Ciri Burung Anis Enggano, Grey Shrike-thrush (Colluricincla harmonica)

Burung kicauan yang terdapat di Indonesia ini memang banyak sekali. Salah satu burung yang banyak diminati yaitu burung anis. Burung anis adalah burung kicauan yang memiliki suara yang merdu dan juga bisa bervariasi. Jenis burung anis ada beberapa macam, salah satunya yaitu Anis Enggano. Perlu anda tahu, jika ciri burung Anis Enggano ini mirip sekali dengan burung Anis Kembang.

Indonesia memang diketahui mempunyai beberapa spesies burung anis atau punglor yang daerah penyebarannya ada di beberapa daerah. Namun, untuk beberapa spesies dari burung anis ini di antaranya termasuk jenis burung endemik. Contohnya saja seperti burung Anis Enggano (Zoothera leucolaema) ini.

Sebab, ini merupakan jenis burung yang hanya bisa dijumpai di Pulau Enggano saja, yaitu di sebelah barat Pulau Sumatera. Akan tetapi, burung yang sangat mirip dengan jenis burung Anis Kembang ini kondisinya saat ini sudah dikatakan Hampir Terancam (NT).

flickr.com

Sebagian dari kita semuanya mungkin ada yang merasa masih asing dengan nama burung Anis Enggano ini. Akan tetapi, sebagian ada yang mengakui jika jenis burung kicauan ini memiliki kicauan atau suara yang terdengar merdu.

Burung Anis Enggano ini termasuk salah satu jenis burung kicauan yang bersal dari keluarga Pachycephalidae Genus Colluricincla. Selain itu, burung ini jga termasuk salah satu dari beberapa jenis burung anis yang bisa kita jumpai di Indonesia. Yang mana tepatnya berda di Pulau Enggano Sumatera, lebih tepatnya lagi berada di sebelah baratnya kota Bengkulu.

Burung kicauan dari keluarga burung anis ini memiliki nama latin Colluricincla harmonica atau Grey Shrike-thrush (Grey Shrikethrush). Ternyata untuk burung anis ini juga sudah dikenal dengan kicauan nya yang terdengar sangat indah dan merdu yang memiliki variasi kicauan.

Ciri Burung Anis Enggano (Colluricincla harmonica)

Untuk mengetahui lebih detail mengenai burung Anis Enggano ini, sebaiknya anda mengenali terlebih dahulu ciri burung Anis Enggano secara lengkap. Mulai dari fisiknya dan juga ciri khas dari suara yang dikeluarkannya.

Harus anda ketahui, jika burung Anis Enggano yang juga banyak disebut dengan burung Punglor Enggano ini merupakan jenis burung yang memiliki ukuran yang kecil dengan panjang tubuh kurang lebih sekitar 16 sampai dengan 18,5 cm.

Lalu untuk bagian mahkota sampai pada bagian tengkuk Anis Enggano ini terlihat berwarna coklat kemerah-merahan. Ciri burung Anis Enggano selanjutnya yaitu pada bagian mantel, punggung serta pangkal sayap sampai di penutup ekor bagian atas warna nya coklat muda (russet-brown).

Selain itu juga ada dua garis yang melintang di bagian sayap yang berwarna putih lebar yang sudah terlihat jelas. Kemudian, pada bagian dagu sampai dengan bagian dada bagian atas Anis Enggano warnanya putih.

Di bagian wajah, sisi tenggorokan, dan juga sebagian dada Anis Enggano ini terlihat berwarna kehitaman. Pada bagian bawah tubuhnya yang lain juga terlihat putih dan terkesan pucat, tersapu dengan warna kecoklatan yang ada pada setiap sisinya.

Jika dilihat memang sudah mirip sekali dengan burung Anis Kembang. Bahkan beberapa ahli ada yang menjadikannya sebagai ras atau menjadikannya sebagai anak jenis dari burung Anis Kembang.

Penyebaran Burung Anis Enggano (Colluricincla harmonica)

Burung Anis Enggano memang termasuk salah satu jenis burung endemik. Jadi, burung ini merupakan burung Endemik Pulau Enggano saja. Yang mana, burung ini hanya ditemukan hidup di Pulau Enggano, yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, tepatnya di Propinsi Bengkulu.

