Tips dan Cara Ternak Burung Belibis Paling Mudah

Belibis dengan nama latin Dendrocygna adalah jenis unggas dengan paruh datar (Anseriformes) yang bisa mengeluarkan suara seperti halnya siulan.

Sebab ciri nya yang khas ini, dalam bahasa Inggris burung belibis dikenal sebagai whistling duck yang artinya itik bersiul. Burung yang termasuk anggota suku Anatidae, belibis mempunyai kedekatan genetik dengan itik.

Burung Belibis yang pada umumnya hidup dialam bebas memang termasuk burung yang gemar hidup ditempat basah atau air.

Untuk bentuk dan juga model yang menyerupai itik ini memang sudah tidak banyak terdapat lagi di pasaran.

Cara Ternak Burung Belibis
Cara Ternak Burung Belibis

Sebab penangkapan yang dilakukan dengan berbagai macam cara, menjadikan burung ini menjadi semakin langka. Banyak yang memanfaatkan daging burung belibis ini.

Jenis dari Burung Belibis ini memanglah beraneka ragam, akan tetapi yang paling populer adalah jenis burung Belibis Kembang.

Burung Belibis Kembang yang memiliki nama latin disebut Dendrocygna arcuata merupakan sejenis burung yang hidup di daerah berair.

Warna pada bagian bulu-bulunya kecoklat-coklatan, lehernya memang lumayan juga panjang dan kecil, kemudian paruh dan kakinya memiliki warna hitam.

Bagian kakinya berselaput renang seperti halnya pada kaki bebek atau kaki itik. Burung Belibis sekarang ini memang memiliki nilai jual yang sudah cukup tinggi.

Oleh karena itu budidaya dan ternak Burung Belibis sekarang ini sudah termasuk lahan yang begitu potensial dan mempunyai perhitungan yang begitu menjanjikan.

Lokasi Untuk Budidaya dan Ternak Burung Belibis

Tempat yang dirasa paling cocok untuk budidaya dan juga ternak burung Belibis yaitu di pinggiran sungai.

Akan tetapi apabila tidak, kita dapat menciptakan suasana yang sesuai dengan habitat dari Burung Belibis tersebut. Antara lain dengan syarat utama tempatnya yaitu tersedianya kolam untuk berenang burung belibis.

Pemeliharaan Burung Belibis

Pemeliharaan Burung Belibis
Pemeliharaan Burung Belibis

Sebelum para peternak akan memulai dalam ternak Burung Belibis, terlebih dahulu mereka harus menyiapkan diri. Khususnya untuk hal pemahaman mengenai cara melakuka ternak Burung Belibis seperti berikut ini.

Kandang Beternak Burung Belibis

Untuk ukuran kandang burung belibis berbentuk panggung 10 x 6 meter. Kemudian kandang itu tidak harus terbuat dari bahan yang mahal, namun cukup menggunakan bahan sederhana asal bisa tahan lama dan juga kuat.

Kemudian perlengkapannya yang dibutuhkan berupa tempat makan, tempat minum dan juga mungkin perelengkapan tambahan yang lainnya yang tujuannya agar burung belibis bisa hidup layak di dalam kandang anda.

Cara Pemeliharaan Burng Belibis

Belibis yang telah berusia tiga bulan sesudah ditetaskan maka sudah dapat dilepaskan bersama dengan burung Belibis dewasa. Tapi sebelumnya itu kita terlebih dahulu membuat pembesaran anak belibis.

Anak belibis yang masihberusia muda walaupun suka hidup pada tempat yang berair, tapi begitu rentan dengan udara dingin. Khususnya pada saat malam hari.

Oleh karena itu sebaiknya anak belibis dipelihara dengan terpisah dan hendaklah memberikan penghangat dalam kandang belibis muda ini. Dapat dengan menyalakan lampu yang mengeluarkan hawa yang panas.

Pakan Burung Belibis

Makanannya yang paling disukai oleh burung Belibis yaitu pakan yang hampir sama dengan pakan bebek. Bisa kita berikan jagung, gabah dan bahkan lebih baik jika kita berikan makan pakan ayam.

Terlebih lagi jika Burung Belibisnya masih kecil yaitu umur 0 hingga sampai 2 bulan.

Maka lebih baik diberikan pakan ayam dan sekali kali diselingi dengan diberi dedak. Dengan begitu anda akan berhasil dalam melakukan ternak burung belibis ini.

Tinggalkan Komentar