Ciri Ciri Burung Bangau, Habitat, dan Pola Hidupnya

Bangau merupakan jenis burung yang berasal dari famili Ciconiidae. Burung bangau yaitu burung besar yang gemar berpindah tempat yang tingginya satu hingga satu setengah meter.

Serta hampir seluruhnya bersayap putih lebar dan juga memiliki ekor hitam yang panjang. Bagian paruh dan kaki panjangnya dengan warna merah, menjadikan mereka tampak cantik.

Bangau punya ukuran badan yang cukup besar, selain itu juga memiliki kaki serta leher panjang dan juga mempunyai paruh yang kuat, besar dan juga tebal.

Bagian sayap dari burung bangau punya sayap yang lebar apabila di bentangkan.

Bangau tidak bersuara, sebab tidak punya organ suara syrinx. Sehingga apabila berkomunikasi bersama dengan pasangan maka burung bangau akan mengadu bagian paruhnya.

Bagian paruh yang diadu dengan pasangannya termasuk cara berkomunikasinya menggantikan menggunakan suara panggilan.

Bangau termasuk jenis burung pantai migran, yang bisa terbang jauh dengan cara melayang dengan cara memanfaatkan arus udara panas. Jadi bisa menghemat tenaga.

Makanan utama dari jenis burung berkaki panjang ini yaitu katak, burung ukuran kecil, ikan, cacing, dan juga mamalia kecil yang ada di pantai dan di lahan basah.

Ciri Burung Bangau

Ciri Burung Bangau
Ciri Burung Bangau

Ciri burung Bangau yaitu jenis burung yang memiliki berat badan lebih dengan bentangan sayap yang terlihat begitu lebar.

Spesies Leptoptilos crumeniferus dari Afrika rata rata memiliki bentang sayapkurang lebih 3,2 meter.

Jadi burung ini dijuluki sebagai “burung darat dengan rentang sayap paling panjang di dunia” bersaingan dengan jenis burung Kondor yang asalnya dari Pegunungan Andes.

Untuk sarang burung ini digunakan untuk waktu beberapa tahun, dan ukurannya juga sangat besar. Dan diameternya sampai dengan 2 meter.Untuk kedalaman sarangnya kurang lebih samai 3 meter.

Burung bangau pernah dikira monogami, akan tetapi ternyata tidak selalu dinilai benar. Burung ini cenderung setia pada sarang serta pada pasangannya.

Namun mungkin juga bisa berganti pasangan setelah migrasi atau pergi berpindah tanpa ditemani dengan pasangannya.

Badan burung bangau berukuran besar, bersifat monogami, dan setianya pada tempat bersarang membuat burung Bangau ini kerap dijadikan simbol pembawa kebahagiaan dpada berbagai kebudayaan dan juga mitologi.

Salah satu ciri burung bangau yaitu cara mereka terbang. Pada waktu terbang, mereka akan menjulurkan kepalanya ke depan serta mendorong bagian kakinya ke belakang.

Gaya burung bangau yang indah ini menjadiakn mereka terbang lebih cepat dengan membelah angin dengan cara aerodinamis.

Pada tiap tahun burung bangau ini berpindah pada daerah yang lebih hangat karena mereka sangat rentan terhadap hawa dingin. Itulah mengapa ketika kita melihat bangau berdatangan.

Dengan hadirnya burung bangau, orang orang juga akan menerima kabar gembira jika musim panas akan segera datang.

Keunikan Burung Bangau

Keunikan Burung Bangau
Keunikan Burung Bangau

Ciri Burung bangau yang paling unik adalah suka berdiri dengan satu kaki seperti halnya burung Flamingo . Posisi berdiri menggunakan satu kaki ternyata tujuannya untuk mengistirahatkan kaki yang satunya.

Burung bangau melakukan hal ini tujuannya untuk menolong burung tersebut untuk bergerak serta terbang lebih cepat pada saat bahaya sedang menghampiri.

Burung ini juga lebih mudah terbang dari tempatnya berpijak dengan menggunakan satu kaki saja.

kemudian ada teori menarik lainnya yang membuktikan jika burung mengangkat satu kakinya yaitu untuk menunjukkan kelihaian serta kecerdasannya.

Dan ini menyatakan jika berdiri dengan dua kaki akan menarik perhatian dari binatang predator dan mereka akan lebih mudah untuk dimakan.

