badannya selanjutnya mukanya berpaling pada burung betinanya.

Tinggalkan Komentar