Suara Burung Anis Enggano

Tak hanya ciri fisknya saja yang mirip dengan burung Anis Kembang. Akan tetapi suara yang dikeluarkan oleh burung Anis Enggano ini juga bisa dinilai sangat mirip dengan burung Anis Kembang. Namun, untuk suara yang didengarnya lebih terdengar seperti halnya siulan memohon jika dibandingkan dengan suara lantunan lagu.

flickr.com

Menurut pendapat dari para pengagum burung yang ada di Bengkulu, perbandingannya 12 – 12 dengan burung Anis Kembang atau Punglor Kembang. Jadi, bisa dikatakan jika burung tersebut mempunyai kekuatan yang memang dinilai sama hebatnya.

Untuk masalah kecerdasan yang dimiliki oleh jenis burung ini pun juga sama. Jadi, tak heran jika burung ini gampang sekali di dalam menangkap suara-suara burung master yang didengarnya atau yang ada di sekelilingnya.

Hanya saja, untuk burung Anis Enggano ini benar-benar peka dengan jenis suara-suara yang tergolong keras, hilir mudik manusia, mobil serta motor dan perawatan yang terkesan sembarangan.

Habitat dan Kebiasaan Hidup Burung Anis Enggano

Perilaku burung Anis Enggano diantaranya suka menghuni kawasan hutan dataran rendah. Akan tetapi, belum diketahui apakah burung ini mampu beradaptasi pada kondisi hutan yang telah terdegradasi.

Makanan Burung Anis Enggano

Perlu anda ketahui, jika burung Anis Enggano ini bisa makan berbagai macam jenis makanan. Sebab, burung yang seperti kembar dengan Anis Kembang ini suka makan berbagai macam serangga, cacing tanah, keong kecil. Bahkan burung ini juga suka makan berbagai macam jenis buah-buahan yang ada di permukaan tanah di sekitar habitatnya.

Untuk anda yang ingin memelihara burung Anis Enggano ini, sebaiknya anda bisa memberikan makanan tambahan yang seperti itu. Karena makanan yang didapatkannya di alam liar tersebut memiliki banyak nutrisi yang mendukung masalah kesehatannya.

Cara Merawat Burung Anis Enggano

Untuk anda semuanya yang ingin memelihara burung Anis Enggano ini sebaiknya anda bisa merawatnya dengan baik dan benar. Tujuannya tak lain supaya burung yang anda pelihara bisa memiliki kondisi kesehatan yang baik.

Berikut ini adalah pola perawatan harian dan juga setelan harian yang baik jika anda terapkan pada jenis burung anis ini. Dengan demikian, burung Anis Enggano yang anda pelihara bisa menjadi cepat gacor dan juga ngeplong.

Pada saat jam 07.00, sebaiknya burung diangin-anginkan di teras yang sejuk. Setelah jam 07.30 anda bisa memandikan burung Anis Enggano. Pemandiannya bisa dilakukan di karamba mandi atau semprot. Hal tersebut bisa anda lakukan sesuai dengan kebiasaan masing-masing burung yang anda pelihara tersebut.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan kandang harian agar tidak terlalu kotor dan menimbulkan banyak penyakit. Ganti voer yang lama atau tambahkan dengan voer yang baru. Jangan lupa kuga untuk memberikan air minum dan buah yang dalam keadaan segar.

Pemberian jangkrik sebanyak 2 ekor pada cepuk extra fooding. Sebaiknya anda semuanya tidak memberikan jangkrik dengan cara langsung pada burung yang anda pelihara.

Lakukan penjemuran 1-2 jam/hari dari jam 08.00 sampai dengan 11.00. usahakan juga burung tidak melihat burung sejenis. Setelah itu, andinkan diteras selama 10 menit, kemudian sangkar dikerodong. Setelah itu anda bisa memberikan suara masteran untuk burung Anis Enggano.

Dengan mendapatkan perawatan yang baik dan benar, burung Anis Enggano yang anda [elihara ni bisa memiliki fisik yang bagus dan sehat. Selain itu juga bisa menghasilkan suara kicauan merdu, gacir, dan juga bervariasi.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar