Ciri Burung Zebra Finch Serta Perbedaan Jantan dan Betina

Burung zebra finch dengan nama latin Taenopygia guttata, merupakan salah satu dari dua spesies yang masuk pada genus Taenopygia dari keluarga Estrildidae.

Burung dengan ukuran tubuhyang kecil dan sangat lincah ini juga punya keelokan bulu yang cukup berwarna-warni. Maka dari itu, cantiknya burung ini menjadikan peminatnya semakin gemar meeliharanya.

Ciri Burung Zebra Finch
Ciri Burung Zebra Finch

Untuk ciri burung zebra finch yaitu terdapat motif belang seperti halnya zebra cross untuk penyebrangan jalan. Dengan begitu burung ini dijuluki dengan burung zebra finch.

Jenis burung finch yang juga sering dijuluki dengan burung pipit zebra ini banyak dijumpai di Pulau Timor. Entah itu yang termasuk wilayah Indonesia atau wilayah Timor Leste, dan juga Australia.

Hingga sekarang ini telah dibiakkan di Portugal, Brazil, Puerto Rico, sampai di Amerika Serikat . Ciri burung zebra finch sama dengan gouldian finch, zebra finch juga punya banyak varian warna yang eksotik, hal itu disebabkan hasil kawin silang zebra finch yang berbeda warna.

Perbedaan Zebra Finch Jantan dan Betina

Perbedaan Zebra Finch Jantan dan Betina
Perbedaan Zebra Finch Jantan dan Betina

Untuk mengetahui perbedaan dari jenis kelamin burung zebra finch ternyata hampir sama dengan jenis burung kicau yang lain. Ciri burung zebra finch jantan dan betina yang telah berusia dewasa mempunyai perbedaan nyata dari penampilan fisiknya.

Untuk pola garis pada bagian dagu dan juga bentuk paruh yang gelap termasuk salah satu ciri burung zebra finch jantan. Tak hanya itu saja, bulu-bulu yang cerah dan juga berwarna-warni, dengan garis hitam yang ada di bagian dadanya, juga ikut serta menambah cantik tampilan burung ini.

Kemudian untuk ciri burung zebra finch yang betina, paruhnya lebih tampk oranye dengan warna paruh yang lebih terang. Burung pipit zebra betina tidak punya bintik-bintik putih di bagian sayapnya. Akan tetapi warna pipinya tampak menyerupai warna bulunya atau terkadang abu-abu muda.

Ciri khas yang ada pada jantan zebra finch menjadikan kita merasa mudah untuk membedakannya.

Apabila burung zebra finch yang dipilih termasuk burung yang telah mutasi warna, maka kita dapat membedakan jenis kelaminnya dengan mengacu di bagian warna paruh.

Apabila paruhnya merah pekat, maka burung itu dapat dipastikan jantan, kemudian apabila paruhnya lebih terlihat oren, maka burung itu bisa dikatakan berkelamin betina.

Makanan Burung Zebra Finch

Seperti makanan pada burung finch jenis yang lainnya, burung zebra finch juga sangta menyukai pakan utama yang berupa campuran biji-bijian yang kaya akan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh burung.

Pada umumnya burung diberi pakan kenari yang telah banyak disediakan dipasaran. Bahan – bahan tersebut juga terdiri atas milet putih, jewawut, kenari seed, biji sawi, biji lobak, biji selada, biji fumayin, niger, haver dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa memberikan buah-buahan yang masih dalam keadaan segar untuk dijadikan sebagai sumber vitaminnya. Dan berikan juga tulang sotong dan juga telur rebus sebagai pelengkap kebutuhan kalsiumnya. Khususnya pada burung yang sedang dalam masa atau proses breeding.

Perawatan Zebra Finch

Burung finch yang punya sifat lincah ini banyak dipelihara sebab ciri burung zebra finch yang unik dari warna dan suaranya. Selain itu untuk merawatnya juga dirasa mudah.

Di dalam merawat burung zebra finch ini sebaiknya memiliki sepasang, sebab burung betina betina dapat menambah semangat burung jantan untuk tetap sehat, tetap hidup dan juga tetap bisa rajin berkicau. Perhatikan ketersediaan pakan pada sangkar.

Air minum lebih baik diganti pada setiap pagi dan juga saat sore hari. Burung zebra finch juga harus dimandikan dan juga dijemur. Akan tetapi apabila anda terlalu sibuk dengan aktifitas keseharian, sedakan cepuk air berukuran besar untuk dijadikan sarana untuk mandinya.

Kebersihan sangkar juga sebaiknya selalu diperhatikan, khususnya pada saat sore hari hari sebelum burung dimasukan kedalam rumah untuk diistirahatkan.

Tinggalkan Komentar