Ciri Burung Betet, Habitat Asli dan Daerah Persebarannya

Salah satu jenis burung yang punya penggemar yang cukup banyak yaitu adalah burung betet.

Untuk pecinta burung entah itu di Indonesia atau di luar negeri, betet termasuk salah satu hewan yang cerdas serta punya bentuk bulu sangat indah.

Jadi tidak bisa dipungkiri jika harga burung ini sendiri tergolong cukup mahal. Dan pastinya tidak semua orang dapat membelinya.

Burung betet sendiri juga termasuk burung pintar yang sangat gampang dilatih untuk bermacam keperluan. Misalnya untuk pertunjukan ataupun melatih suaranya supaya jadi lebih merdu.

Ciri Burung Betet
Ciri Burung Betet

Banyak pecinta burung yang tertarik dalam melatih betet miliknya supaya tidak seperti burung pada umumnya.

Burung betet merupakan salah satu jenis burung yang memiliki paruh bengkok yang makanan utamanya berupa biji-bijian, serangga kecil dan lain lain.

Sekarang ini populasi burung betet masih cukup aman, jadi tidak termasuk sebagai hewan yang hampir punah.

Meskipun demikian peminat yang cukup tinggi juga harus memperhatikan beberapa aspek supaya populasi dari burung betet tidak punah di alam liarnya.

Habitat dan Daerah Persebaran Burung Betet

Burung Betet dengan warna cantik dan lumayan pandai dalam kicaunya ini hidup di hutan terpencil.

Betet hidub dengan bergerombol, mereka kerap hidup berkelompok, baik pada waktu istirahat ataupun terbang, burung Betet ini waktu merangkai sarang juga tidak berjauhan dengan yang lainya.

Jadi alam burung ini pada waktu berkicau akan terdengar sangar gaduh.

Penyebaran dari burung Betet ini juga sangat luas, hal ini disebabkan banyaknya burung spesies yang bernama Betet ini pada berbagai daerah.

Burung ini bisa dijumpai hingga sampai daerah Thailand Selatan. Namun burung ini tidak ada di Semenajung Malaysia serta Pulau Sumatra.

Di Indonesia sendiri, daerah penyebaran burung Betet ini juga terbatas di pulau Jawa, Bali, atau di pulau Kangean.

Ciri Burung Betet

Ciri burung Betet ini adalah ekornya yang panjang dan bagian bulunya yang mendominasi warna hijau.

Lalu ciri burung betet ini pada pipinya keabuan dan berwarna kemerahan. Jadi tampak indah dan cantik bulunya.

Jenis Burung Betet

Jenis Burung Betet
Jenis Burung Betet

Total ada 328 spesies burung betet pada penjuru dunia. Dan terdapat 78 spesies yang tersebar di Indonesia khususnya bagian timur seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua dan Halmahera.

Yang paling banyak digemari yaitu burung betet jawa, burung betet kalimantan, burung betet sumatra dan juga dari sulawesi.

Namun sebenarnya burung betet sendiri tidak termasuk hewan asli dari Indonesia, namun dari wilayah Tiongkok Selatan. Selanjutnya populasinya terus bertambah dan pada akhirnya menyebar pada seluruh Asia.

Sehingga tidak mengherankan apabila di Indonesia dan beberapa negara tetangga lain anda dapat menjumpai burung betet dengan cukup mudah.

Meskipun bukan tergolong menjadi hewan yang hampir punah tapi burung betet menjadi salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Jadi, dilarang sekali memperjualbelikan burung ini tanpa memiliki izin.

Kebiasaan Burung Betet

Biasanya, di alam liar dalam sebatang pohon dapat ditempati banyak sarang yang tidak berjauhan.Betet juga terbang cepat dalam kelompok lewat tempat terbuka sambil berkicau bising.

Kemudian hinggap dengan ribut sebab kepakanbagian sayapnya. Jika makan atau bertengger di pohon biasanya juga sambil saling berteriak. Suara seruannya tajam berulang-ulang kekekek, atau teriakan parau mirip suara terompet.

Burung ini suka makan biji bijian yang ada di alam liar. Selain itu juga menghisap nektar pada bunga atau tumbuhan yang ada di sekitar habitatnya.

Tinggalkan Komentar