Terutama untuk pemangsanya yang yang kerap muncul dari dalam air. Yang mana burung bangau sering berpijak di te mpat itu.

Maka dari itu mereka memilih untuk berdiri dengan menggunakan satu kaki, untuk mengelabui dari predator atau pemangsa.

Satu kaki yang digunakan untuk berdiri tegak di air hanya akan tampak seperti ranting-ranting pohon jika dari bawah air tempat mereka berdiri.

Kemudian yang selanjutnya, ada juga teori yang menyatakan jika burung bangau mengangkat satu bagian kakinya untuk menyesuaikan diri terhadap temperatur tempat dia berdiri.

Burung bangau ini akan lebih kerap berdiri dengan menggunakan satu kaki pada waktu cuaca dingin supaya tetap terasa hangat.

Terlebih lagi mereka memerlukan energi yang cukup untuk terbang. Tak hanya itu saja, pada saat burung itu mencari makanan pada area air yang dingin, mereka juga cenderung akan mengangkat satu kakinya saja.

Habitat Burung Bangau

Pada saat musim panas tiba, burung bangau tinggal di daerah yang hangat yang membentang dari Eropa hingga ke Afrika Utara dan dari Turki hingga ke Jepang.

Sebelum datang saat musim dingin, burung burung ini akan berpindah ke belahan bumi selatan pada daerah tropis Afrika dan juga India.

Bagusnya lagi, burung bangau ini tahu jika di belahan bumi selatan lebih hangat pada waktu itu. Ini merupakan sebuah keajaiban.

Akan tetapi, yang semakin menakjubkan yaitu, setelah kurang lebihenam bulan, tepat pada waktu musim semi, burung bangau terbang kembali pulang.

Selanjutnya menempuh jarak yang jaraknya ribuan kilometer. Setelah itu akan menemukan kembali sarang yang sudah mereka tinggalkan.

Bangau menjumpai sarang-sarang yang sudah dibuatnya beberapa tahun kemudian akan menempatinya kembali.

Namun, bagaimana mereka menjumpai segera sarangnya yang sudah sekian lama ditinggalkan? Karena pastinya ingatan dan juga ketajaman perasaan pada arah yang memang baik dimiliki oleh burung bangau ini.

Ciri burung bangau yang berkaki ramping tersebut menandakan jika tidak suka perjalanan melewati lautan luas.

Sebab mereka membutuhkan daratan untuk berhenti serta beristirahat pada waktu mereka merasa kelelahan.

Dengan begini, mereka lebih menyukai melintasi laut yang dekat dengan daratan. Misalnya seperti Laut Bhosporus, Selat Gibraltar dan juga di Terusan Suez.

Pembuatan Sarang Bangau

Bangau tidak takut dengan manusia dan mereka merangkai sarang-sarangnya pada atas gedung, pohon serta cerobong asap. Pada umumnya sekelompok dari burung bangau berpindah dengan bersama-sama.

Pada saat mereka tiba di Eropa, mereka akan menghabiskan beberapa waktunya di sana.

Dan selama minggu pertama dalam bulan April, burung bangau jantan kan membuat sarang yang terbuat dari ranting-ranting pohon.

Negara Indonesia merupakan surganya dari burung air seperi burung bangau ini, akan tetapi mereka hidup dengan menghadapi berbagai macam ancaman.

Lahan yang basah alami Indonesia akan terus menyusut dikarenakan alih fungsi menjadi lahan untuk pertanian, permukiman, atau untuk tambak.

Lahan yang basah memang dianggap kurang produktif dan juga kurang bermanfaat.

Justru, lahan basah sebenarnya punya fungsi ekologis yang menjaga keseimbangan ekosistem daratan ataupun perairan, entah itu habitat ataupun kehidupan tumbuhan dan juga satwanya.

Burung bangau ini banyak diburu oleh manusia karena akan diambil dagingnya.

Burung yang biasa hidup di lingkungan iklim hangat ini ternyata juga menjadi salah satu pilihan dari sumber pangan.

Burung yang memiliki berat yang relatif besar dan juga memiliki sayapnya yang bisa merentang lebar ini katanya daging bangaunya memiliki rasa yang gurih.

Tinggalkan Komentar