Mengenal Ciri Burung Scarlet Macaw, Makanan dan Perilakunya

Burung Scarlet Macaw termasuk salah satu jenis bayan atau burung betet yang memiliki ukuran besar dengan ciri warna merah, biru dan kuning pada bagian bulunya.

Hewan yang termasuk jenis burung nasional negara Honduras ini asal mulanya dari hutan tropis hijau pada kawasan Amerika Selatan.

Terutama dari Meksiko Tenggara hingga ke hutan Amazon di kawasan Peru, Bolivia serta Brazil. Yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 500 sampai dengna 1000 meter diatas permukaan air laut.

Burung ini juga banyak diternakkan ataupun banyak dibudidayakan untuk perdagangan. Oleh sebab itu habitatnya menjadi semakin terancam.

Ciri Burung Scarlet Macaw

Ciri Burung Scarlet Macaw
Ciri Burung Scarlet Macaw

Ciri burung Scarlet Macaw yaitu mempunyai tubuh sangat besar. Yang mana beratnya kurang lebih sekitar 1kg dan panjangnya sekitar 81 cm dengan ekor yang relatif lebih panjang dari pada jenis Macaw yang lain.

Warna bulu burung ini mirip kebanyakan jenis Macaw yang lain. Akan tetapi ekornya berwarna biru terang serta bagian bulu pada sayap bagian atas memiliki warna kuning serta biru. Untuk bagian bawah bulu sayapnya warnanya merah gelap keemasan.

Pada sekitar mata burung kicau ini, bulunya memiliki warna putih serta bagian rahang bawah paru warnanya pucat abu-abu. Matanya memiliki warna gelap bagi burung berusia muda.

Kemudian warna kuning bagi burung yang tua. Secara umum, ciri-ciri burung Scarlet Macaw memiliki karakteristik yang sama dengan jenis Macaw sayap biru.

Ciri burung Scarlet Macaw biru yaitu mempunyai garis merah pada bagian wajah dan tidak terdapat warna kuning pada bulu sayap.

Sebagai jenis burung kicauan, suara burung Scarlet Macaw begitu keras dan nyaring terlebih lagi saat memanggil kelompoknya. Pada umumnya jenis burung langka ini usianya berkisar 40 hingga 50 tahun. Akan tetapi sebagian kecil dapat bertahan hidup selama kurang lebih 75 tahun.

Burung Scarlet Makaw punya keahlian berpetualang pada hutan dengan baik. Sebab burung ini mempunyai daya penglihatan yang begitu tajam.

Dengan kecerdasan yang dipunyainya, Macaw Scarlet bisa jinak sekali kepada pemiliknya. Tak hanya itu saja, jenis Burung Macaw ini juga dapat melakukan trik serta menirukan suara yang diajarkan pada burung tersebut.

Perilaku dan Karakter Macaw Scarlet

Perilaku dan Karakter Macaw Scarlet
Perilaku dan Karakter Macaw Scarlet

Burung Scarlet Macaw ini memiliki daya penglihatan yang begitu tajam, sehingga dapat bertualang di hutan dengan baik. Pada umumnya kecerdasan dari jebis burung ini di atas rata-rata.

Akan tetapi sosialisasi serta stimulasi haruslah dilakukan setiap hari agar burung Scarlet Macaw ini menjadi tetap jinak.

Namun terkadang burung ini gampang sekali bosan. Jadi bagi pemeliharanya atau pemiliknya disarankan untuk memberikan beberapa mainan burung di kandang.

Burung ini memiliki sifat kasih saying yang baik, akan tetapi kadang sangat berisik dan juga sering mengeluarkan suara suara. Burung ini mudah dilatih dalam meniru kata yang diucapkan manusia dengan mengucapkan 5 sampai dengan 10 kata.

Makanan Macaw Scarlet

Agar bisa sehat, burung ini sebaiknya diberikan makanan segar yang beraneka macam setiap hari. Tujuannya agar nafsu makannya tetap terjaga dan tidak bosan.

Variasi dari jenis buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan juga roti bisa dijadikanpilihan. Sebab burung ini memiliki paruh yang cukup kuat, burung ini bisa memecahkan kacang dan biji-bijian dengan cepat dan mudah.

Bahkan jenis burung ini bisa memakan serta mencerna jennis buah beracun yang bisa membunuh jenis hewan lain. Hal ini terjadi sebab pada waktu di habitatnya, burung ini kerap sekali memakan debu dalam porsi yang banyak dengan tujuan untuk menetralisir racun.

Tinggalkan Komentar