Mengenali Ciri-ciri Burung Jalak Bali

Indonesia, negeri di garis khatulistiwa ini memiliki banyak keistimewaan, bukan hanya dengan kekayaan alam dan panoramanya yang menawan. Di tanah air tercinta Indonesia ini, kita juga dapat menemukan ratusan satwa endemis nan cantik. Salah satunya adalah burung Jalak Bali.

Curik Bali atau yang lebih dikenal dengan nama Jalak Bali, merupakan salah satu spesies burung cantik endemis Indonesia. Burung dengan nama ilmiah Leucopsar rostchildi ini hanya dapat ditemukan sebarannya di sekitar Bali.

Jalak Bali dikenal dan banyak diminati orang karena kicauannya yang merdu dan penampilan fisiknya yang indah. Namun, hal tersebut jugalah yang membuat burung ini menjadi incaran para pemburu liar. Di habitat aslinya, keberadaan burung Jalak Bali sangat rawan oleh perburuan yang merusak dan mengancam keberlangsungan spesies burung cantik ini di alam.

Dengan adanya beberapa faktor yang mengancam keberlangsungan hidup Jalak Bali tersebut, populasinya pun menjadi sangat sedikit. Di alam liar Taman Nasional Bali Barat (TNBB), jumlah Jalak Bali yang ada hanya mencapai 81 ekor saja.

Sebagai hewan yang statusnya dilindungi, Jalak Bali memang dilarang untuk diperdagangkan kecuali burung yang dihasilkan dari penangkaran generasi ketiga. Jadi, Anda pun masih bisa memelihara burung ini, asalkan memperolehnya melalui cara-cara yang legal.

Namun, sebelum membelinya, kenali dulu ciri-ciri burungnya supaya Anda tidak salah pilih apalagi tertipu penjual. Berikut adalah ciri-ciri burung Jalak Bali:

1. Bulu

Source -uajy
Source -uajy

Ciri yang paling terlihat dari burung Jalak Bali adalah warna burunya. Sebagian besar tubuhnya didominasi dengan bulu berwarna putih bersih yang memikat, kecuali pada bagian bulu ekor dan ujung-ujung sayapnya yang memiliki warna hitam.

2. Mata

Ciri-ciri selanjutnya yang khas pada Jalak Bali adalah di bagian matanya. Burung Jalak Bali memiliki mata yang berwarna coklat tua. Lalu di daerah sekitar kelopak matanya terdapat bagian yang tidak berbulu dengan warna biru tua yang sangat khas.

3. Jambul

Source - burjalak
Source – burjalak

Burung Jalak Bali memiliki beberapa helai bulu jambul yang indah, baik pada jenis kelamin jantan maupun betina. Jambul ini akan berdiri tegak dan terlihat jelas terlihat apabila burung tersebut sedang berkicau. Namun, jambul ini pun sesekali diperlihatkannya walau tidak sedang berkicau.

4. Kaki

Jalak Bali memiliki sepasang kaki yang kekar untuk berdiri tegap dan kuat mencengkeram. Kakinya berwarna abu-abu kebiruan dengan 4 jari jemari (1 jari ke belakang dan 3 ke depan).

5. Paruh

Source - burjalak
Source – burjalak

Jalak Bali memiliki paruh berbentuk runcing dengan panjang kira-kira 2 sampai 5 cm, dengan bentuk yang khas. Pada bagian atas paruh terdapat bagian yang meninggi dan memipih secara tegak. Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman dengan ujung  berwarna kecokelatan.

6. Ukuran

Jalak Bali memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil, panjangnya tidak lebih dari 25 cm. Burung jantan dan betina memiliki ukuran badan yang berbeda, meski agak sulit untuk membedakan ukuran keduanya. Namun, secara umum burung Jalak Bali jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dan memiliki kucir yang lebih panjang dibandingkan burung betina.

7. Telur

Source - pelangidanbidadari
Source – pelangidanbidadari

Burung Jalak Bali memiliki telur yang berbentuk oval berwarna hijau kebiruan dengan ukuran rata-rata berdiameter antara 2-3 cm.

Itulah informasi tentang ciri-ciri khas yang ada pada burung Jalak Bali, salah satu jenis burung cantik asli Indonesia. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, Anda pun dapat membeli burung yang tepat.

Tinggalkan Komentar